Sukses

10 Manfaat Jus Buah Naga Merah, Tingkatkan Kekebalan Tubuh

Buah naga merah kaya akan nutrisi penting

Liputan6.com, Jakarta Manfaat jus buah naga merah tak hanya manis dan menyegarkan. Buah tropis yang dikenal dengan kulit tebal dan merahnya ini makin digemari banyak orang. Daging buahnya yang kaya air sangat cocok diolah menjadi jus segar.

Ada dua jenis buah naga yang bisa ditemui, buah naga berdaging putih dan berdaging merah. Keduanya sama-sama bernutrisi. Namun, buah naga merah dinilai memiliki kandungan vitamin dan mineral yang lebih tinggi. Ini membuat banyak orang tak ragu mengonsumsi manfaat jus buah naga merah. 

Warna merah pada buah naga didapat dari kandungan antosianin yang tinggi. Antosianin merupakan antioksidan kuat yang sangat bermanfaat bagi tubuh. Manfaat jus buah naga merah dapat menjadi minuman antioksidan yang menyehatkan.

Manfaat jus buah naga merah bisa dikonsumsi siapa saja. Dengan porsi yang wajar, manfaat jus buah naga merah bisa di minum setiap hari dengan aman.

Berikut 10 manfaat jus buah naga merah yang berhasil Liputan6.com rangkum dari berbagia sumber, Jumat(27/3/2020).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Manfaat jus buah naga merah

Sehatkan pencernaan

Buah naga kaya akan serat yang baik untuk pencernaan. Konsumsi serat yang cukup dapat mencegah sembelit, diare, dan masalah pencernaan lainnya. Buah naga juga merupakan prebiotik yang sangat baik untuk kesehatan usus.

Prebiotik adalah jenis serat spesifik yang mendorong pertumbuhan bakteri sehat di usus. Secara khusus, buah naga terutama mempromosikan pertumbuhan dua keluarga bakteri sehat: bakteri asam laktat dan bifidobacteria.

Sehatkan jantung

Manfaat jus buah naga merah selanjutnya adalah terkait dengan kesehatan jantung. Buah naga mengandung magnesium yang tinggi. Asupan magnesium yang lebih tinggi dapat mengurangi risiko penyakit jantung dan stroke.

Beta-karoten dan likopen adalah pigmen tanaman yang memberi warna cerah pada buah naga. Diet kaya karoten telah dikaitkan dengan pengurangan risiko kanker dan penyakit jantung

Biji buah naga juga merupakan sumber asam lemak esensial tak jenuh seperti asam linoleat. Lemak baik ini dapat menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh. Serat dalam jus buah juga secara positif terkait dengan risiko penyakit jantung yang lebih rendah.

3 dari 6 halaman

Manfaat jus buah naga merah

Kuatkan kekebalan tubuh

Vitamin C dan karotenoid dalam buah naga dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Nutrisi penting ini mampu mencegah infeksi dengan melindungi sel darah putih dari kerusakan. Sebagai antioksidan kuat, vitamin C dan karotenoid dapat menetralkan radikal bebas dan mempertahankan sel darah putih dari bahaya.

Sehatkan otak

Buah naga mengandung magnesium yang mampu mengurangi stres dan meningkatkan fungsi otak. Mengonsumsi buah naga secara teratur dapat menurunkan risiko degenerasi saraf. Jus buah naga merah diteliti mampu meningkatkan daya ingat dan kemampuan belajar.

4 dari 6 halaman

Manfaat jus buah naga merah

Bantu turunkan berat badan

Dalam studi pada tikus, Betacyanin yang ditemukan dalam buah naga merah dapat membantu mengelola diabetes dan mencegah obesitas dengan mengatur pertumbuhan bakteri menguntungkan di usus. Buah naga rendah kalori dan tinggi serat. Kandungan serat dan air yang tinggi dari buah naga dapat membantu tubuh kenyang untuk waktu yang lama.

Cegah anemia

Buah naga adalah salah satu dari sedikit buah segar yang mengandung zat besi. Zat besi berperan penting dalam mengangkut oksigen ke seluruh tubuh. Kekurangan zat besi dikaitkan dengan anemia defisiensi besi. Konsumsi jus buah naga merah dapat mencegah timbulnya anemia. Vitamin C dalam buah naga juga membantu tubuh menyerap zat besi secara maksimal.

5 dari 6 halaman

Manfaat jus buah naga merah

Kaya serat

Satu gelas jus buah naga merah merupakan sumber serat yang sempurna. Walaupun serat mungkin paling terkenal karena perannya dalam pencernaan, penelitian menunjukkan bahwa serat juga dapat berperan dalam melindungi terhadap penyakit jantung, mengelola diabetes tipe 2 dan mempertahankan berat badan yang sehat.

Sehatkan mata

Buah naga merah kaya akan karotenoid yang baik untuk mata. Beta-karoten sangat penting untuk kesehatan mata yang baik. Kehadiran beta-karoten dalam buah naga dapat membantu meningkatkan penglihatan dan mengurangi risiko katarak dan degenerasi makula.

6 dari 6 halaman

Manfaat jus buah naga merah

Baik untuk kehamilan

Buah naga kaya akan zat besi, mengonsumsinya selama kehamilan dapat membantu mencegah anemia. Jus buah naga juga mengandung mineral penting seperti kalium, kalsium, dan magnesium. Nutrisi ini membantu sirkulasi darah, pembentukan tulang, dan kesehatan otak janin.

Antioksidan pada buah naga juga membantu menjaga kesehatan ibu dan janin. Mengonsumsi antioksidan saat hamil bermanfaat untuk menjaga tubuh dari radikal bebas, mengendalikan kadar kolesterol, menguatkan sistem kekebalan tubuh, mencegah pertumbuhan sel kanker, dan membantu perkembangan otak janin.

Sehatkan kulit

Buah naga juga mengandung nutrisi yang baik untuk kulit. Vitamin C terbukti mencerahkan warna kulit, mengurangi hiperpigmentasi, dan memperbaiki kulit. Vitamin C juga membantu meningkatkan elastisitas kulit.

Buah naga juga mengandung antioksidan yang memiliki sifat anti-penuaan. Antioksidan ini menghambat enzim yang memecah komponen kulit seperti kolagen dan asam hialuronat. Senyawa dalam buah naga juga dikatakan mengontrol produksi sebum dan membantu mengendalikan jerawat.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini