Sukses

7 Jenis Minyak untuk Melebatkan Rambut, Sehat dan Alami

Memiliki rambut lebat merupakan dambaan banyak orang.

Liputan6.com, Jakarta Memiliki rambut yang sehat dan lebat adalah dambaan banyak orang. Sayangnya, banyak orang mengalami kerontokan rambut yang membuat rambut tampak tidak bervolume. Beberapa orang juga memiliki rambut yang tipis.

Seberapa cepat rambut tumbuh tergantung pada usia, tipe rambut, dan kesehatan secara keseluruhan. Seiring bertambahnya usia, beberapa folikel berhenti memproduksi rambut, yang merupakan penyebab kebotakan atau penipisan rambut.

Rambut terbuat dari keratin dan sel kulit. Meski tidak ada cara membuat rambut tumbuh dengan cepat dalam semalam, ada beberapa cara yang bisa mendukung perkembangan rambut. Sejumlah bahan alami seperti minyak bisa membantu pertumbuhan rambut.

Walau bentuknya tidak seperti minyak, Rice Oil Essence juga bermanfaat untuk menutrisi rambut. Menariknya, kini manfaat Rice Oil Essence bagi rambut bisa diperoleh dari shampo dan kondisioner PANTENE Perawatan Rambut Rontok BARU! 

 

Selain mengandung Pro-Vitamin, sekarang shampo dan kondisioner PANTENE Perawatan Rambut Rontok BARU juga diperkaya dengan Rice Oil Essence dari Jepang, yang fungsinya membantu menutrisi dan membungkus helai rambut sehingga tampak hingga 2x lebih tebal dan 2x lebih kuat. Dapatkan di sini dan gunakan secara teratur untuk rambut yang lebih sehat dan tebal. Selain Rice Oil Essence, banyak sekali jenis minyak lainnya yang bisa membantu pertumbuhan rambut.

Minyak alami ini mampu meningkatkan kesehatan rambut dan membuat rambut menjadi lebih bervolume. Minyak ini juga mampu menambah kekuatan dan kilau rambut. Berikut 7 jenis minyak untuk melebatkan rambut, dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Kamis (12/3/2020).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 8 halaman

Minyak kelapa

Minyak kelapa adalah cara alami untuk membantu rambut tumbuh lebih cepat, panjang, dan tebal. Vitamin dan asam lemak esensial yang secara alami ditemukan dalam minyak kelapa menyehatkan kulit kepala dan membantu menghilangkan penumpukan sebum dari folikel rambut.

Minyak kelapa menyerap ke helai rambut lebih baik daripada minyak mineral dan jenis minyak lainnya. Ini mungkin membantu mencegah rambut kering, rapuh dan bercabang.

Minyak kelapa juga membantu menenangkan iritasi kulit kepala, mengelupas, dan gatal-gatal. Lemak dalam minyak kelapa juga bisa membantu menjaga kelembaban rambut.

3 dari 8 halaman

Minyak jarak

Minyak jarak menjadi obat populer untuk kerontokan rambut dan bahan yang bermanfaat untuk pertumbuhan kembali rambut. Minyak jarak juga tidak hanya memacu pertumbuhan rambut, tapi juga membuat rambut lebih tebal. Asam lemak pada minyak jarak juga membantu menyeimbangkan pH kulit kepala. Minyak jarak kaya akan antioksidan yang mendukung keratin di rambut, membuatnya lebih halus, lebih kuat, dan tidak kering.

Sifat antivirus, anti bakteri, dan antijamur dari minyak jarak juga menjadikannya pengobatan yang efektif untuk infeksi kulit kepala. Kandungan proteinnya yang tinggi membuatnya sangat berharga untuk menjaga kesehatan rambut.

4 dari 8 halaman

Minyak almond

Almond dapat membuat rambut lebih kuat, mencegah rambut bercabang dan kerontokan. Minyak almon mampu mendukung pertumbuhan rambut yang sehat. Salah satu manfaat minyak almond terbaik untuk rambut adalah dapat berfungsi sebagai kondisioner. Menggunakan minyak almond pada rambut memberikan tekstur lebih lembut dari waktu ke waktu.

Minyak almond mengandung vitamin E dalam jumlah tinggi yang merupakan antioksidan alami yang baik untuk kesehatan rambut. Minyak almond mengandung magnesium tinggi, sehingga membantu mencegah rambut rontok.

5 dari 8 halaman

Minyak sereh

Minyak sereh menjadi bahan yang populer dalam produk perawatan rambut. Minyak sereh dapat meningkatkan pertumbuhan rambut dengan menguatkan folikel rambut. Minyak sereh juga bisa menambah kilau, menghilangkan iritasi kulit kepala, gatal-gatal, dan mengurangi ketombe.

Sebuah studi tahun 2015 menemukan bahwa tonik rambut serai secara efektif mengurangi ketombe. Ketombe dapat menjadi penyakit umum, dan memiliki kulit kepala yang sehat dan bebas ketombe adalah bagian penting dari kesehatan rambut.

6 dari 8 halaman

Minyak zaitun

Minyak zaitun banyak digunakan sebagai bahan aktif dalam banyak produk rambut, termasuk beberapa sampo dan kondisioner. Minyak zaitun dipercaya dapat meningkatkan pertumbuhan rambut dan memiliki kualitas pelindung rambut.

Minyak zaitun mengandung asam oleat yang memiliki kualitas antioksidan. Senyawa ini dapat membantu memperlambat efek kerontokan rambut. Minyak zaitun juga memiliki sifat antibakteri yang berperan untuk kulit kepala yang sehat. Minyak zaitun telah menunjukkan potensi untuk membantu mengurangi dan mencegah rambut bercabang.

Memijat rambut dan kulit kepala dengan minyak zaitun meningkatkan aliran darah ke folikel rambut. Efek ini membantu menstimulasi pertumbuhan helai rambut yang lebih tebal.

7 dari 8 halaman

Minyak kemiri

Minyak kemiri mampu merangsang pertumbuhan rambut. Penggunaan minyak kemiri secara teratur dapat mencegah rambut rontok dan menumbuhkan kembali rambut bahkan lebih kuat dan lebih sehat dari sebelumnya. Minyak kemiri mengandung asam lemak yang membantu menjaga kesehatan dan kekuatan rambut.

Asam linoleat pada minyak kemiri berfungsi sebagai agen antiinflamasi yang dapat mencegah kering dan ketombe pada kepala. Minyak kemiri juga dikenal mampu menghitamkan dan memberi kilau pada rambut. Manfaat ini juga sangat berguna untuk mencegah uban.

8 dari 8 halaman

Tea tree oil

Tea tree oil memiliki sifat pembersihan, antibakteri, dan antimikroba yang kuat. Ketika digunakan secara topikal, ini dapat membantu membersihkan folikel rambut dan meningkatkan pertumbuhan rambut. Tea tree oil membantu menjaga rambut sehat dan lembab. Ini dapat membantu rambut tumbuh pada tingkat normal dan mencegahnya agar tidak rontok.

Sebuah tinjauan pada 2015 menemukan tea tree oil umumnya digunakan dalam produk perawatan anti-ketombe. Ketombe disebabkan oleh akumulasi kulit kering bersisik di kulit kepala. Jika tidak diobati, penumpukan kulit mati pada akhirnya bisa menghambat pertumbuhan rambut.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.