Sukses

Macam-Macam Mikroskop dan Cara Menggunakannya dengan Benar

Liputan6.com, Jakarta Macam-macam mikroskop, selain harus diketahui oleh orang-orang yang bekerja di dalam laboratorium, juga harus diketahui oleh orang awam. Mata manusia hanya mampu melihat benda-benda yang dengan ukuran normal dan benda-benda dengan ukuran besar. Namun, mata manusia tidak bisa melihat benda-benda dengan ukuran kecil, seperti virus, bakteri, atau makhluk hidup yang berukuran kecil lainnya.

Melihat benda atau makhluk hidup kecil membutuhkan bantuan untuk melihatnya, seperti mikroskop. Oleh sebab itu, orang awam juga penting untuk mengetahui macam-macam mikroskop untuk memudahkan mata melihat benda-benda atau makhluk hidup yang kecil tersebut.

Mikroskop memiliki banyak jenis. Tentunya setiap mikroskop memiliki fungsi masing-masing. Untuk itu, mengetahui macam-macam mikroskop sangat penting bagi seseorang yang berkeja di laboratorium atau masyarakat awam biasa agar tidak salah menggunakan. Apabila salah menggunakan mikroskop tentunya juga mendapatkan hasil penelitian yang berbeda dari seharusnya.

Berikut Liputan6.com merangkum dari berbagai sumber, Kamis (26/3/2020) tentang macam-macam mikroskop, dan cara menggunakannya dengan benar

2 dari 4 halaman

Pengertian Mikroskop

Sebelum mengetahui tentang macam-macam mikroskop, penting untuk mengetahui pengertian dari mikroskop itu sendiri. Mikroskop adalah adalah alat laboratorium yang biasa digunakan untuk melihat benda kecil yang tidak bisa dilihat kasat mata. Kata "mikroskop" diambil dari bahasa Latin, yakni micro yang berarti kecil dan scope yang berarti melihat, sehingga pengertian mikroskop adalah alat yang digunakan untuk melihat benda yang berukuran kecil. Mikroskop pertama kali diperkenalkan oleh Robert Hooke dari Inggris pada tahun 1665.

Mikroskop biasa kita temui di bangku sekolah saat praktikum mata pelajaran biologi. Tentunya mikroskop digunakan untuk melihat benda-benda kecil yang terdapat pada daun, makanan, atau bahan praktikum lainnya.

3 dari 4 halaman

Macam-Macam Mikroskop

Setelah mengetahui tentang pengertian mikroskop, selanjutnya yaitu mengetahui tentang macam-macam mikroskop yang biasa digunakan, atau yang terdapat di dalam laboratorium. 

1. Mikroskop Cahaya

Macam-macam mikroskop yang pertama adalah mikroskop cahaya. Dinamakan mikroskop cahaya karena saat mengamati objeknya, yaitu menggunakan cahaya. Sumber cahaya bisa dengan menggunakan cahaya sekitar yang dipantulkan dengan menggunakan cermin atau menggunakan cahaya lampu yang terhubung dengan listrik ini juga dibantu oleh lensa untuk memfokuskan pada objek yang akan diamati. Contoh dari mikroskop cahaya adalah mikroskop monokuler, mikroskop binokuler, mikroskop trinokuler.

- Mikroskop Monokuler

Macam-macam mikroskop yang termasuk dalam kategori mikroskop cahaya ini menggunakan 1 lensa okuler untuk mengamati objek yang diletakkan pada meja preparat. Mikroskop monokuler biasanya digunakan untuk mengamati objek dengan satu mata saja.

- Mikroskop Binokuler

Mikroskop binokuler merupakan macam-macam mikroskop yang termasuk dalam kategori mikroskop cahaya selanjutnya. Jumlah lensa okuler mikroskop binokuler ini terdiri dua lensa okuler. Sehingga dengan menggunakan mikroskop binokuler ini memudahkan mata lebih jelas untuk melihat benda-benda kecil yang akan diteliti.

- Mikroskop Trinokuler

Mikroskop trinokuler merupakan jenis mikroskop yang termasuk dalam kategori mikroskop cahaya. jika pada mikroskop monokuler hanya bisa diamati dengan satu mata, mikroskop binokuler dengan dua mata, maka trinokuler bisa dipasangkan kamera, sehingga bisa diamati menggunakan monitor.

Dengan menggunakan mikroskop trinokuler ini bisa memudahkan Anda untuk melihat lebih jelas benda kecil, seperti virus atau bakteri yang akan Anda teliti.

2. Mikroskop Elektron

Mikroskop elektron merupakan macam-macam mikroskop selanjutnya yang harus untuk diketahui oleh masyarakat awam. Mikroskop elektron menggunakan sumber energi dari elektron untuk memperbesar bayangan objek. Mikroskop jenis ini menggunakan medan magnet sebagai pengganti lensa untuk mempusatkan energi pada objek yang diamati. Terdapat dua macam mikroskop elektron, yakni SEM atau Scanning Electron Microscope dan TEM atau Transmition Electron Microscope.

4 dari 4 halaman

Cara Menggunakan Mikroskop

Selain mengetahui tentang pengertian dan macam-macam mikroskop, penting untuk mengetahui tentang bagaimana cara menggunakan mikroskop yang baik dan benar.

1. Menyiapkan Mikroskop

Cara pertama untuk menggunakan mikroskop yakni menyiapkan terlebih dahuolu mikroskopnya di meja atau di tempat yang nyaman. Karena ketika menggunakan mikroskop harus dengan konsentrasi tinggi agar bisa lebih mudah memantau benda-benda atau makhluk yang hidup yang ukurannya kecil.

2. Kenali Mikroskop dan Bagian-Bagiannya

Setelah menyiapkan mikroskop, langkah selanjutnya adalah mengenali terlebih dahulu bagian-bagian mikroskop sebelum menggunakannya. Agr ketika digunakan anda bisa fokus untuk meneliti benda kecil tersebut.

3. Mengatur Penyinaran

Sebelum meletakkan objek pada mikroskop untuk diteliti, anda harus mengatur penyinaran mikroskop terlebih dahulu. Aturlah cermin agar diperoleh penyinaran yang merata di seluruh medan pandangan. Jika sinar terlalu kuat, anda bisa mengatur diafragma pada mikroskop tersebut.

4. Mengatur Lensa

Selain mengatur penyinaran, penting juga untuk anda mengatur lensa sebelum menggunakan mikroskop. Putar revolver untuk memindahkan lensa objektif dengan pembesaran paling kecil (4x) tepat di tengah meja sediaan, sampai terdengar bunyi klik. Selanjutnya letakkan preparat di tengah meja sediaan dan jepit agar tidak bergeser perhatikan dari samping dan putarlah makrometer. Anda bisa menggunakan mikrometer atau pengatur fokus halus untuk memfokuskan preparat.

5. Mengganti Perbesaran

Cara mengganti perbesaran, yaitu dengan cara memutar lensa objektif yang diinginkan ke sumbu optik hingga terdengar bunyi klik dengan memutar revolver. Lensa objektif cenderung memerlukan pencahayaan yang kuat. Sehingga anda harus mengatur diafragma untuk mendapatkan pencahayaan yang baik.

Itulah macam-macam mikroskop beserta pengertian dan cara menggunakannya.

Loading
Artikel Selanjutnya
Macam-macam Warna Hijau, Cocok untuk Desain Rumah dan Ruang
Artikel Selanjutnya
7 Kesalahan Dalam Mencuci Pakaian yang Jarang Diperhatikan