Sukses

10 Manfaat Paprika Merah untuk Kesehatan, Jaga Daya Tahan Tubuh

Paprika merah lebih tinggi nutrisi dari paprika lainnya

Liputan6.com, Jakarta Paprika merah tak hanya sekadar memberi warna menarik pada masakan. Sayuran ini merupakan sumber nutrisi, serat, dan antioksidan yang berharga. Paprika berwarna hijau saat masih muda, setelah matang paprika mulai menguning, oranye, hingga merah.

Dibanding paprika hijau dan kuning, paprika merah lebih tinggi vitamin dan mineral. Paprika merah juga mengandung beta karoten 11 kali lebih banyak dibanding lainnya. Memilih paprika berwarna cerah akan memberi asupan nutrisi yang dibutuhkan tubuh.

Kandungan nutrisi baik dalam paprika menawarkan sejumlah manfaat kesehatan. Paprika merah adalah sumber nutrisi yang sangat baik seperti vitamin C, A dan B6. Selain itu, mereka juga mengandung vitamin E, vitamin K, folat dan kalium.

Berikut manfaat paprika merah yang berhasil Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Senin (16/3/2020).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Manfaat Paprika Merah

Sehatkan mata

Paprika merah mengandung karotenoid berupa lutein dan zeaxanthin dalam jumlah besar. Ini dapat meningkatkan kesehatan mata ketika dikonsumsi dalam jumlah yang memadai. Nutrisi ini membantu melindungi retina dari kerusakan oksidatif.

Sejumlah penelitian menunjukkan bahwa konsumsi teratur makanan yang kaya karotenoid dapat mengurangi risiko katarak dan degenerasi makula.

Cegah anemia

Paprika merah merupakan sumber zat besi yang baik. Tak hanya itu, sayuran ini juga kaya vitamin C yang membantu penyerapan zat besi lebih optimal.

Konsumsi paprika merah sangat cocok dipadukan bersama daging atau bayam yang kaya akan zat besi. Ini dapat membantu meningkatkan cadangan zat besi tubuh dan mengurangi risiko anemia.

3 dari 6 halaman

Manfaat Paprika Merah

Kaya vitamin untuk daya tahan tubuh

Paprika merah menyediakan hingga 300 persen dari asupan vitamin C harian. Vitamin C dalam paprika merah membantu dalam pembentukan kolagen tulang, tulang rawan, otot dan pembuluh darah.

Paprika merah juga mengandung vitamin A, B6, E, dan K. Semua vitamin ini berperan untuk menjaga daya tahan tubuh secara keseluruhan

Kaya antioksidan cegah penyakit kronis

Jenis antioksidan yang dikenal sebagai likopen, memberi warna merah pada paprika. Ini adalah karotenoid yang membantu melawan radikal bebas. Likopen juga dapat membantu mencegah jenis kanker tertentu dan penyakit jantung.

Antioksidan dalam paprika merah juga mengurangi risiko penyakit kardiovaskular. Antioksidan dalam paprika merah secara langsung meredam aktivitas radikal bebas yang menyebabkan kerusakan sel.

Paprika mentah mengandung fenol dan flavonoid dalam paprika merah mampu melucuti radikal bebas hidrogen peroksida yang terkait dengan penyakit kardiovaskular iskemik.

4 dari 6 halaman

Manfaat Paprika Merah

Lancarkan peredaran darah

vitamin C dalam paprika merah membantu dalam pembentukan pembuluh darah yang sehat. Kalium dan vitamin B6 pada paprika merah membantu mencegah hipertensi dan melancarkan peredaran darah.

Paprika juga merupakan sumber vitamin K yang penting untuk fungsi pembekuan darah. Konsumsi paprika sebagai makanan sehat mampu meningkatkan metabolisme tubuh tanpa meningkatkan denyut jantung.

Redakan kecemasan

Kombinasi vitamin B6 dan magnesium dalam paprika merah membantu mengurangi kecemasan, terutama karena gejala pra-menstruasi. Paprika merah juga mampu menurunkan tingkat stres karena kandungan serat dan vitaminnya.

Paprika merah juga telah terbukti memperbaiki tidur karena kandungan vitamin C-nya yang tinggi. Vitamin tersebut menurunkan kadar kortisol dalam tubuh, yang biasanya dilepaskan ketika tubuh sedang stres, dan menyebabkan kesulitan tidur.

5 dari 6 halaman

Manfaat Paprika Merah

Kaya serat

Paprika merah kaya akan serat yang mendukung kesehatan pencernaan dan mempertahankan kadar kolesterol. Paprika merah mengandung serat larut yang tinggi.

Sejumlah penelitian telah menunjukkan bahwa serat larut mengurangi kadar lipoprotein densitas rendah, yang juga disebut sebagai kolesterol jahat. Serat juga memberi perlindungan dari kanker usus besar dan membantu dalam pengobatan sembelit dan sindrom iritasi usus.

Bantu penurunan berat badan

Serat yang tinggi pada paprika merah dapat menjadi makanan yang baik bagi penurunan berat badan. Makanan kaya serat mampu membuat tubuh merasa kenyang lebih lama.

Paprika merah juga rendah kalori yang baik untuk menurunkan berat badan. Serat dan vitamin dalam juga mampu meningkatkan metabolisme tubuh yang membantu penurunan berat badan.

6 dari 6 halaman

Manfaat Paprika Merah

Cegah penuaan dini

Paprika merah mengandung vitamin C dua kali lipat dari varietas lainnya. Ini sangat bermanfaat untuk kesehatan kulit.

Vitamin C yang terkandung dalam paprika merah membantu membentuk kolagen yang dibutuhkan kulit untuk mencegah kerutan dan penuaan dini. Antioksidan dalam paprika merah juga sangat baik untuk kesehatan kulit. Ini juga dapat meredakan pembengkakan kulit karena kandungan silikonnya yang tinggi.

Bantu pertumbuhan rambut

Paprika merah adalah sumber vitamin C yang bagus yang terlibat dalam pembentukan kolagen. Folikel rambut membutuhkan kolagen agar tetap sehat dan untuk pertumbuhan yang optimal. Kekurangan vitamin C dapat menyebabkan rambut kering, membelah dan rapuh.

Paprika merah sangat bermanfaat dalam mencegah rambut rontok karena meningkatkan aliran darah untuk merangsang pertumbuhan rambut. Paprika merah dapat membantu mempercepat pertumbuhan rambut hingga lebih dari 50 persen.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini