Sukses

Cara Membuat Mesin Penetas Telur Otomatis yang Murah

Cara membuat mesin penetas telur otomatis tentunya memiliki banyak keuntungan dan kemudahan.

Liputan6.com, Jakarta Cara membuat mesin penetas telur otomatis tentunya sangat diperlukan oleh orang yang menjalankan usaha ternak unggas. Membuat sendiri mesin penetas telur dapat menghemat biaya dan menghemat waktu untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Mesin penetas telur sederhana yang akan kamu buat tentunya akan sangat berguna. Cara kerja mesin penetas telur otomatis ini juga sederhana yaitu hanya membuat kondisi atau keadaan hangat layaknya telur yang sedang dierami induknya.

Cara membuat mesin penetas telur otomatis tentunya memiliki banyak keuntungan dan kemudahan. Pada sistem otomatis ini, kamu tidak perlu lagi membolak-balikkan telur unggas dengan tangan sebagaimana biasanya dilakukan pada penetesan secara manual.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Kamis (26/3/2020) cara membuat mesin penetas telur otomatis.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Bahan dan Alat

Bahan dan alat dalam cara membuat mesin penetas telur otomatis ini harus kamu siapkan terlebih dahulu. Berikut adalah bahan-bahan sebagai cara membuat mesin penetas telur otomatis berkapasitas 100 butir dengan sumber panas dari listrik:

- Multiplek / triplek 9 mm

- Engsel

- Kawat ram diamater 0.5 cm

- Seng

- Thermostat

- Kabel listrik

- Fiting lampu

- Steker listrik

- Lampu bohlam

- Thermometer

- Baki/nampan air

- Paku triplek dan lem kayu

Peralatan:

- Gergaji kayu

- Gergaji besi

- Meteran

- Alat tulis

- Bor

- Obeng

- Tang

- Pahat kayu

- Palu.

3 dari 5 halaman

Cara Membuat Mesin Penetas Telur Otomatis

- Potong Multiplek/Triplek dengan ukuran 60 x 30 x 30 cm dan rangkaikan sehingga terbentuk kotak/boks.

- Buat lubang dengan ukuran 10 x 5 cm pada bagian atas kotak mesin tetas untuk ventilasi udara dan berilah penutup yang dapat dibuka dan ditutup. - Buat lubang pada bagian bawah kotak dengan ukuran 10 x 20 dan tutuplah dengan selembar pelat seng. Kegunaan pelat seng ini adalah sebagai elemen pemanas darurat jika terjadi pemadaman listrik. Jika terjadi pemadaman listrik maka taruhlah di bawah pelat seng tersebut lampu minyak.

- Buat rak tempat meletakkan telur di dalam mesin tetas. Bahan rak tempat telur dapat dibuat dari kawat lurus seperti pada gambar, dapat pula dipakai kawat ram atau kamu dapat berkreasi lain dengan memanfaatkan bahan yang ada di sekitar kamu, yang penting rak dapat digunakan untuk meletakkan telur di dalam ruang mesin penetas.

-  Hal yang perlu diperhatikan dalam pembuatan mesin tetas adalah kotak atau boks mesin penetas jangan ada yang bocor atau tidak tertutup rapat. Apabila terjadi kebocoran maka suhu dalam ruang mesin penetas tidak akan tercapai karena udara panas akan keluar melalui lubang tersebut.

4 dari 5 halaman

Bagian Penting dalam Mesin

Inilah beberapa bagian penting dalam cara membuat mesin penetas telur otomatis yang perlu diperhatikan:

- Regulator / Thermostat

Thermostat merupakan alat yang berfungsi untuk mengatur temperature dalam mesin tetas secara otomatis. Apabila alat ini terkena panas maka kapsul akan mengembang sehingga akan menekan sakelar (mikroswitch) dan aliran listrik akan terputus, sebaliknya apabila suhu turun maka kapsul akan mengempis dan akan menyalakan kembali lampu pijar sebagai sumber panas.

