Sukses

Gejala Sakit Pinggang Sebelah Kiri, Kenali Penyebabnya

Liputan6.com, Jakarta Gejala sakit pinggang sebelah kiri umumnya akan muncul pada area tersebut. Biasanya gejala sakit pinggang sebelah membuat penderitanya sulit untuk melakukan aktivitas, karena rasa sakit pada area tersebut.

Gejala sakit pinggang sebelah kiri bisa menyebar hingga ke daerah tubuh lain seperti pangkal paha, paha bagian belakang, dan bokong. Penyebab sakit pinggang sebelah kiri pun beraneka ragam. 

Penyebab yang paling sering adalah akibat gerakan tiba-tiba atau posisi tubuh yang kurang baik saat mengangkat benda berat, sehingga menyebabkan cedera. Adapun pada wanita, penyebab sakit pinggang sebelah kiri bisa terjadi karena kista ovarium, endometriosis, pertumbuhan jaringan fibroid pada rahim, dan kehamilan.

Meski gejala sakit pinggang sebelah kiri terlihat sepele, namun kamu perlu berkonsultasi ke dokter jika sakit pinggang terjadi berkelanjutan atau disertai gejala sakit pinggang sebelah kiri lainnya.

Berikut gejala sakit pinggang sebelah kiri lainnya yang telah Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Rabu (18/3/2020).

2 dari 6 halaman

Penyebab Sakit Pinggang Sebelah Kiri

Sakit pinggang sebelah kiri maupun kanan merupakan salah satu keluhan yang umum terjadi pada setiap orang. Sakit pinggang dapat disebabkan oleh beberapa hal seperti otot, ginjal, saraf, dan tulang belakang.

Sakit pinggang atau Low Back Pain (LBP) umumnya dipengaruhi oleh faktor usia, jenis kelamin, faktor kegemukan, pekerjaan, dan aktivitas atau olahraga. Penyebab tersering sakit pinggang adalah faktor pekerjaan akibat posisi tubuh yang salah secara berulang dalam waktu yang lama.

Salah satu sakit pinggang yang umum terjadi adalah bagian sebelah kiri. Gejala sakit pinggang sebelah kiri umumnya akan muncul pada area tersebut dan sekitarnya. Untuk memastikan penyebab sakit pinggang sebelah kiri, kamu bisa mengunjungi dokter spesialis saraf agar dapat dipastikan penyebabnya dengan beberapa langkah tindakan medis. Adapun penyebab sakit pinggang sebelah kiri, seperti:

3 dari 6 halaman

Penyebab Sakit Pinggang Sebelah Kiri dan Gejalanya

Gangguan pada Organ Ginjal

Penyebab sakit pinggang sebelah kiri pertama adalah gangguan pada ginjal. Hal ini dikarenakan ginjal terletak dekat dengan pinggang, sehingga gangguan pada ginjal seperti batu ginjal atau infeksi ginjal dapat menyebabkan sakit pinggang sebelah kiri.

Gejala sakit pinggang sebelah kiri yang diakibatkan terganggunya organ ini akan merasakan sakit di antara tulang rusuk bawah dan panggul.

Otot Tegang

Penyebab sakit pinggang sebelah kiri berikutnya adalah otot tegang. Melakukan aktivitas berlebihan atau melakukan gerakan yang tidak biasa dapat menegangkan otot. Jika tiba-tiba aktivitas seseorang melibatkan gerakan pinggang yang terlalu berat, maka otot dan urat di punggung bisa tertarik, menjadi tegang bahkan roberk,

Gejala sakit pinggang sebelah kiri akibat kondisi ini adalah rasa sakit dan kaku pada pinggang. Kondisi ini bisa reda dan pulih kembali setelah penderita mendapati cukup istirahat dan menjalani fisioterapi.

