Sukses

12 Manfaat Minyak Serai untuk Kesehatan, Cegah Peradangan

Liputan6.com, Jakarta Serai telah lama digunakan dalam pengobatan tradisional. Tumbuhan tropis ini diolah menjadi berbagai bentuk mulai dari teh yang bisa diminum hingga minyak yang bisa menenangkan tubuh. Serai dikenal manfaatnya sebagai solusi untuk penghilang nyeri, masalah perut, dan sifat antibakterinya.

Salah satu bentuk olahan serai yang sering ditemukan adalah minyak. Minyak serai merupakan hasil ekstraksi dari daun dan batang tanaman serai. Minyak ini memiliki aroma jeruk yang kuat.

Minyak serai sangat populer untuk penggunaan topikal. Kandungan atsiri dalam minyak serai dipercaya mampu mengatasi nyeri, pencernaan, hingga sakit kepala. Minyak juga ini menjadi bahan populer dalam aromaterapi.

Minyak serai bisa dioleskan langsung pada tubuh atau diuapkan. Penting untuk tidak meminum langsung minyak serai kecuali mengikuti petunjuk dari seorang profesional kesehatan. Berikut manfaat minyak serai yang berhasil Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, MInggu (15/3/2020).

2 dari 7 halaman

Manfaat minyak serai untuk kesehatan

Antibakteri dan antijamur

Serai digunakan sebagai obat alami untuk menyembuhkan luka dan membantu mencegah infeksi bakteri dan jamur. Penelitian 2010 menemukan minyak atsiri serai efektif melawan berbagai bakteri yang resistan terhadap obat seperti infeksi kulit, pneumonia, infeksi darah, dan usus.

Minyak serai efektif digunakan untuk mengatasi infeksi mulut yang disebabkan oleh bakteri. Minyak serai juga efektif untuk mencegah pertumbuhan jamur seperti jamur kurap dan kutu air.

Cegah peradangan

Minyak serai diteliti mampu mengatasi peradangan pada kulit. Sebuah studi tahun 2014 menunjukkan minyak atsiri serai memiliki efek antiinflamasi yang kuat pada tikus dengan infeksi jamur.

Peradangan kronis diduga menyebabkan banyak masalah kesehatan. Ini termasuk radang sendi, penyakit kardiovaskular, dan bahkan kanker. Serai mengandung citral, senyawa anti-inflamasi.

3 dari 7 halaman

Manfaat minyak serai untuk kesehatan

Kaya antioksidan

Menurut sebuah penelitian 2011, obat kumur minyak serai menunjukkan kemampuan antioksidan yang kuat. Ini sangat bermanfaat bagi penderita radang gusi dan masalah mulut lainnya.

Dalam sebuah studi tahun 2015, serai terbukti memiliki sifat antioksidan yang kuat dan efektif dalam membersihkan radikal bebas dalam percobaan in vitro.

Redakan sakit perut dan mual

Serai digunakan sebagai obat tradisional untuk sejumlah masalah pencernaan, mulai dari sakit perut hingga tukak lambung. Serai juga merupakan bahan umum dalam teh herbal dan suplemen untuk mual. Meskipun sebagian besar produk herbal menggunakan daun serai kering, menggunakan minyak esensial untuk aromaterapi dapat memberikan manfaat serupa.

4 dari 7 halaman

Manfaat minyak serai untuk kesehatan

Atasi diare

Menurut sebuah penelitian tahun 2006, serai dapat membantu memperlambat diare secara alami. Menggunakan minyak serai secara topikal pada perut dipercaya mampu meredakan sakit perut akibat diare.

Atasi kolesterol

Serai secara tradisional digunakan untuk mengobati kolesterol tinggi dan mengelola penyakit jantung. Sebuah studi 2007 menemukan minyak serai secara signifikan mengurangi kolesterol pada studi tikus.

Berbagai penelitian telah menunjukkan bahwa konsumsi minyak sereh dapat mempertahankan kadar trigliserida yang sehat dalam tubuh, sehingga menurunkan kadar kolesterol jahat. Namun, studi lebih lanjut pada manusia masih diperlukan.

5 dari 7 halaman

Manfaat minyak serai untuk kesehatan

Mengobati Varises

Meskipun penelitian terbatas, data teoritis menunjukkan bahwa minyak esensial seperti serai dapat meningkatkan sirkulasi dan mengurangi pembengkakan. Ini dapat membantu meringankan kondisi seperti varises.

Anda dapat membuat kompres hangat dengan merendam kain bersih dalam campuran lima tetes minyak esensial serai dan satu liter air. Terapkan kompres ini ke area yang terkena selama 15 menit.

Atasi nyeri sendi

Citral dalam minyak esensial serai dapat membantu meringankan rasa sakit karena mengurangi peradangan. Menurut sebuah studi tahun 2017 pada orang dengan rheumatoid arthritis, minyak sereh topikal mengurangi rasa sakit radang sendi. Rata-rata, tingkat nyeri berkurang dari 80 hingga 50 persen dalam 30 hari.

6 dari 7 halaman

Manfaat minyak serai untuk kesehatan

Redakan stres

Banyak penelitian telah menunjukkan bahwa aromaterapi seperti serai mampu meredakan stres dan kecemasan. Menggabungkan aromaterapi dengan pijatan juga dapat membawa manfaat yang lebih besar. Menggunakan pijatan minyak serai seminggu sekali selama tiga minggu membantu tekanan darah diastolik yang lebih rendah.

Atasi sakit kepala

Senyawa dalam serai yang disebut eugenol memiliki kemampuan yang mirip dengan aspirin. Eugenol diduga mencegah trombosit darah menggumpal. Ini juga melepaskan serotonin. Serotonin adalah hormon yang mengatur fungsi mood, tidur, nafsu makan, dan kognitif.

7 dari 7 halaman

Manfaat minyak serai untuk kesehatan

Atasi ketombe

Sebuah studi tahun 2015 menemukan minyak atsiri sereh dapat membantu melawan ketombe. Penelitian menunjukkan penggunaan minyak serai sebagai tonik rambut dua kali sehari selama 14 hari dapat menunjukkan penurunan ketombe yang signifikan.

Bantu tidur nyenyak

Minyak serai memiliki efek menenangkan dan menenangkan yang luar biasa pada pikiran. Menurut sebuah penelitian Aljazair, minyak serai bisa memiliki efek sedatif. Minyak juga dapat membantu mengobati depresi. Semua ini dapat membantu mengatasi masalah tidur dan membantu tidur lebih nyenyak.