Sukses

Wisata Klaten Umbul Ponggok dan Tempat Menarik di Sekitarnya

Liputan6.com, Jakarta Wisata Klaten Umbul Ponggok merupakan destinasi unik dan menarik dikunjungi. Wisata berupa sumber mata air alami ini makin hits di kalangan wisatawan. Wisata Klaten Umbul Ponggok menawarkan wisata air yang segar dengan beragam kegiatan menarik.

Wisata Klaten Umbul Ponggok juga menawarkan banyak fasilitas wisata yang unik. Sebut saja snorkling dan foto bawah air bersama properti pendukung lainnya.

Wisata Klaten Umbul Ponggok juga sangat mudah dijangkau. Wisata Klaten Umbul Ponggok ini berada tak jauh dari Jogja dan Solo. Ini menjadikan wisata Klaten Umbul Ponggok alternatif destinasi para wisatawan.

Tak cuma Ponggok, di sekitarnya kamu bisa menemukan umbul-umbul lainnya yang juga tak kalah memesona. Berikut ulasan mengenai wisata Klaten Umbul Ponggok yang berhasil Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Senin(23/3/2020).

2 dari 7 halaman

Mengenal Wisata Klaten Umbul Ponggok

Wisata Klaten Umbul Ponggok merupakan wisata air yang berlokasi di desa Ponggok, Klaten, Jawa Tengah. Umbul Ponggok merupakan kolam mata air alami yang dulunya digunakan sebagai penampungan air pabrik gula dan perkebunan.

Mata air Umbul Ponggok berbentuk kolam dengan ukuran panjang 70 m dan lebar 40 m. Di dasar kolam terdapat mata air alami yang terus mengeluarkan air, sehingga kolam Umbul Ponggok terus jernih.

Kini Umbul Ponggok dijadikan tempat wisata yang tak pernah sepi pengunjung. Wisata Klaten Umbul Ponggok juga punya keistimewaannya sendiri. Umbul Ponggok adalah wahana air pertama di Indonesia yang memberi pengalaman snorkling dan diving di kolam mata air alami.

3 dari 7 halaman

Aktivitas yang bisa dilakukan di Umbul Ponggok

Foto di bawah air

Aktivitas unik yang bisa kamu lakukan di Umbul Ponggok adalah berfoto di bawah air. Di dalam kolam ini sudah tersedia banyak properti dengan beragam tema untuk berfoto. Di dalam kolam Umbul Ponggok, kamu bisa bergaya dengan properti yang disediakan.

Pihak pengelola juga sudah menyediakan persewaan kamera underwater beserta operatornya untuk mengambil momenmu ketika di bawah air.

 

Bermain air

Selain kegiatan unik di atas, kamu juga bisa menikmati segarnya mata air alami di Umbul Ponggok. Kamu bisa berenang, berendam, atau bermain air di kolam Umbul Ponggok. Di sini juga terdapat wahana permainan berupa Warrior Adventure.

4 dari 7 halaman

Aktivitas yang bisa dilakukan di Umbul Ponggok

Diving

Jika menyelam biasanya dilakukan di laut, di Umbul Ponggok kamu juga bisa melakukannya. Di sini tersedia paket untuk diving lengkap berupa tabung oksigen, kaki katak (fin), wet suit & googles. Tersedia juga paket underwater Walker Dive.

Snorkling

Tak cuma menyelam, kamu juga bisa melakukan snorkling di Umbul Ponggok. Pengelola menyediakan persewaan alat untuk snorkling berupa pelampung (life jacket), kaki katak (fin), masker snorkle. Alat snorkling ini dapat disewa secara terpisah sesuai kebutuhan.

5 dari 7 halaman

Harga tiket masuk

Dengan beragam aktivitas unik yang bisa dilakukan di Wisata Klaten Umbul Ponggok, kamu mungkin penasaran berapa harga tiket masuk untuk wisata ini. Ternyata harga tiket masuk Wisata Klaten Umbul Ponggok sangat terjangkau.

Kamu cukup menyiapkan uang sebesar Rp 15.000/orang untuk masuk ke area Umbul Ponggok. Harga ini berlaku untuk semua hari baik hari biasa maupun hari libur.

HTM ini belum termasuk dengan persewaan kamera underwater dan peralatan snorkling serta diving ya.

6 dari 7 halaman

Wisata umbul lain di sekitar Umbul Ponggok

Umbul Manten

Meski tak sebesar Umbul Ponggok, Umbul Manten juga punya daya pikat tersendiri. Air di Umbul Manten sangat jernih dan sering dikatakan sebening kaca. Saking jernihnya bebatuan di dasar kolam ini bisa terlihat dari atas.

Suasana alami dan sejuk di Umbul Manten begitu terasa dengan kehadiran pohon ipik yang menjulang tinggi dan mengelilingi area kolam. Umbul Manten berada di Jl. Janti, Wunut, Tulung, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah.

Umbul Sigedang

Umbul Sigedang beralamat di Dk. Umbulsari, Ds. Ponggok, Kec. Polanharjo, Klaten, Jawa Tengah. Berada tak jauh dari Umbul Ponggok menjadikan umbul satu ini juga tidak boleh terlewatkan.

Terdapat dua umbul di lokasi ini yaitu umbul weodk dan umbul lanang. Umbul ini dikelilingi pepohonan yang hijau dan asri dan memberi suasana kesegaran tersendiri baik air dan udaranya.

7 dari 7 halaman

Wisata umbul lain di sekitar Umbul Ponggok

Umbul Nilo

Umbul Nilo juga berada tak jauh dari Umbul Ponggok. Umbul berukuran kecil ini juga menwarkan kesegaran mata air yang sangat asri. Lokasinya kurang lebih berjarak 4-6 KM dari umbul ponggok atau hanya sekitar 11-15 menit saja.

Umbul Nilo mempunyai luas sekitar 15 x 10 meter dengan kedalaman sekitar 1,5 meter. Kamu cukup membayar Rp 6 ribu saja untuk menikmati kesegaran mata air ini.

Umbul Gedaren

Umbul Gedaren memiliki kolam cukup besar sekitar 17 meter x 60 meter dengan kedalaman mencapai 2 meter. Mata air di umbul ini biasanya dimanfaatkan warga untuk mengairi sawah dan memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Tak cuma itu, umbul ini juga ramai dikunjungi masyarakat karena air dari pemandian ini dipercaya mampu mengobati beragam penyakit, bahkan bisa dimanfaatkan untuk terapi pengobatan gejala sakit stroke. Umbul Gedaren berlokasi di Jl. Klaten – Jatinom No.7, Gedaren, Jatinom, Klaten.

Umbul Kapilaler

Umbul Kapilaler berada di Dukuh Umbulsari, Desa Ponggok, Klaten. Umbul Kapilaler menyuguhkan suasana mata air yang benar-benar alami tanpa banyak campur tangan manusia. Kolam di Umbul Kapilaler ini memiliki kedalaman sekitar 1,5 meter dengan air yang jernih dan segar.