Sukses

6 Rekomendasi Tempat Wisata Pantai Anyer, Cocok untuk Melepas Penat

Tempat wisata pantai Anyer merupakan salah satu tujuan berlibur yang banyak didatangi wisatawan.

Liputan6.com, Jakarta Tempat wisata pantai Anyer ini dapat dijadikan objek berlibur dan pelepas penat. Tempat wisata ini cocok dikunjungi setelah berhari-hari menjalankan rutinitas.

Anyer terkenal dengan salah satu jalan bersejarahnya, yaitu jalan Anyer hingga Panarukan yang membentang dari ujung barat sampai ujung timur Jawa yang dibangun pada saat pemerintahan kolonial Belanda. Tetapi di sisi lain, tempat wisata pantai Anyer juga sangat terkenal dengan keindahanya.

Anyer merupakan nama kecamatan yang berada di Kota Serang, Provinsi Banten dengan total 10 desa yang tercatat berada di kecamatan Anyer. Saat ini pantai-pantai di Kawasan Anyer menjadi salah satu komoditas pariwisata utama yang menopang perekonomian masyarakat Anyer dan sekitarnya.

Berikut Liputan6.com, Selasa (24/3/2020) telah merangkum dari berbagai sumber rekomendasi tempat wisata pantai Anyer yang dapat dijadikan pilihan untuk berlibur serta melepas penat.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

1. Pantai Pasir Putih Sirih

Tempat wisata pantai Anyer yang pertama ini menjadi salah satu pantai yang cukup ramai dikunjungi. Kawasan pantai ini cukup landai dengan ombak yang bisa dibilang tidak terlalu besar, sehingga sangat aman untuk dijadikan tujuan wisata untuk melepas penat atau cocok juga bagi tujuan wisata keluarga yang membawa anak-anak, walau begitu harus tetap dalam pengawasan orang tua.

Pantai Pasir Putih Sirih ini tidak terlalu terlihat dari jalan raya, lokasi pantai Pasir Putih Sirih ini memang sedikit jauh dari jalan utama. Pantai Pasir Putih Sirih terletak kurang lebih 200 meter dari pantai Marbella.

Di pantai Pasir Putih Sirih ini banyak wahana air yang dapat dinikmati oleh pengunjung seperti Jet Ski, Banana Boat, Papan Surfing, dan ada juga perahu yang dapat disewa untuk berkeliling menikmati suasana laut pantai Pasir Putih Sirih.

Saat berada di pantai Pasir Putih Sirih, jangan takut kehabisan perbekalan, karena selain wahana permainan, di pantai Pasir Putih Sirih ini juga banyak penjual makanan dan berbagai cinderamata yang menjajakan dagangannya. Tentunya hal ini sangat membantu para pengunjung yang kehabisan perbekalan.

3 dari 7 halaman

2. Pantai Pasir Putih Florida

Tempat wisata pantai Anyer selanjutnya adalah pantai Pasir Putih Florida yang masih berada di Kawasan Anyer. Pantai ini merupakan salah satu pantai di Kawasan anyer yang memiliki bibir pantai paling lebar. Pantai ini sangat cantik karena dihiasi dengan hamparan pasir putih. Selain itu yang paling istimewa karena pantai ini menghadap ke arah Barat dengan pemandangan Anak Gunung Krakatau, yang tentunya akan sangat memukau mata pada saat matahari terbenam.

Pantai Pasir Putih Florida memiliki predikat yang disematkan oleh para wisatawan sebagai pantai paling romantis di wilayah kecamatan Anyer. Dengan mendengar namanya saja, mungkin banyak orang yang membayangkan akan keindahan dan keunikan yang disuguhkan oleh pantai Pasir Putih Florida ini.

Pantai Pasir Putih Florida ini memiliki kontur tanah yang landai dan tidak terlalu banyak memiliki karang. Oleh sebab itu pantai ini sangat cocok sebagai tujuan wisata bersama keluarga termasuk anak-anak. Agar lebih lengkap saat menikmati suasana dan keindahan pantai di pantai Pasir Putih Florida, wisatawan bisa menyewa saung yang berjejer di kawasan pantainya.

4 dari 7 halaman

3. Pantai Sambolo

Pantai Sambolo memiliki kontur tanah yang landai, pantai Sambolo dihiasi pasir putih kombinasi warna kecoklatan. Di kawasan pantai ini tidak terdapat batuan karang, sehingga cukup ideal sebagai destinasi wisata untuk melepas kepenatan. Atau jika ingin berkunjung Bersama keluarga, pantai ini juga cocok untuk dikunjungi. Keindahan pada pantai ini juga diperlengkap oleh air laut yang sangat jernih.

Fasilitas umum pendukung kegiatan wisatawan sudah disediakan di pantai ini, seperti banyaknya gazebo di tepian pantai yang dapat disewa dengan harga terjangkau, toilet umum, parkir luas dan sebagainya. Wahana permainan juga sudah disediakan untuk menambah keseruan berlibur di Pantai Sambolo. Wahana itu seperti parasailing, snorkeling, jet ski, banana boat dan beragam wahana permainan yang lainnya.

5 dari 7 halaman

4. Pantai Carita

Secara administrasi pantai Carita tidak secara resmi berada di kecamatan Anyer, tapi tepatnya di Kecamatan Carita. Namun masyarakat luas hingga saat ini masih menyebut destinasi ini dengan nama Pantai Anyer-Carita. Hal tersebut dikarenakan lokasinya yang sangat berdekatan. Jika pengunjung menempuh pantai ini dari Anyer, jarak tempuhnya hanya sekitar 20 kilometer dengan akses jalan yang cukup memadai sehingga mempermudah pengunjung untuk menjangkau pantai Carita ini.

Pantai carita merupakan salah satu tempat wisata pantai Anyer yang sudah begitu populer dikalangan wisatawan domestik dan juga mancanegara. Hamparan pasir putih yang dikombinasi warna coklat, terbentang sejauh mata memandang. Deburan ombak di pantai Carita menambah nyamannya suasana untuk melepas kepenatan. Indahnya anak Gunung Krakatau juga terlihat jelas saat berada di Pantai Carita.

Para pengunjung tidak hanya bisa sepuasnya menikmati kecantikan alam yang disuguhkan, akan tetapi dapat dengan sepuasnya melakukan aktivitas yang sudah disiapkan oleh pengelola, seperti melakukan snorkeling, menyelam, bermain banana boat, jet ski dan masih banyak wahana seru serta menantang yang lainnya.

6 dari 7 halaman

5. Pantai Karang Bolong

Tempat wisata pantai Anyer ini sesuai dengan namanya, karena di pantai ini terdapat dinding karang raksasa berlubang atau ‘bolong’ pada bagian tengahnya. Keunikan itu terlihat dari tepi pantai Karang Bolong. Lubang itu muncul karena proses abrasi. Namun beberapa versi menyebutkan jika fenomena alam tersebut merupakan dampak dari letusan dahsyat Gunung Krakatau yang terjadi pada tahun 1883.

Fenomena berlubangnya dinding karang tersebut ternyata mampu menarik perhatian banyak wisatawan. Sebelumnya nama kawasan wisata ini adalah Pantai karang Suraga, sebelum akhirnya berganti nama menjadi pantai Karang Bolong.

Beragam aktivitas dapat pengunjung lakukan di pantai Karang Bolong. Kalau Anda ingin menyaksikan pemandangan pantai dari ketinggian, saat ini di pantai Karang Bolong sudah tersedia anak tangga untuk mendaki ke atas batu karang tersebut.

7 dari 7 halaman

6. Pantai Jambu

Rekomendasi tempat wisata pantai anyer untuk melepas penat yang terakhir adalah pantai Jambu. Lokasinya berdekatan dengan pantai Karang Bolong, sehingga wisatawan bisa sekaligus mengunjungi dua destinasi ini di hari yang sama. Kondisi pantai Jambu nampak masih lestari dan alami, dan suasana di pantai ini juga tidak terlalu bising, sehingga menjadi tempat ideal untuk relaksasi dari rutinitas harian.

Ombak pantai Jambu tidak terlalu besar, sehingga kondisi alamnya sangat bersahabat bagi wisatawan terutama bagi mereka yang membawa serta anak-anaknya. Pasirnya nampak sangat putih dan bersih. Selain itu air di pantai Jambu juga bisa dibilang cukup jernih.

Itulah beberapa rekomendasi tempat wisata pantai Anyer yang dapat dijadikan referensi untuk dikunjungi sebagai tujuan berlibur dan sebagai pelepas penat dari rutinitas pekerjaan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini