Sukses

6 Cara Mengatasi Lemari Berjamur Secara Alami, Bahannya Mudah Ditemukan

Jamur bisa muncul di lemari kayu karena kondisinya terlalu lembap.

Liputan6.com, Jakarta Lemari berbahan kayu cukup banyak diminati. Hal ini dikarenakan model dan bahannya yang sederhana dan harganya yang relatif murah. Namun, lemari bahan kayu cenderung berjamur.

Jamur bisa muncul di lemari kayu karena kondisinya terlalu lembap dan memang sangat rentan ditumbuhi jamur. Jamur yang terdapat pada lemari dapat merusak kualitas barang-barang yang disimpan di dalamnya seperti pakaian, perabotan, atau bahkan makanan.

Tak perlu panik dan membuang lemari kayu kamu. Ada beberapa cara mengatasi lemari berjamur secara alami yang bisa kamu lakukan. Beberapa cara mengatasi lemari berjamur tersebut dapat menghilangkan sekaligus mencegah jamur datang kembali.

Berikut beberapa cara mengatasi lemari berjamur secara alami yang telah Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Minggu (22/3/2020).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

Jeruk Nipis dan Garam

Cara mengatasi lemari berjamur secara alami pertama dengan jeruk nipis dan garam. Gunakan kedua bahan tersebut untuk kemudian dijadikan larutan dari perasan jeruk nipis dan garam dapur.

Setelah larutan jeruk nipis dan garam jadi, gunakan sikat gigi bekas dan celupkan sikat tersebut ke dalam larutan air jeruk nipis dan garam. Kemudian, lanjutkan dengan menggosok bagian lemari yang berjamur dengan sikat gigi tersebut.

3 dari 7 halaman

Air dan Cuka

Cara mengatasi lemari berjamur secara alami berikutnya dengan menggunakan air dan cuka. Penggunaan air untuk campuran larutan ini diperlukan agar kandungan asam pada cuka tidak terlalu tinggi.

Cara menggunakannya, cukup usapkan larutan air dan cuka ke bagian lemari yang berjamur. Kemudian keringkan dengan kain bersih yang kering.

Perlu diwaspadai bahwa cara ini dapat memudarkan warna asli lemari. Namun, kamu bisa menggunakannya dengan hati-hati untuk menghilangkan jamur dan mencegahnya datang kembali.

4 dari 7 halaman

Mengoleskan Alkohol pada Sisi Lemari

Cara mengatasi lemari berjamur secara alami selanjutnya dengan mengoleskan alkohol pada sisi lemari. Untuk melakukannya, pastikan hilangkan jamur di lemari terlebih dahulu menggunakan lap kering.

Setelah itu, lanjutkan dengan mengoleskan alkohol ke seluruh sisi lemari yang berjamur. Alkohol berfungsi untuk membasmi jamur dan mencegah jamur kembali tumbuh pada lemai kayu.

Kamu bisa menggunakan alkohol 70%-80% dan tuangkan pada kapas. Setelah itu, usapkan kapas ke seluruh bagian lemari, baik yang berjamur ataupun yang tidak berjamur.

5 dari 7 halaman

Meletakkan Kamper di Dalam Lemari

Cara mengatasi lemari berjamur lainnya dengan meletakkan kamper atau kapur barus. Selain mengharumkan bagian dalam lemari, kamper juga bisa mencgah pertumbuhan jamur pada serat-serat kayu.

Cara melakukannya dengan membersihkan terlebih dahulu jamur di lemari. Kemudian letakkan kamper ke dalam lemari. Kamu bisa melapisi kamper sebelum memasukkannya ke dalam lemari pakaian atau makanan.

6 dari 7 halaman

Melapisi Lemari dengan Pernis

Pernis kerap digunakan sebagai tahap akhir sebelum lemari kayu benar-benar bisa digunakan. Namun, cara tersebut tidak sepenuhnya bisa mencegah pertumbuhan jamur ketika kamu mulai menggunakan lemari tersebut.

Lemari yang tetap dihinggapi jamur, maka kamu bisa membersihkannya dengan kain terlebih dahulu. Lalu segera lapisi setiap sisi lemari kayu dengan pernis atau melamin. Cara ini berguna untuk mematikan jamur dan mencegahnya datang kembali.

7 dari 7 halaman

Menggunakan Alas di Dalam Lemari

Cara mengatasi lemari berjamur secara alami selanjutnya dengan menggunakan alas. Jamur kerap tumbuh pada serat-serat kayu lemari. Untuk menghilangkan dan mencegahnya datang kembali, kamu bisa melapisi bagian dalam lemari dengan Koran atau plastik bening.

Namun, sebelumnya kamu perlu membersihkan jamur yang menempel pada lemari terlebih dahulu. Penggunaan alas dari Koran atau plastik dapat mencegah pertumbuhan jamur secara efektif.

Selain itu, alas tersebut juga dapat mencegah kayu lemari bersentuhan langsung dengan barang-barang yang berpotensi menimbulkan jamur seperti cairan atau makanan. Pastikan untuk mengganti alas tersebut dalam beberapa waktu untuk memastikan bahwa bagian dalam lemari tetap bersih agar terhindar dari jamur.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini