Sukses

10 Manfaat Air Jeruk Nipis untuk Kesehatan, Turunkan Berat Badan

Liputan6.com, Jakarta Air jeruk nipis sering dikonsumsi baik dalam keadaan hangat maupun dingin. Jeruk nipis merupakan sumber antioksidan yang sangat baik. Mengonsumsi air jeruk nipis dapat menawarkan sejumlah manfaat kesehatan.

Jeruk nipis mengandung vitamin C tinggi, menyediakan lebih dari 20% dari kebutuhan harian akan vitamin ini. Jeruk nipis juga mengandung sejumlah kecil zat besi, kalsium, vitamin B6, tiamin, dan kalium.

Jeruk nipis mengandung antioksidan seperti flavonoid, limonoid, kaempferol, quercetin, dan asam askorbat yang sangat menyehatkan. Minum air jeruk nipis dapat meningkatkan kesehatan dan mengatasi kondisi tertentu seperi peradangan.

Air jeruk nipis juga menyegarkan dan mencegah tubuh dari dehidrasi. Berikut 10 manfaat air jeruk nipis yang berhasil Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Senin (23/3/2020).

2 dari 6 halaman

Manfaat air jeruk nipis

Bantu penurunan berat badan

Minum air yang cukup dapat meningkatkan rasa kenyang dan mencegah makan berlebihan. Asam sitrat yang ditemukan dalam air jeruk nipis membantu meningkatkan metabolisme tubuh. Ini membantu tubuh membakar lebih banyak kalori dan menyimpan lebih sedikit lemak.

Air jeruk nipis bebas lemak, nol kolesterol dan rendah kalori. Minuman ini ideal untuk menurunkan berat badan dengan cepat dan efektif.

Tingkatkan kekebalan

Vitamin C yang dikombinasikan dengan antioksidan yang terkandung dalam jeruk nipis memberikan dukungan bagi sistem kekebalan tubuh. Kekebalan yang baik adalah kondisi pertama dan terpenting yang harus dipenuhi.

Ketika diminum secara teratur, air jeruk nipis dapat membantu mencegah dan mempercepat penyembuhan flu dan pilek.

3 dari 6 halaman

Manfaat air jeruk nipis

Turunkan risiko penyakit jantung

Jeruk nipis adalah sumber magnesium dan potasium yang tinggi. Kedua nutrisi ini penting untuk kesehatan jantung. Kalium secara alami dapat menurunkan tekanan darah dan meningkatkan sirkulasi darah, yang mengurangi risiko serangan jantung dan stroke.

Tubuh membutuhkan magnesium untuk menjaga kesehatan otot, termasuk otot jantung. Sementara itu limonin dalam jeruk nipis dapat mengurangi kadar kolesterol. Menurut American Heart Association, mengonsumsi buah jeruk dalam jumlah yang lebih tinggi dapat menurunkan risiko stroke iskemik bagi wanita.

Turunkan gula darah

Menurut beberapa penelitian, vitamin C dapat membantu menurunkan perubahan gula darah di pagi hari dan setelah makan. Jeruk nipis memiliki indeks glikemik rendah dan membantu mengatur bagaimana tubuh menyerap gula ke dalam aliran darah. Konsumsi air jeruk nipis dapat membantu mengurangi lonjakan gula darah setelah makan.

4 dari 6 halaman

Manfaat air jeruk nipis

Cegah peradangan

Sebagai sumber vitamin C yang baik, air jeruk nipis bertindak sebagai agen anti-inflamasi dalam tubuh. Sebagian besar studi menunjukkan bahwa penggunaan vitamin C menunjukkan hasil yang menguntungkan dalam mengurangi peradangan.

Vitamin C dapat mengurangi tingkat peradangan dalam tubuh seperti radang sendi, asam urat, dan jenis peradangan lainnya.

Cegah batu ginjal

Jeruk nipis mengandung asam sitrat dan vitamin C. Sebuah penelitian tahun 2014 menunjukkan bahwa vitamin C dan asam sitrat membantu memecah atau mencegah pembentukan beberapa jenis batu ginjal. Satu studi menemukan bahwa orang yang makan buah jeruk memiliki risiko batu ginjal yang jauh lebih rendah.

5 dari 6 halaman

Manfaat air jeruk nipis

Sehatkan kulit

Vitamin C dan antioksidan dalam jeruk nipis juga penting untuk kesehatan kulit. Air jeruk nipis dapat mencegah timbulnya penuaan dini. Jeruk nipis mengandung vitamin C dan flavonoid, antioksidan yang memperkuat kolagen. Minum air jeruk nipis dapat melembabkan dan meremajakan kulit.

Minum air jeruk nipis membantu melawan kerusakan kulit yang disebabkan oleh matahari dan polusi, mengurangi keriput, dan meningkatkan tekstur kulit secara keseluruhan.

Tidak disarankan untuk menempelkan atau mengoleskan air jeruk nipis langsung di kulit karena paparan sinar matahari setelah aplikasi dapat menyebabkan luka bakar yang parah.

Sehatkan pencernaan

Jeruk nipis mengandung senyawa yang membantu merangsang sekresi pencernaan di perut. Asam dalam air jeruk nipis juga membantu air liur memecah makanan. Air jeruk nipis juga dapat mengatasi sembelit. Ini karen air jeruk nipis dapat membersihkan sistem pembuangan dan merangsang aktivitas usus. Segelas jeruk nipis hangat juga dapat menenagkan perut.

6 dari 6 halaman

Manfaat air jeruk nipis

Cegah infeksi

Minum air jeruk nipis dapat membantu menghentikan berkembangnya organisme berbahaya ini dan mencegah penyakit bakteri. Vitamin C dan antioksidan dalam jeruk nipis dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh dan membantu tubuh melawan infeksi.

Menurut beberapa penelitian, limonin yang ditemukan dalam jeruk nipis dapat membantu mencegah akumulasi bakteri Streptococcus. Streptococcus bertanggung jawab untuk berbagai infeksi dan kondisi kesehatan, termasuk infeksi pernapasan dan mulut.

Cegah kanker

Minum air jeruk nipis dapat mengurangi risiko terkena kanker. Sifat antioksidan dalam air jeruk nipis meningkatkan pertumbuhan sel yang sehat dan meningkatkan fungsi sistem kekebalan tubuh.

Penelitian tabung menunjukkan bahwa buah jeruk dapat menekan pertumbuhan atau penyebaran kanker usus besar, tenggorokan, pankreas, payudara, sumsum tulang, limfoma, dan sel kanker lainnya.