Sukses

7 Manfaat Sayur Sawi Putih Bagi Kesehatan, Cegah Penuaan Dini dan Tingkatkan Imunitas

Liputan6.com, Jakarta Manfaat sayur sawi putih perlu diketahui terutama bagi kamu yang selama ini tidak suka makan sayur. Manfaat sayur sawi putih sebenarnya sama dengan manfaat sayur sawi hijau. Untuk selera rasa, kedua jenis sayur ini pun tidak berbeda jauh. 

Tetapi manfaat sayur sawi putih lebih banyak terutama untuk kecantikan agar tetap awet muda, karena antioksidan polifenol yang dimilikinya. Manfaaf sayur sawi putih ternyata juga bisa mencegah timbulnya penyakit kronis karena kaya penangkal radikal bebas seperti antioksidan dalam kandungan vitamin C nya. Sehingga cocok untuk dikonsumsi saat virus corona covid-19 merebak.

Ada banyak sekali manfaat sayur sawi putih ini. Selain kaya akan nutrisi, sayur sawi putih ini juga kaya akan kandungan serat, protein, vitamin, mineral, bahkan karbohidrat. Mulai dari vitamin A, B1, B2, B3, B6, B9, C, E, dan K. Mineral seperti kalsium, kalium, magnesium, fosfor, zat besi, zinc, sampai dengan natrium.

Wajar saja jika bahan makanan ini disebut rendah kalori tetapi padat nutrisi. Karena per 100 gram sayur sawi putih hanya mengandung 13 kalori. Tidak perlu khawatir mengenai batasan konsumsi. Sayur sawi putih tentu bisa dikonsumsi sering-sering. Tetapi jangan sampai bosan ya. Karena manfaat sayur sawi putih ini akan sangat terasa jika dikonsumsi dengan rutin.

Agar bisa lebih memahami dari manfaat sayur sawi putih ini berikut Liputan6.com, Rabu (25/3/2020) sudah merangkum berbagai manfaat sayur sawi putih yang jarang diketahui.

2 dari 8 halaman

1. Manfaat Sayur Sawi Putih: Kesehatan Kulit

Memiliki kulit yang sehat tentu menjadi idaman banyak orang. Ternyata sayur sawi putih ini mampu menyehatkan dan menutrisi kulit kita.

Manfaat sayur sawi putih ini nampak pada vitamin C dan vitamin E yang dimilikinya. Selain itu juga ada antioksidan polifenol yang mampu mencegah kerutan pada wajah dan pada penuaan dini.

Maka bagi kalian yang ingin tetap awet muda dan tampil cantik secara alami bisa mengonsumsi sayur sawi putih ini secara rutin.

3 dari 8 halaman

2. Manfaat Sayur Sawi Putih: Menjaga Kesehatan Mata

Memiliki mata yang sehat di era digital ini tentu akan menjadi daya tarik tersendiri bagi sebagian orang. Pasalnya paparan smartphone, tablet, pc, laptop, bahkan televisi sangat sulit dihindari.

Tidak perlu khawatir, menyehatkan mata tidak perlu makan makanan yang tidak enak atau bahkan obat-obatan yang banyak. Karena sebenarnya manfaat sayur sawi putih inilah jawabannya.

Dalam sayur sawi putih terkandung vitamin A dan betakaroten yang mampu menjaga kesehatan mata. Tidak hanya untuk mencegah penggunaan kaca mata. Tetapi jika dikonsumsi secara rutin, manfaat sayur sawi putih ini sampai bisa membantu menangkal berbagai penyakit yang menyerang mata.

4 dari 8 halaman

3. Manfaat Sayur Sawi Putih: Menjaga Kesehatan Tulang

Memiliki tubuh yang indah sudah pasti menjadi idaman banyak orang. Begitu juga tubuh yang indah tidak melulu diukur dengan besar-kecil sampai tinggi-pendeknya tubuh seseorang.

Nah manfaat sayur sawi putih ini memberikan solusinya. Tubuh yang indah akan terlihat dari bentuk tulang yang sehat. Kandungan vitamin K yang dimiliki sayur sawi putih inilah yang mampu membantu memadatkan tulang.

Dengan kepadatan tulang ini dapat membantu mencegah terjadinya osteoporosis. Dan juga membantu mencegah terjadinya penyakit tulang lainnya.

5 dari 8 halaman

4. Manfaat Sayur Sawi Putih: Menjaga Kesehatan Saluran Pencernaan

Memiliki pencernaan yang sehat tentu menjadi idaman banyak orang. Apalagi bagi kalian yang seringkali dihadapkan dengan masalah pencernaan yang berkaitan dengan buang air besar.

Manfaat sayur sawi putih ini solusinya karena mengandung serat yang cukup untuk meningkatkan pergerakan usus. Sehingga masalah pencernaan seperti sembelit dan konstipasi akan jarang terjadi.

Mengonsumsi sayur sawi putih secara teratur akan lebih menjadikan kita sehat tanpa obat-obatan.

6 dari 8 halaman

5. Manfaat Sayur Sawi Putih: Mengontrol Tekanan Darah

Permasalahan terkait tekanan darah kini tidak memandang tua dan muda. Terkadang darah tinggi dan terkadang darah rendah. Memiliki tekanan darah yang normal seolah sulit didapatkan.

Manfaat sayur sawi putih ini ternyata mampu membantu mengontrol tekanan darah loh. Karena sayur sawi putih mengandung mineral seperti kalium. Meski demikian sayur sawi putih ini tidak bisa dengan maksimal dalam menangani permasalahan pada tekanan darah tinggi.

Bagi penderita hipertensi tetap harus menjalani pengobatan sesuai dengan resep dokter dan menjalani pola hidup yang sehat.

7 dari 8 halaman

6. Manfaat Sayur Sawi Putih: Mencegah Penyakit Gondok

Jarang sekali yang tahu bahwa manfaat sayur sawi putih ini dapat membantu mencegah penyakit gondok. Penyakit yang disebabkan oleh kinerja kelenjar tiroid. Menyebabkan pipi bengak dan rahang bekak. Dan juga risiko penyakit gondok jika tidak segera dicegah, penyakit ini dapat menular ke banyak orang.

8 dari 8 halaman

7. Manfaat Sayur Sawi Putih: Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Saat ini ada banyak orang yang berlomba-lomba memiliki sistem imun yang kuat. Hal ini dilakukan untuk mencegah terjangkitnya penyakit kronis seperti kanker, jantung lemah, paru-paru, bahkan juga terjangkit virus Corona.

Manfaat sayur sawi putih ini ternyata mampu mencegah terjangkitnya penyakit kronis tersebut. Karena kandungan yang ada dalam sayur sawi putih seperti vitamin C mampu mencegah kerusakan sel akibat radikal bebas.

Sehingga jika kerusakan sel dapat lebih cepat tertangani, itu berati sistem kekebalan tubuh meningkat dan tubuh tidak akan mudah terserang penyakit seperti virus Corona misalnya.

Loading
Artikel Selanjutnya
7 Manfaat Gerakan Sholat Bagi Kesehatan, Melancarkan Peredaran Darah
Artikel Selanjutnya
7 Chat PDKT Pertama Kali ke Pasangan Ini Bikin Nostalgia