Sukses

8 Manfaat Madu Untuk Ibu Hamil Trimester Pertama, Memperkuat Kandungan

Manfaat madu untuk ibu hamil trimester pertama berguna untuk memperkuat kehamilan sang ibu.

Liputan6.com, Jakarta Manfaat madu untuk ibu hamil trimester pertama berguna untuk memperkuat kehamilan sang ibu. Masa-masa kehamilan pada trimester pertama atau secara teknis adalah 1-13 minggu. Pada trimester pertama ibu hamil sangat rentan untuk mengalami keguguran. Oleh sebab itu ibu hamil harus ekstra menjaga kehamilannya dengan membatasi aktivitas yang berat-berat, juga menjaga asupan makanannya. Ibu hamil harus mengkonsumsi makanan sehat yang dapat memperkuat kehamilannya.

Madu merupakan salah satu makanan yang dianjurkan untuk dikonsumsi ketika ibu hamil memasuki masa kehamilan pada trimester pertama. Manfaat madu untuk ibu hami trimester pertama selain bermanfaat untuk kehamilan ibu juga bermanfaat untuk kesehatan janin. Selain dokter memberikan vitamin untuk ibu hamil, dokter juga menganjurkan untuk mengonsumsi makanan yang dipercaya dapat menguatkan kandungan.

Tak jarang juga, selain dokter memberi vitamin penguat kandungan bagi ibu hamil di trimester pertama, dokter juga meminta ibu dengan kandungan yang lemah untuk melakukan istirahat total supaya terhindar dari kemungkinan terjadinya keguguran. Ibu dengan kehamilan yang lemah biasa diperkuat dengan mengonsumsi makanan-makanan sebagai penguat kehamilannya, contohnya seperti madu. Manfaat madu untuk ibu hamil trimester pertama memiliki segudang manfaat untuk kehamilan.

Selain memperhatikan manfaat madu untuk ibu hamil trimester pertama, ibu hamil juga harus memperhatikan porsi mengonsummsi madu agar tidak menimbulkan bahaya yang tidak diinginkan.

Berikut liputan6.com merangkum dari berbagai sumber, Selasa (24/3/2020) tentang 8 manfaat madu untuk ibu hamil trimester pertama, dapat memperkuat kandungan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Ragam Manfaat Madu Untuk Ibu Hamil Trimester Pertama

Mengetahui makanan-makanan yang memilki manfaat untuk kehamilan ibu harus diketahui sejak dini dan selalu berkonsultasi ke dokter terkait asupan-asupan makanan yang dikonsumsi sang ibu. Madu kaya akan kandungan gizi mulai dari asam amino, zat gula glukosa dan fruktosa, vitamin, riboflavin, thiamin, asam pantotenat, niasin, asam askorbat, piridoksin, dan kandungan mineral seperti kalsium, kalium, magnesium, natrium, phosphor, zat besi, sulfut, dan mangan.

Madu juga dilengkapi dengan keunggulan lain yaitu kandungan antibiotik yang terdapat dalam tiap tetesnya. Itulah kenapa madu menjadi salah satu sumber energi yang sangat dianjurkan untuk ibu hamil. Manfaat madu untuk ibu hamil trimester pertama harus dipahami oleh ibu hamil agar kehamilannya tetap kuat dan sehat.

1. Suplemen Penambah Tenaga dan Ketahanan Diri Selama Mengandung

Manfaat madu untuk ibu hamil trimester pertama yakni madu untuk ibu hamil memiliki manfaat sebagai suplemen penambah tenaga dan ketahanan diri ibu hamil selama mengandung dan pada saat menjelang masa kelahiran bayi. Ibu hamil harus sedia tenaga lebih banyak ketika mengandung sang bayi. Kekuatan kandungan pada trimester pertama akan berdampak hingga masa persalinan ibu hamil tiba. Ibu akan lebih siap dan lebih kuat untuk menjalani proses persalinan.

2. Dapat Membantu Mengurangi Rasa Mual

Pada trimester pertama atau kisaran minggu 1-13, ibu seringkali merasakan mual. Madu bisa dikonsumsi ibu hamil untuk mengurangi rasa mual yang dirasakan. Manfaat madu untuk ibu hamil trimester pertama ini tentunya dapat membantu mengurangi rasa mual yang dirasakan ibu. Madu yang memiliki rasa manis seperti gula, dapat meredakan rasa mual yang dirasakan ibu selama kehamilan, khususnya pada trimester pertama.

3. Membantu menambah Nafsu Makan Ibu Hamil

Manfaat madu untuk ibu hamil trimester pertama yakni mady dapat membantu menambah nafsu makan ibu hamil. rasa mual yang dirasakan ibu, terkadang membuat ibu kehilangan nafsu makan. Apabila ibu hamil kehilangan nafsu makan, makan itu juga akan berdampak terhadap asupan makanan sang janin. Oleh sebab itu, dengan mengonsumsi madu, nafsu makan ibu selama kehamilan dapat meningkat dan bermanfaat untuk kesehatan janin.

