Sukses

7 Manfaat Pisang untuk Perawatan Wajah, Cegah Penuaan Dini

Liputan6.com, Jakarta Manfaat pisang sudah tidak diragukan lagi. Manfaat pisang bisa didapat karena kandungan nutrisi di dalamnya yang sangat melimpah. Hal inilah yang menjadikan pisang dapat diambil manfaatnya, mulai untuk menjaga kesehatan tubuh hingga kecantikan. 

Manfaat pisang untuk kecantikan salah satu yang dapat dirasakan dapat dijadikan perawatan wajah. Pisang mampu membuat wajah kamu bersinar secara natural. Hal ini dikarenakan pisang mengandung banyak vitamin dan mineral yang dibutuhkan kulit.

Baik untuk peremajaan atau perbaikan kulit wajah. Selain itu, pisang juga dapat menutrisi kulit dan membuatnya lebih sehat dari dalam. Untuk merasakan manfaat pisang, kamu bisa menggunakan pisang yang sudah matang.

Pisang dalam keadaan matang akan lebih efektif karena dengan mudah meratakan warna kulit. Biasanya perawatan wajah dengan pisang dijadikan sebagai masker, yang dicampurkan dengan bahan-bahan alami lainnya. Melakukan perawatan wajah dengan masker pisang secara rutin, maka kamu akan merasakan khasiat yang sangat optimal.

Berikut manfaat pisang untuk perawatan wajah yang telah Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Jumat (13/3/2020).

2 dari 8 halaman

Mengontrol Kulit Berminyak

Pisang merupakan eksfoliator ampuh yang dapat membantu membantu pengelupasan kulit akibat kelebihan sebum pada permukaan kulit. Hal ini dikarenakan pisang mengandung pelembap alami, potasium, vitamin C, dan vitamin E.

Semua kandungan tersebut mampu membantu kulit tampak bercahaya. Apabila kamu termasuk dalam jenis kulit berminyak, kamu bisa menggunakan masker wajah sederhana dari perpaduan pisang, jus lemon, dan madu.

Cara membuat dan menggunakannya cukup mudah, cukup masukkan pisang matang ke mangkuk, lalu haluskan. Kemudian tuang satu sendok makan madu mentah dan 1/2 sendok teh jus lemon. Aplikasikan pada wajah yang berminyak, tunggu hingga 10 menit. Kemudian bilas wajah dengan kain basah atau air dingin.

3 dari 8 halaman

Melembapkan Kulit

Manfaat pisang untuk perawatan wajah selanjutnya dapat melembapkan kulit. Manfaat ini didapat karena pisang mengandung kalium dan pelembap di dalamnya. Kedua kandungan tersebut mampu melembapkan kulit kering, dan menjadikannya lebih lembut dan kenyal. Jika kulitmu mengelupas dan kering, cukup oleskan pisang sebagai masker wajah.

Caranya mudah, masukkan pisang yang sudah matang ke mangkuk kecil, tumbuk pisang menggunakan bagian belakang garpu. Setelah lembut, oleskan ke wajah. Hindari area di sekitar mata dan mulut. Diamkan selama 10 hingga 15 menit, lalu bilas wajah dengan air dingin sampai bersih.

 

4 dari 8 halaman

Mencegah Penuaan Dini

Manfaat pisang untuk wajah selanjutnya dapat mencegah penuaan dini. Manfaat ini didapat karena pisang mengandung nutrisi yang dapat memerangi keriput. Membantu memudarkan bintik-bintik penuaan dan mencegah pembentukan garis-garis halus dan kerutan.

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, tambahkan pisang dengan bahan-bahan dapur penghilang kerut lainnya, seperti jeruk dan yoghurt misalnya. Cara membuatnya, campurkan pisang matang yang sudah ditumbuk halus dengan satu sendok teh jus jeruk dan satu sendok yogurt kental.

Aduk rata, lalu jadikan campuran tersebut sebagai masker wajah alami. Lakukan cara ini serutin mungkin, kamu akan dapat nutrisi, penuaan mengelupas, kulit lembut, dan perlindungan kulit alami.

5 dari 8 halaman

Mengurangi Bintik-bintik di Wajah

Bintik-bintik bekas jerawat, tahi lalat kecil, bintik-bintik penuaan, atau hanya bintik-bintik hitam yang membuat wajah kusam dapat menguranginya dan bahkan menghilangkannya dengan pisang.

Caranya oleskan pisang tumbuk yang sudah halus ke wajah. Lakukan perawatan wajah ini setidaknya dua kali seminggu untuk mendapatkan hasil yang optimal.

6 dari 8 halaman

Mengobati Jerawat

Manfaat pisang untuk perawatan wajah selanjutnya dapat mengobati jerawat. Bukan hanya daging buahnya saja, melainkan kulit pisang juga dapat membantu meringankan jerawat.

Kamu dapat langsung mengoleskan kulit pisang ke dalam jerawat untuk mengurangi peradangan dan menghancurkan bakteri. Selain itu, kamu juga bisa menggunakan masker wajah dengan campuran pisang tumbuk, madu, dan kunyit untuk mencerahkan kulit, mengurangi jerawat, dan melembapkan kulit. Setelah selasai, cuci wajah dengan air dingin dan keringkan.

7 dari 8 halaman

Mengangkat Sel Kulit Mati

Manfaat pisang untuk perawatan wajah bisa mengangkat sel kulit mati. Cara membuat dan menggunakannya cukup mencampurkan satu buah pisang dengan tiga sendok oats. Lalu tambahkan tiga sendok minyak kelapa.

Buatlah adonan dari bahan-bahan tersebut hingga menjadi masker. Oleskan pada wajah, kemudian pijat perlahan dengan gerakan melingkar. Kemudian bersihkan dengan menggunakan air hangat.

8 dari 8 halaman

Menghilangkan Mata Panda

Manfaat pisang untuk perawatan wajah berikutnya dapat menghilangkan mata panda. Kamu dapat mengaplikasikan pisang yang telah dihancurkan pada bagian bawah mata. Tunggu hingga 5 menit. Lakukan setiap hari dan lihat perubahan pada lingkaran hitam di bawah mata.