Sukses

10 Tempat Wisata Pelabuhan Ratu, Penuh Jajaran Pantai Eksotis

Pelabuhan Ratu memiliki jajaran pantai yang indah.

Liputan6.com, Jakarta Tempat wisata Pelabuhan Ratu menjadi daya tarik tersendiri di Sukabumi, Jawa Barat. Pelabuhan Ratu atau Palabuhanratu merupakan sebuah kecamatan di Sukabumi yang terletak di pesisir Samudra Hindia.

Pelabuhan Ratu juga merupakan ibu kota Kabupaten Sukabumi. Ini membuat Pelabuhan Ratu menjadi destinasi wisata yang banyak dikunjungi wisatawan. Ada banyak tempat wisata Pelabuhan Ratu yang bisa dikunjungi.

Karena berada di pesisir pantai, tempat wisata Pelabuhan Ratu didominasi oleh jajaran pantai yang indah. Tak cuma pantai, di tempat wisata Pelabuhan Ratu kamu juga bisa menemukan bangunan bersejarah hingga ruang terbuka lainnya.

Tempat wisata Pelabuhan Ratu juga memiliki fasilitas yang cukup lengkap mulai dari tempat bersantai, restoran, pemandu, hotel, hingga asuransi keselamatan. Mengunjungi tempat wisata Pelabuhan Ratu bisa menjadi cara untuk melepas penat pikiran.

Berikut 10 tempat wisata Pelabuhan Ratu yang berhasil Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Senin (16/3/2020).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Tempat wisata Pelabuhan Ratu

Pantai Pelabuhan Ratu

Pantai Pelabuhan Ratu merupakan pantai yang sangat populer di Sukabumi. Pantai ini memiliki perpaduan pantai yang curam, landai, dengan karang yang terjal. Pantai Pelabuhan Ratu dikenal memiliki ombak yang besar sehingga wisatawan tidak dianjurkan untuk berenang di pantai ini.

Pantai Pelabuhan Ratu juga punya kisah mistis tersendiri. Konon, pantai ini merupakan pintu masuk kerajaan Gaib yang dikuasai Nyi Roro Kidul.

Pantai Cimaja

Pantai Cimaja merupakan pantai yang berada di teluk Pelabuhan Ratu. Pantai Cimaja juga dikenal memiliki ombak besar yang biasanya digunakan para peselancar untuk berselancar. Pantai Cimaja sudah terkenal sebagai pantai surfing sejak tahun 1970-an. Pantai ini juga selalu mengadakan kejuaraan berselancar tingkat dunia.

3 dari 6 halaman

Tempat wisata Pelabuhan Ratu

Pantai Citepus

Pantai menawan lainnya di teluk Pelabuhan Ratu adalah pantai Citepus. Pantai Citepus terletak di tepi jalan raya Cisolok-Pelabuhan Ratu. Lokasi pantai ini sangat strategis membuat pantai ini menjadi destinasi favorit wisatawan. Garis pantai di pantai ini memikiki ukuran yang panjangnya mencapai 3-5 km.

Pantai Cibangban

Pantai Cibangban merupakan pantai alternatif yang bisa dikunjungi selain pantai Pelabuhan Ratu. Dibanding dengan Pantai Pelabuhan Ratu, pantai dengan pasir hitam ini lebih sepi wisatawan. Suasananya yang tenang membuat pantai ini cocok dijadikan tempat bersantai.

4 dari 6 halaman

Tempat wisata Pelabuhan Ratu

Pantai Batu Bintang

Pantai Batu Bintang atau yang juga dikenal dengan Pantai Cipatuguran berada di esa Jayanti, Kecamatan Palabuhan Ratu, Kabupaten Sukabumi. Pantai ini terkenal akan pemandangan sunsetnya yang indah. Kawasan pantai ini juga kerap dijadikan wisata memancing ikan di Pelabuhan Ratu.

Istana Palabuhanratu

Istana Palabuhanratu merupakan sebuah Istana Kepresidenan Republik Indonesia yang dibangun oleh Ir. Soekarno. Istana ini digunakan sebagai tempat peristirahatan presiden di Pelabuhan Ratu. Istana ini terletak di bibir Pantai Citepus dengan panorama pesisirnya yang indah.

5 dari 6 halaman

Tempat wisata Pelabuhan Ratu

Pemandian Air Panas Cisolok

Pemandian Air Panas Cisolok berada di Cikahuripan, Cisolok, Sukabumi. Jika pemandian air panas biasanya berada di dekat pegunungan, pemandian satu ini justru berada di dekat pantai. Tempat wisata Pelabuhan Ratu ini berada sekitar 15 km dari pantai Pelabuhan Ratu.

Di sini sumber air panas keluar langsung dari bebatuan. Ada tiga titik semburan air panas dengan suhu yang cukup tinggi rata-rata 80 derajat Celcius. Pengunjung hanya diperbolehkan berendam di aliran sungai dan kolam yang sudah disediakan.

Gua Lalay

Selain pantai, kamu juga bisa mengunjungi gua Lalay yang berada tak jauh dari pantai. Lalay dalam bahasa Sunda berarti Kelelawar. Di gua ini pengunjung bisa menyaksikan jutaan kelelawar yang menghuni Gua. Gua Lalay hanya berjarak beberapa meter saja dari bibir pantai Pelabuhan Ratu.

Berdasarkan kepercayaan penduduk setempat, Kelelawar-kelelawar ini terbang juga ke daerah lain seperti Banten, Bogor, Jakarta Bahkan Bandung. Biasanya rombongan Kelelawar ini mulai keluar menjelang senja sekitar jam 17.00.

6 dari 6 halaman

Tempat wisata Pelabuhan Ratu

Water Park Palabuhanratu

Water Park Palabuhanratu merupakan tempat rekreasi favorit di Pelabuhan Ratu. Water Park ini dibangun di area seluas 1,7 hektar di Kelurahan Citepus. Water Park Palabuhanratu berada di kawasan wisata Pantai Citepus. Ada beragam wahana yang bisa dinikmati di tempat ini seperti Family Slide, kolam sport, kolam arus, dan Boowel.

Fasilitas Water Park Palabuhanratu juga cukup lengkap dengan adanya gazebo, tempat bersantai, kantin, musala, dan fotogafer. Palabuhanratu Water Park hampir setiap harinya didatangi oleh pengunjung dari berbagai wilayah.

Alun-alun Pelabuhanratu

Alun-alun Pelabuhanratu berlokasi di Jl. Siliwangi Palabuhanratu. Alun-alun ini merupakan pusat Pelabuhan Ratu yang dikelilingi bangunan-bangunan fungsional. Seperti halnya di kota-kota yang lainnya, Alun-alun Palabuhanratu juga memiliki pola-pola yang sama dengan alun-alun di tempat lain seperti adanya masjid, pendopo, dan perkantoran.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.