Sukses

Cara 12 Zodiak Atasi Rasa Kecewa, Hati-Hati Ada yang Jadi Pendendam

Liputan6.com, Jakarta Kekecewaan merupakan sesuatu yang telah kita pelajari sejak masih kecil. Hal-hal itu bisa berupa rasa sakit akibat janji yang tak ditepati, atau ekspektasi yang tak terpenuhi. Bahkan, bisa berupa sebuah kebenaran yang akhirnya terungkap. 

Kita telah mempelajari berbagai cara untuk mengatasi kekecewaan ketika kita beranjak dewasa. Pada saat masih kecil, mungkin ketika merasa kecewa kita akan mengekspresikan dengan cara menunjukkan emosi secara langsung atau menangis. Tapi ketika mulai beranjak dewasa, kita mengetahui bahwa hal tersebut tak lagi bisa relevan. Kita mulai berpura-pura bahwa tak ada sesuatu yang terjadi. Seolah-olah kekecewaan sama sekali tak mengganggu kita.

Kekecewaan sering kali dijadikan sebuah motivasi untuk bergerak lebih maju. Membuat kita belajar dari luka, tak peduli seberapa perih, hanya diri sendiri yang bisa mengatasi hal tersebut. Meskipun ada beberapa orang yang menjadikan kekecewaan sebagai alasan dari kehancuran.

Dalam astrologi, berdasarkan kepribadian masing-masing, setiap zodiak memiliki caranya sendiri untuk mengatasi kekecewaan. Berikut merupakan ulasan selengkapnya, dilansir dari berbagai sumber oleh Liputan6.com, Senin (23/3/2020).

2 dari 7 halaman

Aries dan Taurus

Aries (21 Maret 21 - 19 April)

Aries memiliki semangat dan optimisme yang tinggi, sehingga mereka tak akan membiarkan energi negatif terus merusak hari mereka. Ketimbang fokus dengan rasa kecewa dan sakit hati, zodiak ini lebih memilih untuk mencari pelampiasan.

Bahkan Aries tidak akan segan untuk bergabung ke dalam beberapa tantangan baru. Misalkan saja seperti keluar dari zona nyaman, atau memulai proyek yang baru. Jika Aries sudah fokus kepada passion mereka, rasa kecewa hanya bagaikan angin lalu.

Taurus (20 April 20 - 20 Mei)

Taurus merupakan zodiak yang presisten. Sehingga ia tak akan membiarkan rasa kecewa merusak hari-harinya. Setelah merasakan sebuah kekecewaan, Taurus akan lebih memilih menunjukkan rasa iba dan kebaikan hati. Ia cenderung memaafkan hal tersebut, agar bisa memaafkan dirinya sendiri.

3 dari 7 halaman

Gemini dan Cancer

Gemini (21 Mei - 20 Juni)

Bagi Gemini, diam di rumah dan meratapi rasa kekecewaan bukanlah jawaban. Ketika merasa sedih, mereka akan langsung menghubungi keluarga maupun sahabat untuk menceritakan rasa kecewa yang ia alami. Baginya, jika rasa tersebut terus ia pendam sendiri, maka dapat merusak masa depan dan berbagai rencana yang telah tersusun rapi.

Cancer (21 Juni - 22 Juli)

Bagi Cancer, perasaan adalah segalanya. Cancer dikenal sebagai zodiak yang sangat sensitif, mereka mengambil berbagai keputusan menggunakan hati, dan jika perasaan sedang buruk maka bisa mempengaruhi rencana mereka.

Cancer selalu enggan untuk meninggalkan zona nyaman. Tentu saja sekali dikecewakan, maka jangan harap mereka akan memberikan kesempatan kedua. Baginya kekecewaan bukanlah zona nyaman, untuk kembali ke zona nyaman, maka ia harus memangkas penyebab rasa kecewa itu sendiri.

4 dari 7 halaman

Leo dan Virgo

Leo (23 Juli - 22 Agustus)

Seperti kebanyakan dari kita, Leo selalu merasakan kekecewaan setiap hari dalam berbagai cara. Namun, Leo tak lantas membuat hal tersebut alasan mereka jatuh. Mereka akan lebih fokus ke masa depan dan terus berjalan seolah-olah tak terjadi apapun. Baginya rasa kecewa adalah proses pendewasaan diri. Sehingga mereka merasa bahwa rasa kecewa bukanlah sebuah hal yang buruk.

Virgo (23 Agustus - 22 September)

Virgo sangat mengerti bahwa rasa kecewa merupakan bagian dari kehidupan. Ketika mereka merasa kecewa, mereka akan menjadikan hal tersebut sebagai pembelajaran. Mereka akan beradaptasi, dan menjadikan hal tersebut tumpuan untuk menata masa depan. Kuncinya adalah ambil hikmah dari permasalahan yang ada, meskipun tidak nampak secara jelas. 

5 dari 7 halaman

Libra dan Scorpio

Libra (23 September - 22 Oktober)

Libra sering kali menganggap bahwa rasa kecewa adalah sebuah persoalan yang sangat penting. Mereka merasa bahwa telah bijak dalam mengambil keputusan, namun ternyata kehidupan tak berjalan sesuai dengan ekspektasi. Maka dari itu, setiap merasakan kekecewaan Libra akan mengambil banyak langkah mundur supaya merasa lebih baik.

Scorpio (23 Oktober - 21 November)

Tak seperti dugaan orang-orang, Scorpio sebenarnya adalah orang yang sensitif. Namun mereka lebih memilih untuk menyembunyikan perasaan mereka. Ketika merasa kecewa, seringkali diam-diam ia akan merencanakan pembalasan dendam supaya merasa lebih baik. 

6 dari 7 halaman

Sagitarius dan Capricorn

Sagitarius (22 November - 21 Desember)

Untuk mengatasi kekecewaan, Sagitarus biasanya membuat sebuah rencana. Hal ini mereka lakukan supaya mereka memiliki pegangan hidup, agar tak kembali dibayangi rasa sakit karena kecewa. Sagitarus senang dengan hal-hal baru yang mungkin bisa menjamin kebahagiaan mereka.

Capricorn (22 Desember - 19 Januari)

Capricorn adalah zodiak yang spontan tapi bijaksana sekaligus. Sehingga sebuah kekecewaan tak akan langsung berdampak pada mereka. Capricorn pada umumnya memiliki banyak back-up plans ketika sebuah rencana tak berjalan sesuai dengan keinginan. Maka dari itu, bagi mereka tak ada waktu untuk meratapi kesalahan.

7 dari 7 halaman

Aquarius dan Pisces

Aquarius (20 Januari - 18 Februari)

Sebagai pribadi yang kreatif dan inovatif, Aquarius dapat mengatasi rasa kecewa dengan mudah. Mereka tak pernah menaruh rasa kepada sesuatu secara berlebihan, sehingga ketika harus dikecewakan, ya sudah biarlah terjadi. Mereka tak berpaku pada sebuah kesalahan, mereka lebih fokus kepada bagaimana cara memperbaikinya.

Pisces (19 Februari - 20 Maret)

Ketika Pisces merasa kecewa, mereka akan sedikit tenggelam dalam rasa tersebut. Pisces memang dikenal sebagai zodiak yang selalu emosional, namun hal tersebut tentunya tak menjadi penghalang bagi mereka. Jika harus menghadapi rasa sedih, Pisces lebih memilih untuk menyibukkan diri dengan berpartisipasi hal yang membuat mereka lupa terhadap alasan mereka kecewa.