Sukses

Gejala PMS Berapa Hari Sebelum Haid, Kenali Tandanya

Liputan6.com, Jakarta Gejala PMS berapa hari sebelum haid merupakan kondisi yang umum dialami wanita. PMS atau premenstrual syndrome bisa mempengaruhi lebih dari 90 persen wanita haid. Penyebab pasti gejala PMS berapa hari sebelum haid masih belum diketahui.

Gejala PMS berapa hari sebelum haid dikaitiakn dengan perubahan alami hormon, terutama estrogen dan progesteron. Peningkatan hormon ini dapat menyebabkan perubahan suasana hati, kecemasan, dan lekas marah.

Gejala PMS berapa hari sebelum haid bisa memengaruhi emosi, kesehatan fisik, dan perilaku wanita dalam siklus haidnya. Gejala PMS umumnya muncul beberapa hari sebelum haid. Gejala PMS bisa muncul 5 hingga 11 hari sebelum haid dan akan berangsur hilang saat haid dimulai.

Sebagian besar gejala PMS berapa hari sebelum haid bersifat ringan, namun sebagian lagi bisa parah dan mengganggu aktivitas sehari-hari. Gejala PMS berapa hari sebelum haid juga bisa dikenali dengan mudah.

Berikut 10 gejala PMS berapa hari sebelum haid, dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Jumat (20/3/2020).

2 dari 6 halaman

Gejala PMS berapa hari sebelum haid

Kram perut

Kram perut merupakan gejala PMS berapa hari sebelum haid yang khas. Nyeri ini biasa terasa di perut bagian bawah. Rasa kram dan pegal juga bisa menjalar ke punggung dan paha bagian atas.

Kram perut atau yang juga disebut dismenore primer bisa terasa pada hari-hari menjelang haid dan berlangsung selama beberapa hari atau lebih lama setelah haid dimulai. Kram perut bisa berkisar antara nyeri ringan hingga rasa sakit hebat yang mengganggu aktivitas.

Kelelahan

Menjelang haid, hormon akan berubah dan kelelahan akan sering terjadi. Perubahan mood juga bisa membuat rasa lelah lebih buruk.

Selama menjelang haid wanita juga bisa kesulitan tidur yang bisa memperburuk kelelahan di siang hari. Hormon progesteron lah yang menyebabkan kelelahan sebelum haid berlangsung. Kelelahan biasanya hilang saat haid dimulai.

3 dari 6 halaman

Gejala PMS berapa hari sebelum haid

Jerawat

Hampir 50% wanita memiliki peningkatan jerawat sekitar seminggu sebelum haid dimulai. Jerawat merupakan gejala PMS berapa hari sebelum haid biasanya muncul di bagian dagu dan rahang. Namun, jerawat juga bisa muncul di bagian lain bahkan di punggung atau area tubuh lainnya.

Jerawat terjadi akibat perubahan hormon selama siklus haid. Saat telur tidak dibuahi, estrogen dan progesteron menurun dan androgen, seperti testosteron, sedikit meningkat. Androgen merangsang produksi sebum yang dapat memicu jerawat.

Nyeri payudara

Perubahan pada payudara juga merupakan gejala PMS berapa hari sebelum haid yang bisa dikenali. Perubahan hormon yang berlangsung menjelang haid membuat kelenjar susu di payudara membesar dan menyebabkan nyeri dan bengkak pada payudara. Payudara akan terasa nyeri dan membesar sebelum haid dimulai dan menjadi lebih baik setelah haid dimulai.

4 dari 6 halaman

Gejala PMS berapa hari sebelum haid

Kembung

Kembung bisa disebabkan banyak hal seperti makanan atau gas. Kembung juga bisa menjadi salah satu gejala PMS berapa hari sebelum haid.

Perubahan kadar estrogen dan progesteron dapat menyebabkan tubuh menahan lebih banyak air dan garam dari biasanya. Ini bisa menyebabkan perut kembung. Kembung bisa hilang dengan sendirinya setelah dua atau tiga hari setelah haid dimulai.

Masalah pencernaan

Menjelang haid, usus juga bisa sensitif terhadap perubahan hormon. Prostaglandin yang menyebabkan kontraksi rahim juga dapat menyebabkan kontraksi terjadi di usus. Ini membuat munculnya masalah pencernaan beberapa hari sebelum haid.

Saat menstuasi, wanita juga mungkin lebih sering BAB. Masalah pencernaan ini bisa berupa diare, mual, gas. Ini membuat munculnya masalah pencernaan beberapa hari sebelum haid.

5 dari 6 halaman

Gejala PMS berapa hari sebelum haid

Sakit kepala

Sakit kepala PMS biasanya disebabkan oleh penurunan estrogen dan progesteron yang terjadi sebelum menstruasi dimulai. Kadar hormon yang berfluktuasi menjelang haid bisa menyebabkan sakit kepala dan migrain.

Estrogen dapat meningkatkan kadar serotonin yang bisa memicu migrain. Ketika serotonin dalam otak rendah, pembuluh darah bisa menyempit, menyebabkan sakit kepala. Lebih dari 50% wanita akan merasakan sakit kepala atau migrain sebelum, selama, atau segera setelah haid.

Sakit pinggang

Bagi sebagian orang, nyeri pinggang yang parah merupakan gejala yang sering terjadi. Ini mungkin terkait dengan peningkatan peradangan selama menstruasi.

Kontraksi uterus dan perut yang dipicu oleh pelepasan prostaglandin juga dapat menyebabkan kontraksi otot terjadi di pinggang. Rasa nyeri dan tertarik bisa terjadi akibat perubahan hormon ini.

6 dari 6 halaman

Gejala PMS berapa hari sebelum haid

Mood swing

Merasa mudah tersinggung, cemas, atau sedih sering terjadi beberapa hari sebelum haid. Ini disebabkan oleh estrogen dan progesteron yang berfluktuasi.

Gejala PMS ini biasanya hilang begitu menstruasi dimulai. Menjelang haid, wanita juga bisa merasakan menangis tanpa alasan dan hipersensitivitas emosional.

Masalah tidur

Gejala PMS berapa hari sebelum haid seperti kram perut, sakit kepala dan mood swin dapat memengaruhi kualitas tidur. Gejala PMS yang ada bisa membuat wanita sulit untuk tidur.

Selama periode ini suhu tubuh bisa naik sekitar setengah derajat setelah ovulasi dan tetap tinggi sampai haid dimulai. Kenaikan setengah derajat ini dapat mengganggu kemampuan untuk beristirahat dengan nyaman.