Sukses

Fungsi Slime Activator dan Cara Membuatnya yang Mudah dan Aman

Liputan6.com, Jakarta Fungsi slime activator tidak hanya sebagai mainan anak saja, namun juga berpengaruh terhadap kondisi mental. Dikatakan slime dapat meredakan stres karena memiliki sifat lembut sehingga ketika dipegang rasa stres dapat tersalurkan. Seperti ketika kamu gemas, kamu dapat meremas-remas slime untuk menyalurkan emosi. Selain itu, slime juga diklaim dapat menghilangkan rasa jenuh ataupun bosan.

Slime adalah sebuah cairan lengket dan pekat yang sekilat terlihat seperti lendir. Cairan slime ini dibuat dalam berbagai macam variasi warna dan menggunakan bahan-bahan yang berbeda. Sehingga digandrungi oleh anak-anak.

Fungsi slime activator bisa kamu dapatkan dengan membuatnya sendiri di rumah. Mainan unik ini terbuat dari bahan polimer yang berbentuk cairan dan biasanya ditambahkan larutan polivinil alkohol dan ion borat. Namun, kamu juga bisa membuatnya dari bahan-bahan dapur yang tentunya mudah ditemukan di rumah dan lebih aman.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Rabu (18/3/2020) fungsi slime activator dan cara membuatnya yang aman.

2 dari 5 halaman

Fungsi Slime Activator (Menenangkan Persaan dan Melepas Kecanduan Smartphone)

Menenangkan Perasaan

Salah satu fungsi slime activator adalah untuk menenangkan perasaan. Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, fungsi slime activator satu ini bekaitan dengan sifatnya yang lembut, sehingga saat dipegang rasa stres dapat tersalurkan.

Daripada marah dan berteriak-teriak, kamu dapat meremas-remas slime untuk meredakan emosi tersebut.  Sensasi yang diterima oleh tangan saat memegang, menarik, dan meremas slime dapat membuat kamu lebih tenang.

Melepas Kecanduan Smartphone

Selain itu, fungsi slime activator selanjutnya adalah untuk melepas kecanduan smartphone. Bagi kamu yang kecanduan menggunakan smartphone, bermain slime bisa menjadi solusi untuk melepaskan ketergantungan.

Hal ini disebabkan karena fungsi slime activator salah satunya adalah untuk menghilangkan rasa jenuh ataupun bosan. Pengalaman yang didapatkan saat membuat dan bermain slime, serta sensasi yang didapatkan melalui indra, akan membuat setiap orang berpikir bahwa ada mainan yang lebih menarik, terutama pada anak-anak.

3 dari 5 halaman

Fungsi Slime Activator (Melatih Kreativitas Anak dan Membersihkan Debu)

Melatih Kreativitas Anak

Fungsi slime activator tentunya juga dapat melatih kreativitas anak. Proses kreatif dalam mainan slime adalah ketika anak mencampur bahan-bahannya. Anak ingin mendapatkan slime yang seperti apa, terserah keinginannya. Warna, aroma, tingkat kelembekan, semuanya bergantung pada kreativitas pembuatnya.

Membersihkan Debu

Fungsi slime activator berikutnya adalah untuk membersihkan debu. Slime bisa digunakan untuk membersihkan debu khususnya di tempat-tempat yang sulit terjangkau. Sebagai contoh, kamu bisa menggunakan slime untuk membersihkan debu keyboard baik PC atau laptop. Bisa juga untuk membersihkan debu pada layar televisi, komputer, laptop, dan lainnya. Cara membersihkan debu laptop dan keyboard adalah dengan menaruh slime pada permukaan keyboard. Lalu, tunggu hingga slime melentur sampai ke tempat yang sulit dibersihkan, lalu angkat kembali.

4 dari 5 halaman

Cara Membuat Slime Activator dengan Garam dan Shampo

Berikut cara membuat slime activator dengan garam dan shampoo:

Bahan-bahan:

- Shampo (merk apa saja, tapi dianjurkan untuk menggunakan shampoo yang kental.

- Garam (hanya boleh garam halus supaya cepat tercampur).

- Cara membuat slime activator dengan garam dan shampo biasanya menggunakan obat sariawan GOM yang dijual di apotek.

Setelah bahan-bahan tersebut siap, selanjutnya sediakan wadah plastik dan pengaduk sebagai alatnya.

Cara membuat slime activator dengan garam dan shampo:

- Cara membuat slime activator dengan garam dan shampo pertama, masukan kita-kira 4 sendok makan shampoo ke dalam wadah dan tambahkan 2 sendok garam halus.

- Aduk supaya garam menyatu rata dengan shampoo. Pengadukan garam dan shampoo akan membuat shampoo menjadi semakin kental.

- Kemudian, tambahkan slime activator/GOM sekitar 1 sendok makan ke dalam adonan. Penambahan slime activator bertujuan agar slime nantinya stratchy, kenyal, dan tidak mudah patah.

- Cara membuat slime activator dengan garam dan shampo terakhir, masukan adonan ke dalam lemari es kurang lebih selama 20 menit.

- Slime dari garam dan shampo pun siap dimainkan.

5 dari 5 halaman

Cara Membuat Slime Activator dengan Tepung Kanji

Tepung kanji merupakan salah satu bahan yang digunakan untuk membuat slime activator karena sangat aman untuk anak-anak. Berikut cara membuat slime activator dengan tepung kanji:

Bahan-bahan:

- Air bersih kurang lebih 400 ml

- 2 Gelas tepung kanji / tepung tapioka

- Pewarna makanan 2 -3 sendok teh (sesuai dengan selera yang kamu inginkan)

- Minyak goreng setengah gelas

Cara Membuat Slime Activator dengan Menggunakan Tepung Kanji:

- Cara membuat slime activator pertama yang harus kamu lakukan adalah siapkan wadah berukuran sedang. Sebelum itu kamu harus membersihkan wadah tersebut terlebih dahulu.

- Kemudian masukkan tepung kanji ke dalam wadah tersebut. Ratakan supaya adonan mudah diuleni.

- Selanjutnya tuangkan air bersih secara perlahan-lahan sambil terus diaduk agar adonannya tidak menggumpal.

- Cara membuat slime activator selanjutnya masukkan minyak sayur ke dalam adonan. Aduk adonan sampai rata dan jangan lupa untuk mengecek ke kentalannya. Jika kurang cair, tambahkan air dan sedikit minyak lagi.

- Cara membuat slime activator terakhir, masukkan pewarna makanan ke dalam adonan slime. Aduk lagi sampai pewarna tadi tercampur rata dengan adonannya.

- Masukkan slime ke dalam plastik dan ikat dengan kuat.