Cedera Fisik

Penyebab sakit pinggang sebelah kiri lainnya adalah cedera pinggang. Kerusakan otot dan tulang di sekitar pinggang kiri juga dapat menyebabkan sakit pada pinggan sebelah kiri. Gejala sakit pinggang sebelah kiri ini umumnya dirasakan beberapa saat setelah terjadi cedera. Bisa yang diakibatkan patah panggul atau otot di sekitar pinggang kiri yang mengalami kerusakan.

 

4 dari 6 halaman

Penyebab Sakit Pinggang Sebelah Kiri dan Gejalanya

Skiatika

Penyebab sakit pinggang sebelah kiri berikutnya adalah skiatika. Kondisi ini disebabkan oleh tertekannya saraf yang menghubungkan saraf tulang belakang dan saraf tungkai. Kondisi ini bisa terjadi ketika ada pergerseran bantalan saraf di tulang belakang atau kerusakan pada tulang punggung sehingga menyebabkan saraf terjepit.

Gejala sakit pinggang sebelah kiri akibat skiatika yang umum dirasakan adalah kesemutan disertai rasa nyeri hebat yang menjalar dari pinggang kiri atau kanan ke tungkai dan kaki.

Stenosis Spinal

Penyempitan tulang belakang yang menyebabkan tertekannya saraf tulang belakang ini disebut stenosis spinal. Tekanan pada saraf tulang belakang akibat stenosis spinal akan memunculkan gejala berupa kebas, kram, dan lemas pada bagian tubuh manapun, tergantung pada saraf mana yang tertekan.

Gejala sakit pinggang sebelah kiri ini akan bertambah parah saat kamu berdiri atau berjalan. Penyebab utama stenosis spinal adalah perubahan tulang karena penuaan, sehingga bantalan saraf tulang belakang menekan saraf dan akhirnya menyebabkan nyeri.

Irritable Bowel Syndrome (IBS)

Irritable Bowel Syndrome (IBS) atau sindrom iritasi usus dapat menjadi penyabab sakit pinggang sebelah kiri. IBS merupakan masalah pencernaan yang disebabkan oleh ketidakteraturan kontraksi otot-otot usus besar.

Umumnya kondisi ini akan membuat penderita mengalami sakit pada area perut, diare, kembung, sakit kepala, hingga nyeri pinggang sebelah kiri. Untuk mencegahnya, kamu bisa mengubah pola makan serta memilih bahan makanan yang lebih sehat.

5 dari 6 halaman

Gejala Sakit Pinggang Sebelah Kiri

Setelah mengetahui beragam penyebab sakit pinggang sebelah kiri, ada beberapa gejala sakit pinggang sebelah kiri yang paling umum dirasakan. Gejala sakit pinggang sebelah kiri ini umumnya hampir dirasakan oleh semua penderita, seperti:

- Rasa sakitnya bisa semakin parah jika bergerak,

- Terkadang rasa sakit disertai kesemutan atau mati rasa pada bagian bokong atau kaki,

- Kesulitan ketika membungkuk dan bersandar,

- Rasa nyeri yang menjalar hingga paha atau kaki. Rasa nyeri ini bisa menyebabkan keluhan yang mengganggu hingga sulit berjalan,

- Ototr-otot di sekitar tulang belakang bisa mengalami kram atau spasme yang menyakitkan sehingga menyebabkan rasa kaku pada pinggang.

6 dari 6 halaman

Gejala Sakit Pinggang yang Butuh Perawatan

Pada kebanyakan kasus sakit pinggang sebelah kiri bisa sembuh dengan sendirinya. Akan tetapi ada beberapa kondisi yang memerlukan pemeriksaan dokter untuk membantu proses penyembuhan.

Ada beberapa gejala sakit pinggang sebelah kiri yang perlu mendapat pemeriksaan dan penanganan medis sesegera mungkin, seperti:

- Mati rasa di bagian pinggang dan kaki,

- Demam,

- Sulit berjalan atau berjalan nampak pincang,

- Mati rasa di bagian pinggang dan kaki,

- Berkurangnya ukuran dan kekuatan otot di kedua tungkai.