4. Membantu Menguatkan Janin

Pada masa kehamilan trimester pertama, ibu hamil sangat rentan terhadap pergerakan-pergerakan yang berdampak pada keguguran. manfaat madu untuk ibu hamil trimester pertama yakni madu dapat membantu menguatkan janin. Zat galian yang terkandung dalam madu dapat membantu menguatkan janin. Pada awal kehamilan, rasa khawatir yang dirasakan ibu tentunya berdampak terhadap kekuatan janin. Ibu harus selalu tenang dan tentunya tetap menjaga asupan makanan agar janin tetap kuat dan sehat.

3 dari 4 halaman

Manfaat Madu Untuk Ibu Hamil Trimester Pertama Lainnya

5. Membantu pertumbuhan Fisik dan Mental Janin

Pada awal kehamilan adalah masa-masa janin mengalami pertumbuhan dan perkembangan. Pertumbuhan janin ini harus diiringi dengan asupan makanan bergizi dari sang ibu. Manfaat madu untuk ibu hami pada trimester pertama adalah dapat membantu pertumbuhan fisik dan mental janin menjadi baik dan lebih kuat. Ibu harus senantiasa menjaga asupan yang dikonsumsi karena hal tersebut berdampak terhadap pertumbuhan fisik dan mental sang janin.

6. Mencegah Berbagai Jenis Penyakit

Manfaat madu untuk ibu hamil pada trimester pertama selanjutnya yakni mencegah berbagai jenis penyakit, seperti kelelahan, darah tinggi, kencing manis, kencing kotor, hingga penyakit batuk, selesema, dan bermacam jenis penyakit lainnya. Pada minggu 1-13 kehamilan, atau minggu pertama kehamilan, ibu hamil sangat rentan mengalami kelelahan. Dengan mengonsumsi madu dipercaya dapat memperkuat tubuh ibu dan mencegah ibu dan dari berbagai jenis penyakit.

7. Mengatasi Keluhan Susah Buang Air Besar (BAB)

Mengatasi keluhan susah buang air besar merupakan salah satu manfaat madu untuk ibu hamil pada trimester pertama. Madu dapat melancarkan buang air besar ketika masa kehamilan sang ibu. Perubahan hormonal pada masa kehamilan yang mengakibatkan kondisi ibu hamil menurun adalah masalah pencernaan.

8. Membantu Menjaga Kesehatan dan kebersihan Kulit Ibu Hamil dan Janin

Manfaat madu untuk ibu hamil trimester pertama sealnjutnya adalah membantu menjaga kesehatan dan kebersihan kulit ibu hamil dan janin. Pada masa awal-awal kehamilan, ibu hamil seringkali mengalami masalah-masalah pada tubuh yang mengakibatkan ibu terasa begah dengan badannya sendiri. Walaupun begitu, ibu hamil harus senantiasa menjaga asupannya agar hormon dan tubuh ibu menjadi lebih baik. Vitamin C yang terkandung dalam madu membantu menjaga kesehatan dan kebersihan kulit ibu hamil dan janin.

4 dari 4 halaman

Bahaya Mengonsumsi Madu Secara Berlebihan

Selain memperhatikan manfaat madu untuk ibu hamil trimester pertama, pada trimester pertama ibu hamil juga harus mempertikan dan memahami bahaya jika mengonsumsi madu tidak sesuai takaran atau anjuran dokter. Bahaya mengonsumsi madu secara berlebihan dapat menyebabkan efek samping tertentu, seperti:

1. Memperkuat Sensitivitas Insulin

Selain manfaat madu untuk ibu hamil pada trimester pertama, mengonsumsi madu secara berlebihan juga dapat meningkatkan kadar gula darah dan memperburuk resistensi insulin karena lebih dari 25 gram fruktosa sehari tidak aman selama kehamilan.

2. Menyebabkan Kram

Selama kehamilan, ibu hami harus ekstra menjaga asupan makanannya agar tidak memberikan dampak buruk terhadap kehamilannya. Selain manfaat madu untuk ibu hamil trimester pertama dapat melancarkan buang air besar. Namun apabila dikonsumsi secara berlebihan atau tidak sesuai takaran, madu menyebabkan kram perut, diare, sembelit, dan kembung. Konsumsi madu yang berlebihan membuat tubuh Anda asam dan memengaruhi saluran pencernaan sehingga memperlambat pencernaan.

3. Memengaruhi Kesehatan Gigi

Selama kehamilan, ibu juga harus senantiasa menjaga kesehatan gigi. Tingginya kadar gula dalam madu menyebabkan gigi berlubang dan erosi gigi. Ibu tetap bisa merasakan manfaat madu untuk ibu hamil trimester pertama apabila tetap menjaga kebersihan dan kesehatan, juga asupan makanan setiap harinya.

Itulah manfaat madu untuk ibu hamil trimester pertama dan bahaya yang ditimbulkan apabila tidak mengonsumsi madu sesuai takaran ataupun anjuran dokter.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.