Sukses

9 Cara Menaikkan Trombosit pada Bayi Secara Alami

Membutuhkan usaha yang ekstra dan telaten, serta tidak bisa dilakukan dengan sembarangan untuk menaikkan trombosit pada bayi.

Liputan6.com, Jakarta Cara menaikkan trombosit pada bayi terbilang cukup sulit. Sebagai orang tua, tentunya membutuhkan usaha yang ekstra dan telaten, serta tidak bisa dilakukan dengan sembarangan untuk menaikkan trombosit pada bayi.

Banyak makanan yang perlu dipertimbangkan jika ingin diberikan kepada bayi untuk menaikkan trombositnya. Begitu juga dengan anak, trombosit yang menurun pada tubuh dapat menyebabkan berbagai macam penyakit ringan hingga parah.

Untuk itu, perlu mengetahui bagaimana cara menaikkan trombosit pada bayi secara alami. Hal ini perlu dilakukan untuk mengembalikan fungsi trombosit secara maksimal, yaitu untuk membekukan darah jika terjadi perdarahan pada tubuh. Trombosit akan membentuk benang fibrin untuk menutup pembuluh darah yang luka.

Trombosit merupakan keping darah yang sangat sensitif dan bisa pecah bila berada di luar pembuluh darah atau terkena benda yang keras. Pada beberapa kasus, orang yang mengalami penurunan trombosit akibat penyakit tifus, memar, pendarahan di lambung, demam berdarah, anemia, dan leukimia.

Berikut cara menaikkan trombosit pada bayi yang telah Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Kamis (12/3/2020).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Cara Menaikkan Trombosit pada Bayi

Konsumsi Air Putih

Cara menaikkan trombosit pada bayi pertama dengan memberikan air putih. Konsumsi air putih dapat membuat tubuh menjadi lebih sehat dan juga segar. Tentunya saat tubuh lebih sehat, proses pemulihan jumlah trombosit pada tubuh akan semakin meningkat.

Konsumsi Makanan yang Mengandung Vitamin D

Cara menaikkan trombosit pada bayi berikutnya dengan memberikan makanan yang mengandung vitamin D. Hal ini dikarenakan vitamin D dapat mendukung fungsi sumsum tulang belakang untuk memproduksi trombosit. Vitamin D bisa didapat dari kuning telur, ikan salmon, susu, dan yoghurt.

Konsumsi Makanan Mengandung Zat Besi

Bukan hanya vitamin D, cara menaikkan trombosit pada bayi dengan memberikan makanan yang mengandung zat besi. Zat besi dapat mendukung tubuh untuk memproduksi trombosit sehingga jumlah trombosit pada tubuh kembali normal lagi.

3 dari 4 halaman

Cara Menaikkan Trombosit pada Anak

Mengonsumsi Makanan Sehat

Sedangkan pada anak yang mengalami trombosit rendah, dapat menaikkannnya dengan memberikannya makanan sehat. Mengonsumsi makanan sehat serta diolah dengan baik dapat menaikkan trombosit. Kamu hanya perlu mengonsumsi makanan 4 sehat 5 sempurna secara rutin setiap hari agar trombosit bisa kembali normal.

Mengurangi Konsumsi Makanan Tidak Sehat

Ketika trombosit turun, pastikan agar anak mengurangi atau bahkan tidak mengonsumsi makanan cepat saji. Terlebih ketika anak sedang melakukan proses untuk menaikkan trombosit. Karena hal ini akan berpengaruh pada kondisi tubuh anak.

Minum Air Hangat

Air hangat dapat membantu penyerapan makanan yang masuk ke dalam tubuh. Hal ini akan membantu mempercepat nutrisi dari makanan dikirim ke bagian tubuh lainnya sehingga kondisi tubuh semakin membaik dan trombosit bisa naik.

4 dari 4 halaman

Cara Menaikkan Trombosit dengan Cepat

Jambu Biji

Jambu biji sudah sangat terkenal sebagai buah yang dapat menaikkan trombosit. Hal ini dikarenakan jambu biji memiliki kandungan vitamin C yang tinggi.

Selain itu, jambu biji juga dapat mengembalikan jumlah trombosit pada tubuh. Untuk menaikkan trombosit, kamu bisa mengolahnya dengan di jus atau bahkan dimakan langsung.

Bayam

Bayam merupakan salah satu bahan alami yang dapat menaikkan trombosit dengan cepat. Caranya cukup dengan merebus lima daun bayam bersama dengan dua gelas air. Kemudian didihkan hingga tersisa satu gelas air, kemudian minum setiap hari secara rutin.

Biji-bijian

Adanya vitamin B9 yang terdapat pada biji-bijian bisa menaikan trombosit pada darah. Selain biji-bijian, kacang-kacangan juga bisa kamu konsumsi sebagai cara menaikan trombosit dengan cepat.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.