Sukses

8 Cara Membuat Suara Menjadi Merdu, Jaga Pola Hidup Sehat

Liputan6.com, Jakarta Cara membuat suara menjadi merdu tidaklah sulit. Hal utama dalam membuat suara merdu dengan menjaga kesehatan tubuh dan memilih jenis makanan yang sehat. Kamu juga bisa melatih kualitas suara dengan latihan vocal nada tinggi secara rutin.

Memiliki suara merdu yang indah membutuhkan usaha untuk mencapainya. Suara yang kurang tepat ketika membidik nada merupakan salah satu masalah yang dialami bagi kamu yang gemar menyanyi.

Nada yang kurang tepat membuat lagu yang dinyanyikan tersasa kurang enak saat didengarkan. Hal ini akan membuat kamu merasa tidak percaya diri ketika diminta untuk menyanyikan lagu di depan banyak orang.

Terlepas dari hobi ataupun profesi, mengetahui cara membuat suara menjadi merdu pun sangatlah dibutuhkan. Hal ini berguna untuk mendapatkan suara yang indah dan enak didengar.

Berikut cara membuat suara menjadi merdu yang telah Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Selasa (17/3/2020).

2 dari 9 halaman

Mendapatkan Hidrasi yang Cukup

Cara membuat suara menjadi merdu pertama dengan selalu mendapatkan hidrasi yang cukup. Lipatan pada pita suara juga perlu dilumasi dengan lendir agar bergetar dan menghasilkan suara.

Suara yang merdu dihasilkan oleh pita suara yang dilumasi dengan cairan lendir secukupnya. Pelumasan ini memerlukan air putih dengan jumlah yang cukup, setidaknya dua liter dalam sehari.

3 dari 9 halaman

Menghindari Asam Lambung Tinggi

Cara membuat suara menjadi merdu selanjutnya dengan menghindari asam lambung tinggi. Walaupun asam lambung memiliki peran penting untuk mencerna makanan, tetapi kondisi asam lambung yang tinggi dapat memengaruhi pita suara.

Hal ini dikarenakan sifat korosif pada asam lambung dapat merusak pita suara dan menyebabkan masalah pada jantung dan paru-paru. Untuk mendapatkan vocal yang prima, kamu harus mempertahankan kondisi asam lambung.

Caranya, cukup makan teratur, olahraga yang cukup, mengonsumsi makanan bergizi, serta memperbaiki gaya hidup akan membuat kondisi asam lambung tetap baik dan akan terhindar dari berbagai jenis penyakit.

 

4 dari 9 halaman

Menghindari Lingkungan udara yang Buruk

Cara membuat suara menjadi merdu berikutnya dengan menghindari lingkungan udara yang buruk. Udara merupakan elemen penting bagi manusia, karena sangat berpengaruh pada sistem pernapasan.

Ruangan dingin, panas, dan kelembapan udara yang rendah dapat membuat tenggorokan kamu menjadi cepat kering. Untuk itu, hindarilah berkegiatan di ruangan dengan AC maupun keluar di malam hari. Hal iniakan memicu kerusakan pita suara akibat terganggunya proses pelumasan.

5 dari 9 halaman

Tidak Memaksakan Pita Suara

Cara membuat suara menjadi merdu berikutnya dengan tidak memaksakan pita suara. Pita suara yang terus menerus dipaksa untuk menjerit, berteriak, bahkan menyanyikan lagu dengan nada tinggi terus menerus akan membuat tenggorokanmu terasa lelah dan suaramu akan terdengar serak.

Untuk menjaga kondisi pita suara tetap prima dan bersuara merdu, kamu bisa melakukan latihan vikal atau pemanasan terlebih dahulu. Bernyanyilah dengan santau agar suara yang dihasilkan enak didengar dan ringan.

6 dari 9 halaman

Menjaga Otot Tenggorokan dan Leher

Menjaga kondisi pita suara agar tetap prima berarti menjaga seluruh bagian tenggorokan dan leher. Meskipun sedang bernyanyi dengan nada yang naik dan turun, usahakan tenggorokan dan otot leher tetap rileks.

Hindari memiringkan dan menundukkan kepala ketika bernyanyi. Hal ini akan membuat otot tenggorokanmu menjadi tegang dan berpengaruh pada kemampuan jangkauan vocal dalam jangka panjang.

Latihlah vibra yang dimiliki. Ketika kamu bernapas, pita suara akan terbuka dan udara akan lewat tanpa menghasilkan suara, namun apabila kamu hendak bersuara, pita suara akan bergetar untuk menghasilkan bunyi.

7 dari 9 halaman

Rutin Berolahraga

Cara membuat suara merdu secara alami berikutnya dengan membiasakan olahraga rutin. Olahraga merupakan kegiatan penting yang perlu dilakukan oleh semua orang, termasuk kamu yang gemar menyanyi.

Berolahraga akan membuat kekebalan tubuh akan meningkat dan tidak mudah sakit. Hal ini akan berpengaruh juga pada kondisi kesehatan kamu saat bernyanyi. Selain itu, olahraga secara rutin juga dapat membuat pernapasanmu menjadi lebih juat dan panjang.

8 dari 9 halaman

Melatih Pernapasan Dalam

Pernapasan dalam merupakan hal yang terus dilatih oleh para penyanyi. Hal ini akan berguna ketika kamu bernyanyi. Untuk melatih pernapasan dalam, kamu harus mencoba pernapasan paru-paru dan diafragma dengan mengambil udara dalam-dalam dan mengeluarkannya hingga habis.

Kamu bisa melatih pernapasan dalam secara rutin sambil duduk, berdiri, bahkan berbaring. Jika kamu mengambil posisi duduk dan berdiri, kamu bisa menempatkan tangan di atas perut dan memaksa keluar semua udara yang kamu hirup.

Kamu juga bisa melatih vocal dengan nada yang tinggi. Diawali dengan minum air putih hangat sebelum latihan vocal dan melakukan pemanasan dengan menyanyikan lagu dengan nada yang tidak terlalu rumit.

Selanjutnya kamu bisa meneruskan dengan latihan tangga nada dari rendah ke tinggi dan sebaliknya . Ulangi latihan secara terus-menerus hingga pita suara kamu semakin elastis dan melebar.

9 dari 9 halaman

Menghindari Makanan Pedas dan Berminyak

Cara membuat suara merdu berikutnya dengan menghindari makanan pedas dan berminyak. Kamu tetap boleh mengonsumsinya dengan sajian yang minim dan tidak berlebihan.

Makanan berminyak pada dasarnya memang tidak baik untuk kesehatan tubuh, terutama untuk tenggorokan. Hal ini dikarenakan kandungan minyak yang berlebih pada makanan dapat meningkatkan suhu pada tenggorokan. Kondisi ini akan membuat tenggorokan mengalami disfungsi pita suara.

Begitu juga dengan makanan pedas. Makanan yang pedas merupakan jenis makanan yang bisa meningkatkan suhu tenggorokan. Meningkatnya suhu tenggorokan akan memicu terjadinya disfungsi pita suara.