Sukses

6 Cara Mengatasi Motor Mogok Saat Hujan, Jangan Panik

Pada saat musim hujan, banyak motor yang mengalami kondisi mogok.

Liputan6.com, Jakarta Cara mengatasi motor mogok saat hujan harus diketahui dan dipersiapkan dari sekarang. Pasalnya, di musim hujan banyak kejadian motor mogok.

Di saat berkendara dengan motor pada cuaca hujan, tentu banyak hal yang perlu dipersiapkan agar kita tetap kering sesampainya di tujuan. Beragam cara dilakukan mulai dari menggunakan jas hujan hingga rela berteduh menunggu hujan reda. Tetapi jangan lupakan hal terpenting, yaitu persiapan saat motor mengalami masalah.

Banyak motor yang akhirnya mogok karena digunakan pada saat hujan. Hal tersebut karena motor terendam genangan air yang cukup tinggi hingga masuk ke area mesin, sehingga menyebabkan motor menjadi mogok. Oleh sebab itu penting bagi semua orang untuk mengetahui cara mengatasi motor mogok saat hujan.

Genangan air ini tentunya dapat menyebabkan kerusakan dan akhirnya motor menjadi mogok, mulai dari pengapian yang basah, saringan udara yang ikut basah, atau yang paling parah dikarenakan korsleting kelistrikan di motor dapat timbul karena terkena genangan air.

Lalu seperti apa tahapan cara mengatasi motor mogok saat hujan? Dibawah ini Liputan6.com, Senin (23/3/2020), telah merangkum beberapa tips cara mengatasi motor mogok karena hujan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

1. Amati dan cari tahu penyebab motor mogok

Hal yang sangat penting dan yang pertama kali harus dilakukan sebagai cara mengatasi motor mogok saat hujan adalah dengan mengamati dan memastikan penyebab motor mogok. Jangan lupa posisikan motor seaman mungkin dan ditempat yang cukup kering, hal ini untuk mencegah agar air tidak menghantarkan listrik yang dapat terkena tubuh kita. Lalu, pilih tempat yang agak longgar dan tidak banyak orang maupun kendaraan lewat, supaya konsentrasi tidak terganggu.

3 dari 7 halaman

2. Cek Busi

Setelah keadaan sekitar sudah mulai kondusif, hal selanjutnya yang perlu diperhatikan sebagai bagian dari cara mengatasi motor mogok saat hujan adalah dengan melihat bagian busi. Busi sebagai sumber pengapian haruslah dalam keadaan yang kering. Jika busi ternyata basah hal ini dapat menyebabkan motor menjadi mogok.

Lepaskan busi pada motor dan coba dikeringkan. Karena itu, pengendara diimbau untuk selalu membawa kunci busi untuk mengantisipasi hal yang tidak diinginkan. Jika busi basah akibat air hujan yang masuk, motor bisa mati mendadak karena percikan api dari busi menjadi lemah. Cara memeriksa keadaan busi yaitu dengan membuka dan lihat pada bagian kepala busi apakah ada sisa oli yang menempel atau tidak.

Kemudian lakukan cek volume oli, jika volume oli berkurang segera tambahkan sampai batas maksimal. Setelah motor yang terendam banjir dikeringkan, coba gunakan kick starter tanpa busi menancap pada motor. Lakukan beberapa kali dan setelah itu pasang kembali busi.

4 dari 7 halaman

3. Cek Saringan Udara

Penyebab mogok lainnya dikarenakan saringan udara terkena air. Tahap ketiga dari cara mengatasi motor mogok saat hujan yang selanjutnya adalah dengan melakukan cek pada saringan udara.

Saringan udara perlu dicek apakah basah atau tidak. Saringan udara ini terhubung dengan karburator atau injector. Apabila di dalamnya terdapat banyak air, tentu menjadi hal yang wajar apabila motor tidak dapat menyala.

5 dari 7 halaman

4. Cek Knalpot

Mungkin tidak banyak yang tahu jika knalpot dapat menjadi penyebab motor mogok. Knalpot sebagai sarana pembuangan gas juga wajib terhindar dari air. Apabila pengendara tiba-tiba mengurangi gas di tengah banjir, knalpot dengan otomatis menghisap air di sekitarnya, terutama jika posisi lubang knalpot sudah sejajar atau bahkan terendam oleh air. Hal ini menjadi salah satu penyebab motor menjadi mogok.

Solusi untuk mengatasi hal ini yakni dengan gunakan standar tengah pada motor, dan posisikan ujung knalpot lebih rendah dari pangkalnya.

Jika motor yang digunakan tidak memiliki standar tengah, terutama motor sport, maka solusinya adalah dengan memposisikan ban depan sepeda motor lebih tinggi dibandingkan ban belakang dan knalpot. Hal ini membutuhkan tenaga lebih, dan akan lebih efektif jika dilakukan lebih dari satu orang.

6 dari 7 halaman

5. Panaskan Motor

Setelah dilakukan pengecekan keseluruh bagian vital motor dan sudah menemukan penyebabnya, cara mengatasi motor mogok saat hujan selanjutnya dengan membiarkan motor diam beberapa saat setelah mesin motor menyala.

Sangat disarankan juga untuk menyalakan mesin motor dengan menggunakan kick starter saat kontak dalam posisi off. Setelah beberapa dua atau tiga kali melakukan kick starter tanpa menyalakan kontak ke arah “On” atau nyala, lalu nyalakan kontak motormu.

Tujuan melakukan kick starter tersebut adalah untuk memicu mesin agar kembali normal dan motor dapat menyala kembali.

7 dari 7 halaman

6. Tunggu hingga Motor Siap Dikendarai

Walau cara mengatasi motor mogok saat hujan sudah dilakukan dan motor sudah kembali menyala, bukan berarti motormu bisa langsung digunakan. Tunggu beberapa saat, hal ini bertujuan untuk memastikan motor kembali dalam suhu yang optimal untuk dikendarai.

Apabila setelah beberapa tahapan cara mengatasi motor mogok saat hujan dilakukan, dan setelah beberapa kali percobaan tetapi motor tetap mogok, maka segera bawa ke bengkel terdekat agar motor dapat segera ditangani oleh montir dan kembali normal.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini