Sukses

12 Fungsi Buah Naga untuk Kesehatan, Mampu Melindungi Jantung

Liputan6.com, Jakarta Fungsi buah naga untuk kesehatan salah satunya yakni baik untuk kesehatan jantung. Selain memiliki nama dan bentuk yang unik, buah naga memiliki segudang fungsi untuk kesehatan tubuh. Rasa manis dan warna buah yang menggugah selera membuat buah naga memiliki banyak penggemar. Dengan rutin mengonsumsi buah naga, kita dapat merasakan beragam manfaat dari buah naga tersebut.

Buah yang berasal dari Amerika Tengah ini awalnya bermula dari kaktus yang kemudian berbunga dari sore lalu menjadi layu di pagi hari. Buah naga seringkali mendapat julukan moonflower atau Queen of The Night. Selain bentuknya yang indah dan mendapat julukan moonflower atau Queen of The Night, fungsi buah naga tidak boleh dipandang sebelah mata. Karena buah naga memiliki segudang manfaat.

Pada umumnya buah naga memiliki tampilan kulit yang berwarna merah, terkadang juga berwarna kuning, dengan daging buah yang berwarna merah keunguan atau putih dengan biji-biji hitam. Buah yang memiliki nama latin Hylocereus undatus ini rendah kalori namun tinggi nutrisi seperti vitamin B dan C, fosfor, protein, kalsium, fiber, captin, dan antioksidan. Karena kandungan-kandungan inilah terdapat banyak fungsi buah naga bagi tubuh.

Bentuk buah naga yang unik membuat anak-anak yang tidak suka mengonsumsi buah jadi penasaran untuk mengonsumsi buah naga ini. Anak-anak masih membutuhkan asupan makanan yang baik untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh mereka. Buah naga bisa dijadikan pilihan untuk dikonsumsi anak-anak agar kekebalan tubuhnya dapat meningkat.

Masa pertumbuhan dan perkembangan anak-anak harus menjadi perhatian orang tua agar memperhatikan asupan makanan sang anak. Buah adalah sumber vitamin yang harus rutin dikonsumsi anak-anak sejak dini. Fungsi buah naga harus dipahami para orang tua selama masa pertumbuhan dan perkembangan anak.

Berikut liputan6.com merangkum dari berbagai sumber, Selasa (24/3/2020) tentang 12 fungsi buah naga, mampu melindungi jantung.

2 dari 5 halaman

Ragam Fungsi Buah Naga Untuk Kesehatan

1. Kaya Akan Serat yang Baik Untuk Tubuh

Buah naga yang kaya akan serat sangat baik untuk kesehatan tubuh. Fungsi buah naga satu ini berkaitan dengan kesehatan pencernaan. Sera dapat berperan utnuk melindungi tubuh dari kondisi lain seperti penyakit jantung, diabetes tipe 2, dan tentunya dapat menjaga berat badan seseorang agar tetap ideal.

2. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Fungsi buah naga selanjutnya yakni dapat meningkatkan daya tahan tubuh. Kemampuan tubuh untuk melawan infeksi dan penyakit ditentukan dari jenis makanan yang dikonsumsi. Selain mengonsumsi vitamin yang dapat meningkatkan imunitas, mengonsumsi buah naga juga dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh seseorang. Vitamin C dan keratinoid yang terkandung dalam buah naga, bisa membantu meningkatkan daya tahan tubuh dan mencegah infeksi, yakni dengan cara melindungi sel darah putih dari kerusakan.

3. Mampu Mencegah Diabetes

Mampu mencegah diabetes merupakan fungsi buah naga selanjutnya yang bermanfaat bagi tubuh. Sifat antioksidan yang terkandung dalam buah naga berfungsi untuk mencegah terjadinya diabetes melitus karena dapat membunuh sel jahat. Sel jahat biasanya dihasilkan dari pola hidup dan pola makan seseorang yang tidak sehat. Buah naga adalah salah satu buah yang aman dikonsumsi penderita diabetes karena kadar gula yang terkandung dalam buah naga sangat kecil.

3 dari 5 halaman

Fungsi Buah Naga Untuk Kesehatan

4. Mampu Mencegah Kanker

Kanker merupakan salah satu penyakit yang selalu menjadi momok menakutkan bagi masyarakat. Fungsi buah naga selanjutnya yakni buah naga mampu untuk mencegah kanker. Dalam buah naga terkandung lycopene. Lycopene bertanggung jawab sebagai penyedia warna merah pada buah naga, telah terbukti dapat merendahkan risiko terkena kanker prostat.

Tidak hanya lycopene, buah naga juga kaya akan antioksidan hytoalbumin yang dapat membantu pembentukan radikal bebas karsinogenik dalam tubuh. Buah naga juga kaya akan serat, kalsium, fosfor, dan vitamin C dan B2. Buah naga dapat membantu mengeluarkan racun logam dari tubuh yang beberapa di antaranya dapat menyebabkan kanker.

5. Mampu Mencegah Tekanan Darah Tinggi dan Serangan Jantung

Selain mampu mencegah kanker, fungsi buah naga selanjutnya yakni juga mampu mencegah tekanan darah tinggi dan serangan jantung secara tiba-tiba. Buah naga yang mengandung lycopene, selain berfungsi sebagai pencegah kanker, buah naga juga berfungsi sebagai penurun tekanan darah dan mencegah serangan jantung mendadak. Buah naga kaya akan lemak omega 3 dan omega 6 yang dapat membantu meringankan gangguan kardiovaskular.

6. Meningkatkan Nafsu Makan

Fungsi buah naga selanjutnya yakni dapat meningkatkan nafsu makan seseorang. Anak-anak yang rutin mengonsumsi buah naga dapat meningkatkan nafsu makan anak-anak yang biasanya susah makan. Buah naga cocok untuk dikonsumsi anak-anak karena rasanya yang manis dan bentuknya yang unik membuat anak-anak penasaran dan ingin mencoba.

Selain dapat meningkatkan nafsu makan untuk anak-anak yang susah makan, buah naga juga bisa menjadi pilihan untuk anak-anak yang tidak suka mengonsumsi buah. Vitamin B1 dan B2 yang terkandung pada buah naga akan membuat nafsu makan menjadi meningkat

4 dari 5 halaman

Fungsi Buah Naga Untuk Kesehatan

7. Membantu Meringankan Batuk

Bagi anda yang menderita batuk, mengonsumsi buah naga dapat membantu meringakan batuk yang anda alami. Fungsi buah naga satu ini dapat membantu meringankan gangguan respirasi, karena biji yang terkandung dalam buah naga kaya akan lemak omega 3 dan omega 6. Oleh sebab itu, bagi anda yang menderita batuk dapat sedikit terobati apabila mengonsumsi buah naga.

8. Baik Untuk Ibu Hamil

Fungsi buah naga selanjutnya yakni baik untuk ibu hamil. Buah naga mengandung zat besi, vitamin Zat besi pada ibu hamil berguna untuk mencegah anemia. Sementara itu, vitamin B dan folat dapat mencegah bayi cacat saat lahir dan meningkatkan energi.

9. Meningkatkan Kerja Otak

Meningkatkan kerja otak merupakan fungsi buah naga selanjutnya yang bermanfaat bagi tubuh. Fungsi buah naga yang mampu meningkatkan kerja otak, didapatkan dari kandungan vitamin B dan vitamin C dalam buah naga. Kedua vitamin tersebut dipercaya dapat membantu sel membran agar tetap sehat. Aktivitas vitamin didalam tubuh juga dapat membantu mencegah terjadinya gangguan kognitif dan menjaga fungsi otak agar tetap sehat.

5 dari 5 halaman

Fungsi Buah Naga Untuk Kesehatan Lainnya

10. Membantu Mencegah Penyakit Mata

Mata merupakan salah satu alat indra manusia yang harus senantiasa dijaga kesehatannya. Fungsi buah naga selanjutnya yakni dapat membantu mencegah penyakit mata. Buah naga disebut dapat mencegah pertumbuhan protein sitokrom P450 di hati. Protein ini, sering dihubungkan dengan terjadinya glaukoma kongenital. Kandungan beta karoten pada buah naga dipercaya dapat membantu mencegah terjadinya degenerasi makula dan katarak.

11. Baik Untuk Tulang

Fungsi buah naga selanjutnya yang perlu dipahami bahwa buah naga baik untuk kesehatan tulang. Magnesium yang terkandung dalam buah naga dapat memperkuat kesehatan tulang. Magnesium telah terbukti penting untuk menjaga tulang agar tetap kuat.

12. Baik Untuk Kesehatan Kulit

Fungsi buah naga selanjutnya yakni bermanfaat mengurangi kerutan dan mengatasi jerawat serta kulit kering. Manfaat tersebut didapatkan dari vitamin C dan antioksidan yang terkandung di dalamnya. Kandungan antioksidan dalam buah naga dapat menangkal paparan radikal bebas berlebih yang sering menjadi penyebab penuaan dini.

Itulah beberapa fungsi buah naga yang perlu anda pahami untuk kesehatan anda.