Sukses

9 Tempat Wisata di Mumbai India yang Ikonik, Unik, dan Alam Banget

Tempat wisata di Mumbai India ini wajib masuk dalam list kunjunganmu saat liburan.

Liputan6.com, Jakarta Tempat wisata di Mumbai India bisa menjadi pilihan buat kamu yang akan singgah ke kota terpadat di India ini. Mumbai tidak hanya menjadi kota terpadat di India tetapi juga kota terpadat di dunia.

Bisa dikatakan bahwa Mumbai ini kota paling kosmopolitan di India. Maka dari itu tempat wisata di Mumbai India ini merupakan salah satu catatan yang penting bagi para traveller. Selain tempatnya yang mudah diakses melalui udara, kereta api, dan jalan umum, kota Mumbai ini menawarkan kegiatan yang juga menarik untuk para wisatawan.

Kamu bisa mengunjungi tempat wisata di Mumbai India yang ikonis, berbelanja ke pasar tradisionalnya yang unik, menikmati keindahan alam yang menakjubkan, sampai singgah di beberapa coffeeshop dan rumah makan khas terbaik yang tersebar di seluruh kota Mumbai India.

Banyak sekali tempat wisata di Mumbai India yang bisa kamu kunjungi. Berikut tempat wisata di Mumbai India yang telah Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Selasa (24/3/2020).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Tempat wisata ikonis di Mumbai India

Marine Drive

Marine Drive merupakan tempat wisata di Mumbai India yang ikonis karena lokasinya. Marine Drive ini berjarak 22km dari bandara Mumbai. Sebutan dari orang lokal pada Marine Drive ini adalah Kalung Ratu. Tempat wisata di Mumbai India ini menyajikan Kawasan bagi pejalan kaki sepanjang 4km yang terletak di Bombay bagian Selatan.

Tempat wisata di Mumbai India ini menyajikan jalanan paling indah di Mumbai. Kawasan ini tampak megah sekali ketika malam hari karena ada lampu yang menjadikannya hidup menyerupai kalung ratu.

Selain itu tempat wisata di Mumbai India ini turut menyajikan pemandangan perairan Laut Arab yang begitu bersinar. Semilir angin yang menenangkan batin para wisatawan yang datang. Marine Drive ini juga merupakan teluk yang khas membingkai cakrawala kota Mumbai.

Gerbang India

Gerbang India ini merupakan tempat wisata di Mumbai India yang ikonis karena dia adalah landmark paling menonjol dari kota Mumbai. Lokasinya tepat 25km dari Bandara Mumbai.

Tempat wisata di Mumbai India ini menjadi sebuah tanda bahwa kota Mumbai sebagai salah satu pelabuhan utama India yang secara formal melambangkan unsur keagungan Inggris. Dan monumen ini terletak di tepi laut Apollo Bunder.

Gerbang India atau Gateway India ini secara desain terdiri dari kurva yang luas dengan ketinggian 26m. Mengadopsi gaya arsitektur Indo-Saracenic yang dibuat dengan basal kuning dan semen yang tidak mudah larut. Monumen ini merupakan salah satu gaya bangunan Muslim yang tergabung dalam struktur megah.

Kuil Siddhivinayak

Kuil Siddhivinayak ini merupakan tempat wisata di Mumbai India yang ikonis karena evolusinya. Terletak 11km dari bandara Mumbai. Kuil ini dulunya berasal dari tempat ibadah kecil yang kemudian berubah menjadi Kuil Agung yang saat ini 50% masih murni bangunan sejak abad ke-20.

Struktur bangunan pertamanya hanya berupa blok kecil berukuran 3.6mx3.6m persegi. Bangunan Kuil ini dibiayai oleh wanita Agri bernama Deubai Patil.

Tempat wisata di Mumbai India ini memang sengaja didedikasikan untuk Dewa Shri Ganesha yang dibangun pada 1801. Di antara para pemuja, Kuil Siddhivinayak dikenal sebagai “Navasacha Ganapati” atau “Navasala Pavanara Ganapati”.

3 dari 4 halaman

Tempat wisata unik di Mumbai India

Pasar Colaba Causeway

Pasar Colaba Causeway ini merupakan tempat wisata di Mumbai India yang cukup unik karena pasar tradisional terbesar ini menyediakan pakaian, hiasan, sepatu, hingga tas murah khas Mumbai. Dari Bandara kota Mumbai hanya berjarak 26km.

Salah satu tempat wisata di Mumbai India yang unik ini juga letaknya cukup strategis, karena jalan rayanya menghubungkan Colaba dengan Pulau Wanita Tua di Kota Mumbai India. Di pasar Colaba Causeway ini wisatawan juga akan menemukan harga barang yang pas, namun tetap bisa ditawar loh.

Tempat wisata unik ini ternyata juga dikenal di Jalan Shahid Bhagat Singh yang merupakan tempat terbaik di kota Mumbai untuk berbelanja dan berbisnis. Berbagai gaya hidup di kota Mumbai tergambar jelas di pasar Colaba Causeway ini.

Akuarium Taraporewala

Akuarium Taraporewala ini merupakan tempat wisata di Mumbai India yang cukup unik karena dikenal sebagai akuarium tertua di India. Jarak tempuh dari Bandara Mumbai ke Aquarium ini sekitar 22km.

Ada sekitar 400 spesies ikan laut dan ikan tawar yang ada di akuarium Taraporewala ini. Hal menakjubkan seperti ekosistem karang dan ubur-ubur juga bisa ditemukan di tempat wisata di Mumbai India ini.

Selain itu tempat wisata di Mumbai India ini juga memiliki daya tarik dengan disajikannya terowongan sepanjang 12 kaki. Terowongan ini juga dihiasi dengan kaca akrilik yang dipasang 180 derajat. Tidak hanya itu tetapi juga menyediakan 50 kursi amphitheatre.

Kebun Binatang Mumbai

Kebun binatang Mumbai ini merupakan tempat wisata di Mumbai India yang unik karena dikenal sebagai kebun binatang tertua di India. Jarak tempuh dari Bandara Mumbai ke Kebun Binatang  sekitar 21km, dekat stasiun kereta api Mumbai.

Letaknya berada di jantung kota yang menyediakan spesies hewan asli India tetapi juga banyak hewan langka skala internasional lain seperti kucing, landak, kancil, flamingo, singa asia, kucing, pinguin, macan tutul, sampai trenggiling.

Selain itu tempat wisata di Mumbai India yang unik ini juga memiliki kebun yang terdiri dari 3000 pohon langka. Termasuk wisatawan akan menemukan tumbuhan dan Bunga yang tidak akan ditemukan di mana pun.

4 dari 4 halaman

Tempat wisata Alam di Mumbai India

Pantai Chowpatty

Pantai Chowpatty ini merupakan tempat wisata di Mumbai India dengan pesona alam cukup indah. Jarak tempuh dari Bandara Mumbai sekitar 20km di bagian Mumbai bagian Selatan.

Tempat wisata alam ini juga terkenal dengan bazar dan makan malamnya. Ada ratusan penjual kaki lima yang berjalan di atas garis pantai terutama pada malam Minggu. Mereka menjual hidangan lokal seperti mangga mentah pedas, kacang panggang, dan makanan cepat saji Mumbai seperti Chaats.

Selain itu di pantai ini juga menyediakan pertunjukan ular sambil menikmati sepoi-sepoi angin pantai. Ada juga peramal asli India yang siap meramal para wisatawan. Tidak hanya itu tetapi wisatawan juga bisa menaiki kuda dan unta di tepi pantai.

Danau Pawoi

Danau Pawoi ini merupakan tempat wisata di Mumbai India yang memiliki pesona alam menakjubkan. Danau buatan ini terletak 8,5km dari Bandara Mumbai. Lokasinya di lembah Pawoi di sebelah utara kota Mumbai yang diberi nama Framaji Kavasji Pawoi Estate.

Danau Pawoi ini benar-benar akan membantu para wisatawan melepas penat, begitu menenangkan karena keindahannya. Danau ini melintang lebih dari 2.1km persegi dan memiliki kedalaman sekitar 3m di pinggir dan 12m di ujung yang paling dalam.

Tempat wisata alam di Mumbai India ini juga menyediakan perahu yang bisa digunakan menyusuri danau. Ada juga Taman Danau Pawoi yang bisa digunakan wisatawan untuk duduk dan menikmati alam.

Danau Pawna

Danau Pawna ini merupakan tempat wisata di Mumbai India yang memiliki pesona alam sangat indah. Hal ini yang membuat Danau Pawna banyak diminati banyak wisatawan meskipun lokasinya 111.2km dari kota Mumbai.

Tempat wisata alam di Mumbai India ini bisa dijadikan pilihan untuk para pecinta alam yang ingin berlama-lama menikmatinya. Karena di Danau Pawna ini wisatawan diperbolehkan berkemah. Masyarakat lokal menyebutnya sebagai pesona Maharashtra.

Wisatawan juga akan melihat bangunan Bendungan Pawna yang disebut sebagai bendungan dengan desain dan teknik yang baik. Selain itu wisatawan juga bisa menikmati kegiatan lain di Danau Pawna seperti paralayang, advanced kiting, dan ridge dancing.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini