Sukses

6 Potret Social Distancing di Berbagai Negara, Kurangi Penyebaran COVID-19

Liputan6.com, Jakarta Guna meminimalisir pencegahan penyebaran virus corona, Presiden Joko Widodo mengeluarkan himbauan bagi masyarakat untuk bekerja di rumah. Hal tersebut disampaikan pada jumpa pers di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Minggu (15/3/2020).

Segala aktivitas yang melibatkan masyarakat banyak dan berkumpul di satu tempat ditunda ataupun ditiadakan. Hal ini ditujukan agar menghambat persebaran virus corona yang mudah tersebar melalui udara.

Social distancing bukanlah sebuah istilah baru, terlebih lagi bagi negara-negara yang terlebih dahulu terkena wabah virus corona. Seperti halnya negara China, Korea Selatan, Thailand, dan Filipina.

Dilansir dari voanews, akibat suksesnya praktek social distancing di Korea Selatan, negara ini tak perlu melakukan lockdown. Hal ini berimbas pada perekonomian negara tersebut yang cenderung lebih stabil jika dibandingkan negara Italia dan Iran.

Melakukan praktek social distancing memang harus diimbangi dengan kesadaran dari warga negaranya sendiri. Berikut merupakan potret social distancing di berbagai negara, dihimpun oleh Liputan6.com dari berbagai sumber, Senin (16/3/2020).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 7 halaman

1. Potret warga yang sedang mengantre dengan tertib di China, mematuhi aturan social distancing

3 dari 7 halaman

2. Tak hanya berlaku pada antrean, restoran di China pun menerapkan 'one man one table' untuk mematuhi aturan social distancing

4 dari 7 halaman

3. Potret misa di sebuah gereja di Filipina, tetap berjalan dan menggunakan police line untuk memberi batas

5 dari 7 halaman

4. Meski harus ada aturan social distancing, gereja di Filipina ini tetap menjalankan misa

6 dari 7 halaman

5. Potret lift di Thailand, terdapat stiker aturan berdiri agar jarak tetap terjaga

7 dari 7 halaman

6. Praktik social distancing juga diterapkan di salah satu restoran pujasera di Singapura, pada bagian tempat duduk diberi tanda stiker merah agar tidak dipakai duduk.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS