Sukses

Aksi 5 Artis Indonesia Bantu Lawan Corona, Ada yang Capai Rp 2 Miliar

Liputan6.com, Jakarta Indonesia saat ini tengah waspada terhadap Virus Corona atau COVID-19. Bahkan, Badan Nasional Penanggunlangan Bencana (BNPB) menambah masa darurat corona dari 29 Februari hingga 29 Mei 2020 mendatang. Pasalnya, di beberapa daerah di Indonesia sudah memasuki status keadaan darurat, bahkan wabah corona juga masuk dalam bencana nasional.

Bahkan, hingga saat ini Rabu (18/3/2020) jumlah pasien positif corona di Indonesia telah mencapai 172 orang. Jumlah yang cukup melonjak sejak pasien pertama ini tentu saja membuat banyak orang perlu lebih waspada namun tetap tenang. Beberapa arahan dari pemerintah kepada masyarakat pun dilakukan. Mulai dari menjaga kesehatan hingga melakukan social distance.

Bertambahnya jumlah pasien corona di Indonesia sendiri membuat masyarakat harus saling tolong menolong agar tidak menambah jumlah daftar pasien positif corona. Bahkan, beberapa artis Tanah Air juga melakukan aksi bantu lawan corona.

Dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Rabu (18/3/2020) berikut ini beberapa aksi artis Indonesia bantu lawan COVID-19.

2 dari 6 halaman

1. Nikita Mirzani.

Dalam rangka ulang tahunnya yang ke-34 yang jatuh pada 17 Maret 2020 kemarin,  Nikita Mirzani memberikan sejumlah sumbangan untuk membantu masyarakat melawan corona. Wanita yang akrab disapa Nini ini diketahui menyumbangan uang tunai sebanyak Rp 100 juta. Hal ini diketahui dari unggahan video di akun Instagram pribadinya.

"Niki ada sedikit rezeki, Niki akan menyumbangkan Rp 100 juta uang Niki pribadi untuk membantu. Mudah-mudahan bisa mengurangi penyebaran virus Corona yang ada di Indonesia," ujar Nikita Mirzani.

Aksi Nikita Mirzani yang menyumbangkan sebagian rezekinya demi melawan virus corona di Indonesia pun mendapat pujian dari banyak pihak. Langkah ini menjadikan Nikita sebagai artis pertama di Indonesia yang membantu untuk melawan corona.

3 dari 6 halaman

2. Melanie Subono

Penyanyi sekaligus presenter Melanie Subono juga melakukan aksi bantu lawan virus corona. Melalui akun Instagram pribadinya @melaniesubono, dirinya membagikan masker gratis bagi masyarakat kurang mampu. Pasalnya selama beberapa hari terakhir diketahui jika harga masker melonjak drastis dan mulai sulit ditemukan. Melanie juga mengajak masyarakat lainnya untuk membantu melawan corona dengan cara yang sama.

Ia bahkan memperbolahkan masyarakat lain menyumbang masker yang nantinya akan didistribusikan. Bahkan, anak dari Adrie Subono ini menerima sumbangan dana, nantinya hasil sumbangan tersebut akan ia belikan masker yang harganya telah melonjak tinggi dan akan dibagikan kepada yang kurang mampu. Aksi dari Melanie Subono ini pun mendapat apresiasi dari banyak pihak.

4 dari 6 halaman

3. Uya Kuya

Presenter Uya Kuya juga melakukan aksi serupa. Suami Astrid Kuya ini menjual masker dengan harga Rp 2.000 per buah. Bahkan, dirinya pun hanya memperbolehkan seseorang membeli sebanyak dua buah saja. Hal ini dilakukan untuk membantu masyarakat lainnya yang kesulitan mencari masker.

Uya mengungkapkan jika dirinya membeli masker Rp 7.000 per buah sebelum kembali dijual Rp 2.000 per buah. Dirinya juga sebelumnya telah membagikan masker gratis ke masyarakat. Dilansir Liputan6.com dari MOP Channel, Rabu (18/3/2020) Uya Kuya mengaku tak lagi membagikan masker gratis karena tak ingin dimanfaatkan oleh orang yang tak bertanggungjawab.

5 dari 6 halaman

4. Rachel Vennya.

Selebgram Rachel Vennya juga turut melakukan aksi lawan corona. Melalui akun Instagram pribadinya, Rachel membuka donasi bagi masyarakat luas untuk membantu melawan COVID-19. Dari akun Instagram pribadinya, hasil donasi yang terkumpul nantinya akan dibelikan untuk masker, hand sanitizer, sarung tangan dan alat perlindungan diri (APD) untuk rumah sakit rujukan COVID-19.

Bahkan, diketahui hingga kini donasi yang terkumpul telah mencapai lebih dari Rp 2,1 miliar. Aksi Rachel Vennya ini pun mendapat apreasiasi dari banyak pihak. Bahkan, diketahui dari website kitabisa.com sebanyak lebih dari 53 ribu orang telah melakukan donasi bersama Rachel lawan virus corona.

6 dari 6 halaman

5. Atta Halilintar

Sama halnya dengan Rachel Vennya, Atta Halilintar juga membuka donasi untuk bantu lawan COVID-19. Melalui akun Instagram pribadinya, Atta pun membuka donasi panggilan kemanusiaan bersama lawan COVID-19.

Dari website kitabisa.com laman donasi yang dibuat oleh Atta Halilintar pun diketahui telah terkumpul dana sebanyak lebih dari Rp 49 juta. Nantinya, hasil donasi tersebut akan digunakan untuk membeli alat perlindungan diri (APD) bagi tenaga kesehatan serta sembako dan kebutuhan sehari-hari bagi masyarakat kurang mampu.