Sukses

14 Macam-Macam Pasta Paling Terkenal di Indonesia, Kenali Cara Mengolahnya

Macam-macam pasta memiliki perbedaan dari segi bentuk dan ukuran.

Liputan6.com, Jakarta Macam-macam pasta memiliki perbedaan dari segi bentuk dan ukuran. Bahkan di negara asalnya, Italia terdapat begitu banyak jenis pasta. Setiap tahun tercipta bentuk pasta yang baru. Berbagai olahan pasta juga sudah terkenal di seluruh dunia, termasuk Indonesia.

Nama pasta juga berasal dari bahasa Italia yaitu pasta alimentare yang berarti adonan bahan makanan. Pasta merupakan olahan dari campuran tepung, telur dan air lalu dikeringkan, selanjutnya direbus kembali dan disajikan bersama saus. Dalam bahasa Italia, pasta yang khusus sebagai jenis kuliner disebut pastasciutta.

Macam-macam pasta yang sudah familiar di Indonesia adalah Spaghetti, Makaroni, hingga Lasagna. Di luar negara asalnya di Italia, pasta biasanya dijual di dalam kemasan dalam bentuk kering. Hal ini karena pasta segar buatan rumahan tidak tahan lama untuk disimpan karena memiliki kadar air yang sangat tinggi.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Kamis (26/3/2020) macam-macam pasta yang populer di Indonesia beserta cara mengolahnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

Spageti dan Macaroni

Spageti

Macam-macam pasta yang paling populer di Indonesia tentunya adalah spageti. Spageti adalah mi Italia yang berbentuk panjang seperti lidi. Umumnya dimasak 9-12 menit di dalam air mendidih dengan hasil akhir al dente yang artinya tidak lengket di gigi, tidak terlalu mentah, atau terlalu matang.

Cara menikmatinya pun bervariasi, tetapi yang sangat terkenal adalah spageti ala bolognese yaitu dengan saus daging cincang lalu ditaburi keju parmesan parut.

Macaroni

Macam-macam pasta yang tak kalah tenar adalah Macaroni. Macaroni merupakan jenis pasta kering yang dibuat dari gandum.

Macaroni ini bisa berbentuk lurus atau melengkung dengan lubang di bagian tengahnya. Macaroni biasanya disajikan dengan cara dipanggang dengan keju atau dijadikan isian sup.

3 dari 7 halaman

Lasagna dan Fettucine

Lasagna

Lasagna atau lasagne adalah salah satu macam-macam pasta yang dipanggang di oven dan merupakan makanan tradisional Italia. Jenis makanan ini berbentuk lembaran tipis dengan panjang sekitar 27 cm dan lebar 5 cm yang diberi isi dan disusun sampai 7 lapis.

Lasagna sendiri secara harfiah adalah lasagne yang berisikan daging. Selain daging bisa juga diisi sayur-sayuran, ayam, makanan laut dan sebagainya. Kulit Lasagna dibuat dari adonan tepung terigu yang setelah diberikan isian, lalu dipanggang di oven sampai matang.

Fettucine

Fettuccine yang dalam bahasa Italia berarti 'pita kecil' adalah macam-macam pasta yang populer di masakan Romawi. Fettucine juga memiliki bentuk yang sama seperti kwetiau, yaitu panjang dan tipis.  

Fettucine berukuran tebal datar yang terbuat dari telur dan tepung. Fettuccine secara tradisional dibuat segar, tetapi fettuccine kering juga bisa dibeli di toko-toko. Jenis pasta ini umumnya dihidangkan bersama saus tomat dengan taburan daging atau carbonara. Fettucine juga cukup mudah ditemukan sebagai menu di restoran-restoran di Indonesia.

4 dari 7 halaman

Linguini dan Fusilli

Linguini

Macam-macam pasta berikutnya adalah Linguini yang ukurannya lebih besar dari spageti dan pipih seperti kwetiau, tapi lebih kecil dari fettuccine. Di Italia, nama linguine berarti 'lidah kecil'.

Linguine juga memiliki nama lain yang disebut trenette atau bavette. Linguine berasal dari Genoa dan Liguria wilayah Italia. Biasanya Linguine disajikan dengan aneka seafood atau pesto.

Fusilli

Fusilli merupakan salah satu pasta yang bentuknya spiral. Fusilli biasanya diolah dengan saus krim dan kacang polong. Fusilli sendiri dapat dihidangkan dengan bahan lainnya seperti daging ayam, daging sapi, sayur-sayuran, dan sebagainya. Fusilli bisa dijadikan pasta, campuran sup, hingga digoreng dengan taburan serbuk cabai.

5 dari 7 halaman

Vermicelli dan Ravioli

Vermicelli

Macam-macam Pasta ini mirip dengan spageti, hanya saja vermicelli berukuran lebih kecil dan pendek. Pasta ini sering diolah bersama hidangan laut dan bisa juga dijadikan isi sup. Vermicelli merupakan salah satu pasta tradisional Italia. Secara literal, namanya berarti 'cacing kecil'.

Ravioli 

Ravioli merupakan macam-macam pasta yang terdiri dari adonan pasta tipis yang mempunyai isian di dalamnya seperti pangsit. Ravioli biasanya disajikan dalam kaldu atau dengan saus.Ravioli umumnya berbentuk bujur sangkar, meskipun terkadang dibuat dalam bentuk seperti lingkaran dan setengah lingkaran.

6 dari 7 halaman

Farfalle dan Penne

Farfalle 

Nama Farfalle sebagai macam-macam pasta berasal dari bahasa Italia yaitu farfalle yang berarti kupu-kupu. Pasta yang cantik ini berbentuk seperti kupu-kupu. Pasta ini seringkali disebut dengan “kupu-kupu pasta”. Farfalle dapat disajikan semua jenis saus, tetapi paling cocok dengan saus krim dan saus tomat.

Penne 

Kata Penne sebagai satu di antara macam-macam pasta berasal dari bahasa Latin yaitu penna, yang berarti “bulu” atau “pena”. Penne merupakan pasta yang berbentuk seperti pena, dengan bentuk tabung berukuran kecil yang dipotong diagonal. Penne cocok disajikan dengan berbagai jenis saus, mulai dari krim, tomat, atau daging.

7 dari 7 halaman

Macam-macam Pasta Lainnya

Spaghettini

Spaghettini adalah pasta yang mirip sekali dengan spageti. Tapi bedanya, bentuk spaghettini lebih kecil dan tipis dibanding dengan spageti. Tagliatelle

Tagliatelle merupakan jenis pasta klasik, bentuknya pipih dan mirip fettucine. Hanya saja tagliatelle berukuran sedikit lebih kecil dari fettucine.

Cavatelli

Cavatelli yang umum adalah pasta kerang kecil yang terlihat seperti miniatur roti hotdog. Cavatelli juga dikenal dengan nama orecchie.

Rotini

Bentuknya mirip dengan fusilli, tetapi lebih spiral dan lebih tebal. Pasta ini sering diolah dengan daging, saus keju, juga sayuran.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.