Sukses

Negara Lockdown, Penguin di Kebun Binatang Ini Bebas Bak Pengunjung

Kebun binatang ditutup, penguin bebas berkeliaran.

Liputan6.com, Jakarta Wabah Corona yang dihadapi beberapa negara di dunia membuat pemerintah mengambil kebijakan demi melindungi warga negaranya. Salah satunya dengan mengisolasi sejumlah wilayah hingga melakukan keputusan lockdown. Fokus negara pada warganya tak lantas mengabaikan binatang-binatang. 

Lockdown merupakan istilah yang belakangan ini muncul dan ramai diperbincangkan. Lockdown dalam situasi Corona ini merupakan situasi dimana mengunci seluruh akses masuk maupun keluar dari satu daerah ke daerah lain atau dari satu negara ke negara lain.

Wilayah yang telah menerapkan lockdown akibat virus corona membuat sejumlah fasilitas publik dan tempat umum ditutup. Selain itu aktivitas umum pun ikut ditiadakan dan meminta warga untuk berdiam diri di rumah. Akibat dari lockdown ini, tempat wisata seperti kebun binatang juga ditutup.

Meski ditutup, beberapa petugas tetap menjaga hewan-hewan di kebun binatang. Sepi dari pengunjung, beredar video di media sosial dimana petugas membebaskan hewan untuk berkeliling kebun binatang bak pengunjung. Kebun binatang itu ditutup akibat virus corona

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Penguin Berkeliaran di Kebun Binatang

Dilansir dari akun Twitter @shedd_aquarium oleh Liputan6.com, Rabu (18/3/2020) mengunggah video hewan-hewan di Shedd Aquarium di Chicago, Illinois. Ditengah lockdown, tempat wisata tersebut sepi dari pengunjung dan ditutup.

Kesempatan tersebut membuat petugas melepas beberapa penguin. Video penguin berkeliaran bak pengunjung itu pun ramai dan viral di media sosial. Penguin tampak berjalan-jalan di luar kandang mereka.

"Beberapa penguin melakukan perjalanan lapangan untuk bertemu dengan binatang lain di Shedd. Wellington tampaknya paling tertarik dengan ikan-ikan di Amazon Rising! The black berdinding hitam itu juga tampak tertarik pada pengunjung mereka yang tidak biasa," tulis keterangan di Twitter @shedd_aquarium yang diunggah pada Senin (16/3/2020).

Seekor penguin kecil terlihat sedang melihat ikan di tangki besar, sementara sekawanan ikan tampak mendekati penguin ke dinding kaca dengan hati-hati.

3 dari 3 halaman

Reaksi Gemas Netizen

Penguin lainya tampak mendekati tangki ikan yang dihiasi lampu. Pemandangan penguin yang seolah tertarik saat mereka keluar kandang itu menarik perhatian netizen. Banyak netizen yang begitu gemas dengan hewan yang banyak tinggal di kutub tersebut.

Video yang diunggah pada Senin (16/3/2020) itu sudah ditonton sebanyak 3 juta pengguna dan di retweets sebanyak lebih dari 50 ribu. Berdurasi 27 detik, beragam komentar pun ditinggalkan para netizen.

"Tolong biarkan gurita pergi berpetualang untuk berikutnya!" tulis @pr0zac.

"calling this a peng-win!!" imbuh @MontereyAq.

"Sungguh ide yang bagus untuk membiarkan "penduduk asli" saling mengunjungi! Luar biasa kepada staf. Terima kasih telah membuat hari saya menyenangkan!" timpal @NandraR.

"Dia tampak seperti sedang membaca tanda arah juga. Sangat menyenangkan untuk dijelajahi" komentar @BrdGlitter.

"Ikuti saja penguin ini di sekitar dan lakukan siaran langsung sepanjang hari. Aku mohon." ucap @Jamie7Keller.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.