Sukses

Cegah Penularan Covid-19 di Tempat Umum, Negara Ini Sediakan Cotton Bud di Lift

Negara ini sediakan cotton bud untuk tekan tombol lift.

Liputan6.com, Jakarta Virus corona covid-19 memaksa sejumlah aparat pemerintah di berbagai negara di dunia harus mengambil langkah cepat dan tepat untuk menekan angka pasien terinfeksi. Tercatat sudah ada 276.125 orang terinfeksi, 11.404 meninggal dunia serta 91.952 orang dinyatkan sembuh di seluruh dunia, dikutip dari World Meters. 

Penyebaran virus Corona covid-19 yang kini disebut sebagai pandemi dunia menjadi fokus seluruh dunia saat ini. Sejumlah kebijakan dikeluarkan demi mencegah penyebaran dengan cara mengioslasi, karantina hingga lockdown.

Penyebaran virus Corona yang melalui sentuhan dengan objek yang terinfeksi menjadi salah satu alasannya. Maka dari itu, banyak masyarkaat yang mulai menghindari bersentuhan dengan benda-benda di tempat umum dan dianjurkan untuk selalu mencuci tangan.

Salah satu fasilitas yang kerap digunakan banyak orang adalah lift. Tombol lift menjadi salah satu media yang bisa menjadi perantara virus Corona covid-19 menyebar dari satu orang ke orang lain. Menindak lanjuti hal tesebut salah satu negara yaitu Singapura, memiliki cara unik untuk tidak bersentuhan langsung saat menekan tobol lift. Mereka menyediakan cutton bud.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Sediakan Cutton Bud di Lift

Dilansir dari Mothership oleh Liputan6.com, (21/3/2020) Singapura menjadi negara yang juga terpapar virus Corona atau Covid-19. Tercatat jika Singapura terdapat 385 kasus Corona, 2 orang meninggal dunia dan 131 sembuh, dikutip dari World Meters.

Singapura meminta warganya untuk mengisolasi diri di tengah kepungan Corona. Berupaya turut menekan angka kasus di negara berjulukan Kota Singa itu, sekelompok relawan memiliki ide kreatif dan unik.

Mereka menempatkan puluhan cotton bud yang diletakan di dekat tombol lift. Aksi tersebut dilakukan oleh sebuah lembaga relawan bernama Volunteer Community Patrol. Aksi mereka diketahui lewat akun Facebook resminya pada Rabu (18/3/2020) lalu. Relawan tersebut menyematkan puluhan cotton bud dan juga menyediakan tempat khusus untuk tempat sampahnya.

3 dari 4 halaman

Upaya Menjaga Kesehatan Masyarakat

Relawan mengimbau dan menyarankan untuk para penghuni yang menggunakan lift, menggunakan cutton bud untuk menekan tombol. Cutton bud itu dipergunakan sekali pakai sehingga mereka dapat membuang ke tempat yang juga sudah disediakan.

Kelompok relawan tersebut juga meyakinkan netizen bahwa mereka mengenakan sarung tangan untuk mencegah kontaminasi cotton bud selama prosedur pemasangan di lift. Relawan yang memposting foto juga menambahkan bahwa dirinya saat ini sehat dan meyakinkan masyarakat bahwa relawan tidak akan membahayakan kesehatan masyarakat.

4 dari 4 halaman

Viral di Media Sosial

Unggahan yang diposting pada Rabu (18/3/2020) lalu itu lalu viral di media sosial Singapura. Terlihat hampir postingan tersebut dibagikan 765 kali.

Kelompok relawan saat ini mencari lebih banyak sukarelawan untuk bergabung dengan mereka. Sehingga kelompok itu dapat memperluas jangkauan mereka ke lebih banyak lift di Singapura. Meski demikian, mereka tak tahu apakah penggunaan cotton bud bisa bertahan lama.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini