Sukses

Cara Mengatur Spasi Antar Kata di Microsoft Word, Mudah Dipraktikkan

Liputan6.com, Jakarta Cara mengatur spasi antar kata di Microsoft Word perlu dilakukan agar hasilnya terlihat rapi, tertata, dan enak dilihat. Selain mengatur spasi antar kata, kamu juga dapat merentangkan atau merapatkan seluruh paragraf agar pas dan terlihat seperti yang diinginkan.

Cara mengatur spasi antar kata di Microsoft Word tidaklah sulit. Pasalnya Microsoft Word sudah memiliki banyak fitur andalan yang bisa memanjakan penggunanya. Oleh karena itu, penting untuk memaksimalkan setiap fungsi yang sudah disediakan Microsoft Word, salah satunya pengaturan lebar spasi.

Fungsi mengatur jarak spasi di Word setidaknya bisa membuat dokumen yang mudah dibaca oleh setiap orang. Namun, tidak semua orang bisa mengatur jarak spasi antar kata atau karakter di Microsoft Word.

Dengan begitu, cara mengatur spasi antar kata di Microsoft Word perlu diperhatikan. Langkah-langkah ini akan membuat tulisan menjadi rapi. Cara mengatur spasi antar kata bisa kamu lakukan di semua versi Microsoft Word.

Berikut cara mengatur spasi antar kata di Microsoft Word yang telah Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Kamis (13/3/2020).  

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

2 dari 5 halaman

Cara Mengatur Spasi Antar Kata di Microsoft Word

Cara Mengatur Spasi Antar Kata di Microsoft Word

1. Pilih teks atau paragraf yang akan diatur spasi antar kata.

2. Pilih tab Home/Beranda > klik Peluncur Kotak Dialog Font.

3. Setelah itu, klik di tab Advanced/Tingkat Lanjut.

4. Di opsi skala, masukkan skala, lebih kecil dari 100% akan terlihat rapat, lebih dari 100% akan terlihat renggang.

Cara Mengatur Spasi Antar Karakter di Microsoft Word

1. Pilih teks  yang ingin diubah.

2. Pada tab Beranda, klik Peluncur Kotak Dialog Font lalu klik tab Tingkat Lanjut.

3. Dalam kotak Penspasian, klik Diperluas atau Dirapatkan lalu tentukan spasi yang diinginkan dalam kotak Dengan.

 

3 dari 5 halaman

Cara Menyesuaikan Teks Secara Horizontal di Microsoft Word

1. Pilih teks yang ingin direntangkan atau dirapatkan.

2. Pada tab Beranda, klik Peluncur Kotak Dialog Font, lalu klik tab Tingkat Lanjut.

3. Dalam kotak Skala, masukkan persentase yang kamu inginkan. Persentase di atas 100 persen akan merentangkan teks. Persentase di bawah 100 persen akan merapatkan teks.

4 dari 5 halaman

Cara Menata Spasi Baris di Microsoft Word

Untuk mengatur atau menata spasi baris, kamu tidak terbatas pada salah satu menu di Line and Paragraph Spacing saja. Untuk mengatur jarak dengan lebih presisi, pilih Line Spacing Options dari menu untuk mengakses kotak dialog Paragraph. Kemudian kamu akan memiliki beberapa pilihan lainnya yang dapat kamu gunakan untuk menyesuaikan jarak.

- Exactly: Apabila kamu memilih opsi ini, maka jarak baris diukur dalam poin seperti ukuran font. Misalnya, jika kamu menggunakan ukuran teks 12-poits, kamu bisa menggunakan spasi dengan jarak 15-point.

- At least: Seperti opsi Exactly, pilihan ini memungkinkan kamu memilih berapa banyak poin dari jarak yang kamu inginkan. Namun, jika kamu memiliki ukuran teks yang berbeda pada baris yang sama, jarak spasinya akan diperluas sesuai dengan teks yang lebih besar.

- Multiple: Opsi ini memungkinkan kamu mengetik jumlah baris spasi yang diinginkan. Misalnya, memilih Multiple dan mengubah jarak menjadi 1,2 akan membuat teks sedikit lebih menyebar daripada teks satu spasi. Jika kamu ingin baris bersama-sama menjadi lebih dekat, kamu dapat memilih nilai yang lebih kecil, seperti 0,9.

5 dari 5 halaman

Cara Mengatur Spasi Antar Paragraf di Microsoft Word

1. Pilih paragraf yang ingin diubah jaraknya.

2. Klik menu ribbon Home.

3. Tampilkan dialog paragraf dengan klik tombol Paragraph.

4. Selanjutnya akan muncul dialog paragraph.

5. Pada bagian Spacing, ubah nilai yang ada pada kota Before dan Palsu.

6. Isikan nilai pada kotak Before dengan besarnya jarak paragraf dengan paragraf sebelumnya.

7. Isikan nilai pada kotak After dengan besarnya jarak paragraf dengan paragraf berikutnya.

8. Hilangkan tanda check pada Don’t add space between paragraphs of the same style. Jika ada tanda check maka jarak paragraf yang dibuat pada poin 6 dan 7 tidak berarti jika style kedua paragraf tersebut sama, dan umumnya ketikan kita akan memiliki style yang sama antar paragraf sebelumnya dan berikutnya. Jika tanpa tanda check berarti nilai pada kotak before dan after akan selalu berlaku, tidak peduli apakah paragraf memiliki style yang sama atau tidak.  

9. Klik tombol OK.

10. Tampilan paragraf telah berubah.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.