Sukses

Presiden Jokowi dan Iriana Negatif Covid-19, Ini 5 Faktanya

Hasil tes Presiden Jokowi dan Iriana dinyatakan negatif.

Liputan6.com, Jakarta Virus pandemi Covid-19 hingga kini masih menjadi fokus banyak kalangan di dunia. Virus yang berasal dari Kota Wuhan, China, tersebut masih berlangsung hingga kini dan sudah menyebar ke beberapa negara di Eropa, Amerika, sebagian Afrika dan Asia.

Tak terkecuali di Indonesia, sejak Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi dinyatakan positif virus Corona para petinggi negara lainnya pun melakukan tes pemeriksaan corona. Pemeriksaan tersebut dilakukan untuk memastikan kondisi para menteri Kabinet Indonesia Maju terkait penularan virus Corona. Termasuk, Presiden Joko Widodo dan ibu negara Iriana.

Joko Widodo dan Iriana melakukan tes  pemeriksaan pada Minggu (16/3/2020) sore. Setelah 3 hari,  Presiden Jokowi dan Ibu Negara Iriana Jokowi mengumumkan hasil tes deteksi Covid-19 Kamis pagi di Istana Bogor, (19/3/2020). 

Dari hasil yang diterima, keduanya dinyatakan negatif virus Corona. Dilansir dari berbagai sumber, berikut Liputan6.com ulas fakta hasil pemeriksaan tes Corona Jokowi dan Iriana, Kamis (19/3/2020).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

1. Hasil Tes Covid-19 Negatif

Setelah melakukan tes pada Minggu (16/3/2020), hasil tes deteksi Covid-19 Jokowi dan Irian dinyatakan negatif. 

"Saya dan Ibu Iriana sudah melaksanakan tes deteksi Covid-19 empat hari yang lalu, dan sudah keluar hasil tesnya. Alhamdulillah dinyatakan negatif,” ucap Jokowi.

Dalam kesempatan tersebut, Jokowi juga menyampaikan terima kasih dan apresiasi kepada tenaga medis yang sedang bekerja dan merawat para pasien yang terinfeksi Covid-19.

3 dari 6 halaman

2. Mengucapkan Terimakasih pada Tenaga Medis

Dalam kesempatan tersebut, Jokowi juga menyampaikan terima kasih dan apresiasi kepada tenaga medis yang sedang bekerja dan merawat para pasien yang terinfeksi Covid-19.

"Saya menyampaikan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya, kepada para dokter, para perawat dan seluruh jajaran rumah sakit, yang sedang bekerja keras penuh dedikasi dalam melayani dan merawat para pasien yang terinfeksi Covid-19,” kata Jokowi.

4 dari 6 halaman

3. Bekerja dari Rumah

Jokowi juga kembali mengimbau masyarakat untuk mencegah penyebaran Covid-19 dengan belajar dari rumah, bekerja dari rumah, dan ibadah di rumah.

"Semoga kita semua diberikan kesehatan yang prima,” Jokowi menandaskan.

Dengan semua langkah yang diambil pemerintah, Jokowi berharap penanganan Covid-19 bisa efektif dan efisien menjangkau semua lapisan masyarakat.

5 dari 6 halaman

4. Minta Tes Massal Covid-19 Segera Dilakukan

Presiden Joko Widodo atau Jokowi meminta kepada para tim satuan gugus tugas Covid-19 agar segera melakukan tes massal atau rapid tes dengan cangkupan yang cukup luas. Hal tersebut, kata Jokowi, untuk mencegah dan mendeteksi awal seseorang terpapar virus Corona.

"Segera lakukan rapid test dengan cakupan lebih besar agar deteksi dini indikasi awal seseorang terpapar Covid-19 bisa dilakukan," kata Jokowi saat membuka rapat terbatas terkait 'Laporan Tim Gugus Tugas Covid-19' melalui teleconference, di Istana Merdeka, Jakarta Pusat, Kamis (19/3/2020).

6 dari 6 halaman

5. Tokoh Agama Dilibatkan Cegah Penyebaran Covid-19

Tak hanya itu, Presiden Joko Widodo juga meminta agar lembaga dan tokoh-tokoh agama dilibatkan untuk mencegah penyebaran virus Corona atau Covid-19. Khususnya, mencegah potensi penyebaran virus Corona di kegiatan keagamaan.

"Selain itu, saya minta juga Gugus Tugas untuk mengajak lembaga-lembaga keagamaan, tokoh-tokoh agama untuk bersama-sama mencegah potensi penyebaran Covid-19 di kegiatan-kegiatan keagamaan," kata Jokowi saat memimpin rapat terbatas lewat video conference dari Istana Merdeka Jakarta, Kamis (19/3/2020).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Presiden Jokowi hibur anak-anak dengan atraksi sulap di peringatan Hari Anak Nasional, di Pekanbaru, Riau.
    Joko Widodo merupakan Presiden ke-7 Indonesia yang memenangi Pemilihan Presiden bersama wakilnya Jusuf Kalla pada 2014

    Jokowi

  • Corona Indonesia terjadi di awal bulan Maret 2020 lalu, dengan kasus dua orang warga Indonesia yang terkonfirmasi positif COVID-19.

    Corona Indonesia

  • Penyebaran Covid-19 ke seluruh penjuru dunia diawali dengan dilaporkannya virus itu pada 31 Desember 2019 di Wuhan, China

    COVID-19

  • Iriana

  • virus corona