Sukses

Cegah Corona, Ini 5 Potret Petugas Medis Meminta Semua Orang Tetap di Rumah

Liputan6.com, Jakarta Merebaknya virus corona di beberapa negara belakangan ini membuat masyarakat semakin khawatir. Jumlah orang yang tertular virus tersebut semakin bertambah setiap harinya. Dikutip dari www.worldometers.info/coronavirus, pada Kamis (19/3/2020) tercatat ada 225.647 kasus positif virus corona COVID-19 di seluruh dunia.

Di tengah merebaknya wabah virus corona atau Covid-19 ini, ada pahlawan-pahlawan yang berjuang dengan gigih meskipun beresiko tinggi tertular virus tersebut. Para pahlawan tersebut adalah tenaga medis yang bekerja keras dan tetap berada di garis depan mempertaruhkan kesehatan atau bahkan nyawanya untuk merawat pasien corona yang kian bertambah. 

Meningkatnya jumlah kasus COVID-19 membuat beberapa tenaga medis ini bekerja menangani pasien kasus corona agar segera sembuh dan meminimalisir penularannya. Meski dedikasi yang dilakukan oleh para tenaga medis tersebut sangat luar biasa, namun di sisi lain masih ada orang yang belum menyadari rentannya penularan virus corona. Orang-orang tersebut dengan mudahnya keluar rumah dan membentuk keramaian seakan tidak peduli dengan penularan virus tersebut.

Berbagai pihak telah mengimbau masyarakatnya untuk tinggal di rumah dan menghindari keramaian. Tim medis pun juga mengimbau agar masyarakat tinggal di rumah dan menghindari berkumpul dengan banyak orang.

Bahkan di Malaysia viral aksi dokter dan perawat di media sosial menyampaikan permohonannya kepada publik, agar tetap tinggal di rumah sebagai wujud dukungan kepada tim medis untuk melakukan pekerjaannya di rumah sakit demi kebaikan semua orang. Para tenaga medis ini membuat tulisan tagar #stayhome dan #dudukrumah disertai dengan foto staf medis memegang kertas yang berisi berbagai permintaan kepada publik seperti 'saya tetap bekerja demi anda, anda tetap di rumah demi kami'.

Pria yang memulai aksi ini adalah seorang dokter bernama Gee Teak Sheng dari Rumah Sakit Pantai, Penang. Selain tim medis, warga Malaysia dari sektor lain juga bergabung dengan harapan dapat menyebarkan kesadaran kepada publik. Sebagai bentuk dukungan kepada orang-orang yang bertugas menangani virus corona tersebut, sebaiknya masyarakat mengikuti imbauan yang diberikan untuk tidak beraktivitas di luar rumah dan tidak berkumpul dalam jumlah banyak untuk sementara waktu. Berikut potret tulisan para petugas meminta semua orang untuk tetap di rumah dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Jumat (20/3/2020).

2 dari 6 halaman

1. Seorang dokter dan perawat di sebuah rumah sakit di Malaysia mengunggah sebuah foto tulisan yang meminta untuk semua orang tetap di rumah.

3 dari 6 halaman

2. Meski harus bekerja dari pagi hingga malam, tim medis rela menangani pasien virus corona.

4 dari 6 halaman

3. Para petugas ini juga memegang sebuah tulisan yang memberikan imbauan masyarakat untuk tetap di rumah.

5 dari 6 halaman

4. Para petugas membuat tulisan ini agar dapat menyebarkan kesadaran kepada publik pentingnya tetap di rumah.

6 dari 6 halaman

5. Selain tenaga medis, dari sektor lain juga bergabung dengan harapan dapat menyebarkan kesadaran kepada publik.