Sukses

Manfaat Minyak Kelapa untuk Rambut Beruban dan Cara Penggunaannya

Liputan6.com, Jakarta Manfaat minyak kelapa untuk rambut beruban sedang menjadi pembicaraan banyak orang. Pasalnya masalah rambut beruban sekarang tidak berdasar pada usia. Namun bisa disebabkan karena faktor genetik, polusi udara, faktor penyakit, stres, asap rokok, dan perubahan hormon. 

Nah karena beberapa faktor inilah yang kemudian membuat banyak orang tidak percaya diri dengan penampillannya, terutama anak muda. Selain sudah muncul uban, mereka juga tidak suka jika rambutnya harus dicat dengan pewarna rambut. Sehingga mereka lebih mengandalkan manfaat minyak kelapa untuk rambut beruban.

Meskipun manfaat minyak kelapa untuk rambut beruban masih perlu dikaji ulang, tetapi sejak dulu manfaat minyak kelapa untuk rambut beruban sudah seringkali diterapkan loh. Jadi tidak ada salahnya jika ingin menggunakan minyak kelapa untuk dijadikan masker rambut. Karena jika tidak cocokpun, minyak kelapa ini tidak memberikan efek samping yang dapat membahayakan tubuh pemakainya.

Tidak hanya bermanfaat untuk rambut beruban, karena sebenarnya ada banyak sekali manfaat yang didapat dari penggunaan minyak kelapa ini. Di dalam minyak kelapa memang mengandung lemak jenuh yang tinggi, tapi itu tidak menjadi masalah.

Nah selain itu manfaat minyak kelapa untuk rambut beruban agar benar-benar bisa maksimal, alangkah lebih baik jika menggunakan minyak kelapa yang murni. Karena minyak kelapa yang baik memang yang murni atau virgin coconut oil (VCO). VCO diekstrak dari kelapa yang masih segar tanpa menggunakan tambahan bahan kimia dan tanpa suhu tinggi. Hal ini dilakukan agar kandungan alami seperti senyawa phenolic, tidak rusak. 

Berikut cara membuat minyak kelapa sendiri, agar manfaat minyak kelapa untuk rambut berubah bisa lebih maksimal dirasakan yang sudah Liputan6.com, Rabu (1/4/2020) rangkum dari berbagai sumber.

2 dari 5 halaman

Cara Membuat Minyak Kelapa Sendiri: Merebus Kelapa

Pertama, siapkan empat gelas air mineral yang kemudian dipanaskan di atas kompor. Tunggu hingga beruap.

Kedua, siapkan dua butir kelapa tua yang kemudian diparut.

Ketiga, campurkan parutan kelapa dengan air yang sudah dipanaskan. Lalu blender keduanya.

Keempat, saring kelapa yang sudah diblender dengan saringan yang rapat. Tujuannya agar santan yang dihasilkan lebih banyak.

Kelima, rebus santan pada suhu yang sedang. Artinya panaskan di atas kompor dengan api yang sedang.

Keenam, aduk santan hingga air mendidih, beruap, dan menjadi krim berwarna cokelat. Saat sudah berubah menjadi berwarna cokelat, minyak kelapa akan terlihat.

Ketujuh, proses pengadukan ini akan memakan waktu hingga satu jam.

Kedelapan, minyak kelapa siap digunakan dan manfaat minyak kelapa untuk rambut beruban, bisa segara dirasakan.

3 dari 5 halaman

Cara Membuat Minyak Kelapa Sendiri: Menyaring Kelapa

Pertama, siapkan kelapa yang sudah tua.

Kedua, potong daging kelapa yang sudah disiapkan. Potong kecil-kecil.

Ketiga, blender kelapa yang sudah dipotong. Blender dengan menambahkan air sedikit. Dan tunggu sampai kelapa benar-benar halus.

Keempat, saring hasil kelapa yang sudah diblender. Gunakan saringan yang rapat agar santan menjadi lebih banyak.

Kelima, pindahkan santan ke dalam toples.

Keenam, diamkan santan yang ada di dalam toples selama 24 jam. Tujuannya agar santan dan minyak kelapa bisa terpisah.

Ketujuh, pindahkan santan yang ada di dalam toples ke dalam lemari es. Atau bisa juga di simpan di ruangan yang dingin. Tujuannya agar dadih akan lebih cepat terbentuk.

Kedelapan, setelah dadih terbentuk kemudian buang dadih dari minyak kelapa.

Kesembilan, minyak kelapa siap digunakan dan manfaat minyak kelapa untuk rambut beruban, bisa segara dirasakan.

4 dari 5 halaman

Cara Membuat Minyak Kelapa Sendiri: Mengendapkan Kelapa

Pertama, siapkan kelapa yang sudah tua. Atau bisa menggunakan kelapa segar dan kelapa parut tawar yang dijual di pasar.

Kedua, potong kelapa yang sudah tua dan jika menggunakan kelapa segar juga potong kecil-kecil.

Ketiga, jika menggunakan kelapa segar lebih baik jemur atau keringkan terlebih dahulu selama satu hari. Namun jika menggunakan kelapa parut, pastikan menggunakan jenis kelapa dengan permukaan yang kasar.

Keempat, masukkan kelapa ke dalam juicer sedikit demi sedikit. Tujuannya agar proses pemisahan kelapa dengan minyak kelapa berjalan dengan lancar dan lebih cepat.

Kelima, jika semua kelapa sudah dimasukkan, ulangi sekali lagi agar semua minyak kelapa benar-benar keluar.

Keenam, tuang hasil juicer ke dalam toples dan simpan toples di tempat dengan suhu yang hangat. Simpan selama seharian penuh atau hitung saja selama 24 jam.

Ketujuh, minyak kelapa akan muncul ke permukaan dan lapisan kental akan mengendap di bawahnya.

Kedelapan, pisahkan minyak kelapa dengan endapan yang ada di dasar toples ke dalam wadah baru.

Kesembilan, minyak kelapa siap digunakan dan manfaat minyak kelapa untuk rambut beruban, bisa segara dirasakan.

5 dari 5 halaman

Penggunaan Minyak Kelapa Menurut Ahli

Minyak kelapa ini memang dipercaya memiliki banyak sekali manfaat. Bahkan minyak kelapa ini juga sudah sejak lama digunakan oleh manusia.

Namun penelitian mengenai manfaat minyak kelapa belum bisa dibuktikan dan masih harus dikaji ulang.

Maka dari itu, meskipun boleh memanfaatkan minyak kelapa tetapi jangan terlalu mengandalkannya untuk meningkatkan kesehatan tubuh manusia, utamanya jika ingin dimanfaatkan untuk rambut beruban.

Akan lebih baik jika menerapkan pola hidup sehat seperti makan makanan yang bergizi dan rutin berolahraga setiap hari. Atau bisa juga mengonsultasikannya dengan tenaga medis sebelum menggunakannya.