Untuk mengatur thermostat agar dapat memutus dan menyambung kembali aliran listrik yang menuju ke lampu pijar tidaklah sulit, untuk mengaturnya dengan cara memajukan atau memundurkan putaran baut penyangga kapsul.

Jika kamu mengetahui cara membuat Thermostat, kamu dapat langung merangkainya sendiri. Namun jika menyulitkan, mungkin kamu bisa cek harga Thermostat Penetas Telur dan membelinya langsung.

- Baki/Nampan Air

Baki atau nampan air berguna untuk memenuhi standar kelembaban mesin tetas. Isi air dalam baki dengan ketinggian 2-3 cm / dibawah permukaan bibir baki. Apabila akan menambah air dalam baki, gunakan air hangat supaya perubahan suhu dalam mesin tidak turun secara drastis.

- Rak Telur

Rak telur berfungsi sebagai tempat telur yang akan ditetaskan, rak telur diisi sesuai dengan kapasitasnya.

- Ventilasi

Ventilasi ini diperlukan untuk kebutuhan oksigen telur tetas dalam mesin. Ventilasi haruslah dapat diatur sesuai kebutuhan. Apabila ventilasi tidak ada maka udara yang ada didalam mesin tetas akan meracuni bibit telur dan dapat menyebabkan bibit telur tersebut mati.

- Thermometer

Sedangkan thermometer berfungsi sebagai indikator suhu yang diperlukan oleh mesin tetas.

5 dari 5 halaman

Cara Kerja Mesin Penetas Telur Otomatis

Cara membuat mesin penetas telur otomatis tentunya perlu kamu ketahui cara kerjanya, berikut cara membuat mesin penetas telur otomatis bekerja:

- Hubungkan colokan thermostat dan colokan timer ke listrik 220v. - Cara kerja  thermostat  adalah  pada  saat  thermostat  mendapatkan  arus  listrik, thermostat  akan  menghidupkan  lampu  dan  kipas.  Pada  saat  thermostat  baru dihidupkan  maka  thermostat  akan  menjaga  suhu  ruangan  agar  tetap  stabil  yaitu pada suhu 38°C.

- Jika suhu ruangan akan mencapai 38,1°C maka thermostat secara otomatis  akan  memutus  arus  ke  lampu  dan  kipas  lalu  mengakibatkan  lampu  dan kipas  mati  dan  secara  otomatis  suhu  diruangan  akan  menurun. - Disaat  suhu ruangan yang diturunkan mencapai suhu 37,5°C maka secara otomatis thermostat akan  menghidupkan  kembali  lampu  dan  kipas  agar  suhu  ruangan  bisa  kembali stabil, yaitu pada suhu 38°C.

- Cara  kerja  timer  adalah  memutar  gear  dinamo  yang  dihubungkan  dengan  gear besar  sehingga  gear  dinamo  dapat  memutar  gear  besar  dan  mengakibatkan  rak telur miring  ±30°. 

- Kerja  timer  telah  disetting  untuk  dapat  memiringkan  rak  telur selama  1x3  jam.  Jadi  pada  saat  rak  telur  miring  ke  kiri  atau  ke  kanan  maka  rak telur tersebut akan menekan switch timer dan timer akan memutus arus ke dinamo selama 3 jam dan mengakibatkan dinamo berhenti bekerja selama 3 jam.

- Setelah 3 jam  kemudian  timer  akan  menghubungkan  arus  kembali  ke  dinamo dan  dinamo akan memutar gear dinamo yang terhubung dengan gear besar ke arah sebaliknya sampai rak  menekan  switch. 

- Proses ini akan terus berlangsung selama 1x3 jam.

Begitulah cara membuat mesin penetas telur otomatis yang bisa kamu ikuti. Sebaiknya kamu berkonsultasi terlebih dahulu dengan orang yang lebih ahli dan diarahkan. Hal ini agar mesin penetas telur otomatis bisa beroperasi secara maksimal.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini