Sukses

Macam-macam Warna Hijau, Cocok untuk Desain Rumah dan Ruang

Liputan6.com, Jakarta Macam-macam warna hijau penting diketahui bagi kamu yang ingin memiliki desain rumah ataupun desain ruang yang menenangkan. Karena warna hijau ini dikenal sebagai warna alam. Kesan kepada orang yang menyukai warna hijau adalah mereka si pecinta alam. 

Macam-macam warna hijau ini ada banyak sekali. Dan mampu memikat siapa saja yang melihatnya. Meski seringkali warna hijau ini lebih sering membuat bosan, ada juga yang mengatakan itu simbol keserakahan.

Tetapi macam-macam warna hijau ini juga memiliki unsur ketenangan, kesegaran, kesejukan, kedamaian. Bahkan juga dapat diartikan sebagai simbol keberuntungan, penyembuhan, dan penyeimbang emosi.

Nah walaupun macam-macam warna hijau ini dikenal sebagai warna yang sulit dipadukan dengan warna lain, tetapi sebenarnya ada desain rumah dan ruang yang bisa begitu cantik ketika dipadukan dengan warna hijau ini.

Berikut macam-macam warna hijau beserta paduan warna lain yang cocok untuk desain rumah dan ruang yang sudah Liputan6.com, Kamis (26/3/2020) rangkum dari berbagai sumber.

2 dari 6 halaman

Macam-Macam Warna Hijau: Hijau

Macam warna hijau ini sering disebut sebagai warna hijau biasa atau hijau daun. Warna yang terbentuk dari penggabungan antara warna kuning dengan warna biru. Warna hijau daun ini cocok sekali jika digunakan sebagai warna desain rumah atau ruang.

Dengan catatan tidak terlalu banyak menaruh warna hijau di sana. Misalnya cat warna putih dijadikan dominan, maka kamu bisa gunakan tanaman hijau biasa atau hijau daun ini sebagai pelengkapnya.

Atau bisa juga jika tidak ingin warna putih menjadi warna dominan, tambahkan kursi atau meja yang memiliki warna sedikit netral seperti abu-abu muda, abu-abu tua. Bisa juga menambahkan warna cokelat muda. Atau bisa juga menggunakan warna hitam untuk penegas interior dalam ruangan.

3 dari 6 halaman

Macam-Macam Warna Hijau: Hijau Hutan

Macam-macam warna hijau hutan ini sering dipakai sebagai desain rumah atau ruang di negara-negara Barat. Warna hijau hutan ini cenderung lebih gelap dari warna hijau biasa. Kebanyakan dari mereka juga membawa warna hijau itu ke dalam rumah dengan dominan bahkan di dalam toilet.

Ada yang menggunakan banyak tanaman hijau atau juga ada yang memadukannya dalam keramik dan cat tebok.

Hal ini dilakukan karena mereka tidak bisa menanam tumbuhan hijau di halaman rumah. Atau ingin merilekskan pikiran saat pulang dari kantor atau tempat kerja dengan warna hijau hutan ini.

Warna hijau hutan ini akan cantik jika dipadukan dengan warna putih dominan, sedikit warna pendukung seperti abu-abu muda, hitam, dan cokelat tua.

4 dari 6 halaman

Macam-Macam Warna Hijau: Hijau Biru Laut

Macam warna hijau biru laut ini sering dipakai sebagai desain rumah atau ruang para konglomerat. Karena warna hijau biru laut ini memberikan kesan glamor bagi pemiliknya.

Nah warna hijau biru laut ini jarang sekali di temui pada cat tembok dan keramik. Tetapi lebih banyak di temukan pada kursi atau sofa, bantal atau juga gorden.

Warna hijau jenis ini tidak cocok jika harus dipadukan dengan warna dominan putih seperti putih tulang. Tetapi lebih cocok jika dipadukan dengan warna abu-abu muda atau juga warna cokelat muda.

Kemudian pendukungnya bisa ditambahkan dengan warna hitam pekat dan cokelat tua pada interior rumah atau ruangannya.

5 dari 6 halaman

Macam-Macam Warna Hijau: Hijau Limau

Macam warna hijau limau ini sering dipakai pada desain interior rumah. Jarang sekali dipakai untuk cat tembok dan keramik. Warna hijau ini sering dijumpai pada warna buah jeruk limau yang belum matang.

Karena warna yang dihasilkan dari buah jeruk limau ini cenderung memiliki warna cerah, hal ini terjadi karena ada dominasi warna kuning dalam warna hijau limau ini walaupun ada campuran warna biru di dalam warna ini.

Nah untuk desainnya bisa di tempatkan pada bantal di sofa, karpet rumah, atau juga bisa pada hiasan kecil-kecil dalam rumah. Nah warna ini akan lebih bagus dan menonjol jika dipadukan dengan warna dominan biru tua atau navy. Atau bisa juga warna putih.

6 dari 6 halaman

Macam-Macam Warna Hijau: Hijau Lumut

Macam warna hijau lumut ini sering digunakan untuk interior rumah, misalnya pada bed cover, bantal, gorden, atau kotak speaker. Atau juga bisa di rak buku tetapi tidak menjadi warna dominan, hanya penegas saja.

Warna hijau lumut merupakan perpaduan antara warna biru dan warna kuning. Namun warna hijau lumut ini perbandingan warna birunya lebih banyak, sehingga membuat warna hijau lumut ini menjadi warna yang segar.

Nah warna hijau lumut ini kebanyakan tidak cocok untuk warna tembok karena akan memberikan kesan yang tidak menyegarkan. Beda halnya jika warna hijau lumut ini diperbanyak pada tanaman yang ada di dalam rumah.

Warna dominan yang akan bagus ditempatkan bersama dengan warna hijau lumut ini adalah warna putih yang akan semakin menegaskan warna alam. Untuk warna pendukungnya juga bisa dipadukan dengan warna gelap seperti merah muda tua, hitam, orange tua, dan masih banyak lagi.

Loading
Artikel Selanjutnya
7 Kesalahan Dalam Mencuci Pakaian yang Jarang Diperhatikan
Artikel Selanjutnya
5 Chat Minta Tugas Ini Bikin Geleng Kepala Sekaligus Geregetan