Sukses

6 Tempat Wisata di Kota Padang yang Wajib Dikunjungi, Alam hingga Museum

Beberapa rekomendasi tempat wisata di Kota Padang ini memiliki sangat menarik dan dapat dijadikan destinasi tujuan berliburmu.

Liputan6.com, Jakarta Tempat wisata di Kota Padang memang sangat menarik untuk dikunjungi. Kota Padang selain terkenal akan segala macam sajian khas dan lezatnya, kota yang menjadi latar belakang cerita legenda Malin Kundang ini juga memiliki berbagai tempat wisata di Kota Padang yang menarik dan sangat beragam, sehingga menjadi destinasi wajib untuk dikunjungi saat berlibur.

Kota Padang merupakan kota terbesar ketiga di Sumatera dan kota ini menjadi lokasi singgah jika akan menuju ke Pulau Batu atau saat akan menuju ke Pulau Mentawai. Tempat wisata di Kota Padang juga banyak terdapat beragam pantai yang indah dan memikat mata dan dapat menjadi tujuan tempat wisata di Kota Padang. Beberapa pantai tersebut di antaranya adalah Pantai Air Manis yang terkenal akan legenda batu Malin Kundang dan Pantai Pulau Pasumpahan yang terkenal akan keindahan pantai pasir putihnya dan air yang dapat dikatakan cukup jernih.

Selain beraneka ragam wisata pantai, tempat wisata di Kota Padang juga memiliki beberapa jenis wisata lain seperti Museum Adityawarman, Jembatan Siti Nurbaya, Masjid Raya Sumatera Barat, dan Kota Tua Padang. Beberapa tempat wisata di Kota Padang tersebut wajib untuk di kunjungi.

Nah untuk lebih jelasnya, Liputan6.com telah merangkum beberapa rekomendasi tempat wisata di Kota Padang yang wajib untuk dikunjungi, Jumat (27/3/2020).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

1. Kota Tua Padang

Walaupun tempat wisata di kota Padang ini terkesan tidak terawat dengan baik, tapi tempat wisata di Kota Padang ini menjadi destinasi wisata yang patut untuk dikunjungi. Yang menarik di Kota Tua Padang ini adalah deretan gedung tua yang usianya hampir mencapai ratusan tahun.

Dan apabila Anda tertarik dengan sejarah dan budaya, maka tempat wisata di Kota Padang ini cocok untuk dikunjungi. Tempat wisata di Kota Padang ini membentang dari Jalan Muaro, Pasa Mudik, Pasa Gadang, Batang Arau, Pada Tanah Kongsi, hingga wilayah Pondok.

3 dari 7 halaman

2. Jembatan Siti Nurbaya

Tempat wisata di Kota Padang yang selanjutnya merupakan sebuah jembatan. Pemberian nama Siti Nurbaya sendiri tidak lain karena karena fungsinya sebagai akses penghubung menuju Gunung Padang yang menjadi latar tempat novel klasik Siti Nurbaya.

Tempat wisata di Kota Padang ini membentang sepanjang 156 meter di atas Sungai Batang Aru. Jembatan Siti Nurbaya ini memakan waktu pembangunan infrastruktur yang cukup panjang, yakni sejak tahun 1955 hingga 2002. Selain sebagai jalur akses penghubung, jembatan ini biasanya juga dijadikan tempat untuk menikmati panorama matahari terbenam dengan pemandangan Kota Tua Padang.

4 dari 7 halaman

3. Museum Adityawarman

Museum Adityawarman resmi dibuka pada tanggal 16 Maret 1977. Nama Adityawarman sendiri diambil dari nama Adityawarman, raja Malayapura pada abad XIV.

Tempat wisata di Kota Padang ini berada di area seluas sekitar 2,6 hektare dengan luas bangunan sekitar 2.855 m2. Di museum Adityawarman terdapat koleksi benda-benda bersejarah baik cagar budaya Minangkabau maupun nasional.

Dari berbagai macam koleksi yang ada di sini, salah satu yang paling ikonik yaitu Rumah Bagonjong atau Banjuang yang memiliki arsitektur khas Minang. Karena beragamnya benda-benda khas budaya Minang di sini, membuat Museum Adityawarman terkenal dengan sebutan Taman Mini ala Sumatera Barat.

5 dari 7 halaman

4. Masjid Raya Sumatera Barat

Sedikit berbeda dari kebanyakan masjid di Indonesia, Masjid Raya Sumatera Barat tidak memiliki kubah di atasnya bangunannya. Salah satu tempat ibadah umat muslim terbesar di Sumatera Barat ini unik karena menggunakan arsitektur Rumah Gadang dengan empat sudut lancip khas budaya Minangkabau. Bangunan dari Masjid Raya Sumatera Barat ini berbentuk lonjong dengan luas mencapai 18.000 m2.

Salah satu masjid yang dapat menjadi tempat wisata di Kota Padang ini tergolong cukup baru, pembangunan masjid ini baru selesai dibangun pada awal 2019 lalu. Hal yang cukup menarik adalah bangunan yang terdiri dari tiga lantai ini juga dirancang agar tahan gempa hingga 10 magnitudo. Oleh sebab itu, Masjid Agung Sumatera Barat juga sering difungsikan sebagai lokasi evakuasi sewaktu-waktu, apabila terjadi hal-hal yang tidak diinginkan seperti bencana alam gempa bumi.

6 dari 7 halaman

5. Pantai Air Manis

Tempat wisata di Kota Padang berupa pantai ini juga sering disebut sebagai Pantai Malin Kundang. Alasan mengapa disebut sedemikian rupa karena ada sebuah batu yang menyerupai bentuk manusia tengah bersujud.

Salah satu hal yang tak kalah menarik, karena ada juga bebatuan yang berbentuk tali tambang kapal serta kayu yang menyerupai bentuk pecahan badan kapal. Penduduk setempat juga percaya bahwa batu-batuan tersebut tidak hanya sebatas kebetulan, melainkan menjadi bukti jika legenda dari Malin Kundang memang sungguh terjadi.

7 dari 7 halaman

6. Pantai Pulau Pasumpahan

Tempat wisata di Kota padang yang terakhir yaitu Pantai Pulau Pasumpahan. Pantai ini terletak di sebuah pulau kecil bernama Pulau Pasumpahan yang berada di sisi barat Pantai Padang dengan luas sekitar 5 hektar. Pasir di Pantai Pulau Pasumpahan berwarna putih, berpadu dengan jernihnya air laut yang berwarna biru sejauh mata memandang.

Daya tarik lain yang dimiliki Pantai Pulau Pasumpahan adalah permukaan laut yang seolah terbagi menjadi tiga warna dengan gradasi warna bening, hijau, dan biru jika dilihat dari bibir pantai. Selain hanya duduk bersantai dan berjemur menikmati keindahan pantai, Anda juga dapat melakukan aktivitas snorkeling, berkemah, hingga bermain voli pantai di tempat yang telah tersedia di sekitar Pantai Pulau Pasumpahan.

Nah setelah kita simak beberapa rekomendasi tempat wisata di Kota Padang tersebut. Jangan lupa untuk persiapkan rencana perjalananmu ya, agar waktu kunjunganmu dapat efektif dan dapat menghemat budget perjalananmu juga.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.