Sukses

Cerita Detri Warmanto Sembuh dari Corona COVID-19, Keakuratan 95 Persen

Liputan6.com, Jakarta Setelah melakukan isolasi mandiri sejak Sabtu (21/3/2020) lalu, aktor Detri Warmanto dikabarkan telah sembuh dari virus Corona COVID-19. Hal ini ia ungkapkan dalam Instagram Storiesnya pada Kamis (26/3/2020) malam kemarin. 

Kabar bahagia tersebut ia bagikan bersama unggahan hasil rapid test miliknya. Hasil tes tersebut mengungkapkan bahwa Detri Warmanto sudah negatif dari virus corona COVID-19. Ini membuat suami dari Uni Putri ini lega dan bersyukur akan proses pemulihannya.

Selama melakukan isolasi diri, Detri Warmanto banyak membagikan informasi mengenai virus corona covid-19 dan mengimbau masyarakat untuk tetap berhati-hati pada virus ini. Berikut cerita Detri Warmanto sejak dikabarkan terinfeksi Corona COVID-19 hingga akhirnya mendapat hasil tes negatif corona COVID-19, dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Jumat(27/3/2020).

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

2 dari 7 halaman

Positif corona COVID-19

Detri Warmanto menyatakan dirinya terinfeksi virus Corona COVID-19 pada Jumat (20/3/2020) malam lewat akun Indonesia. Ia dinyatakan positif terjangkit virus Corona oleh tim dokter Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Soebroto Jakarta.

Detri Warmanto merupakan artis Indonesia pertama yang dikabarkan terjangkit virus Corona COVID-19. Detri Warmanto bercerita, ia dan keluarga besar menjalani tes virus Corona, Minggu (15/3/2020), di RSPAD Gatot Subroto Jakarta.

Meski begitu, Detri Warmanto bersyukur bahwa istri dan kedua anaknya dinyatakan negatif virus Corona. Ia pun lantas dianjurkan untuk melakukan karantina mandiri selama 14 hari.

3 dari 7 halaman

Kondisi baik

Selama dinyatakan positif corona, kondisi Detri Warmanto dalam keadaan baik. Bahkan ia dinyatakan positif corona tanpa gejala apapun seperti batuk, pilek dan sesak napas.

Ia pun mewanti pada masyarakat untuk tetap waspada terhadap infeksi virus corona COVID-19. Ini karena virus corona COVID-19 bisa tidak menimbulkan gejala apa pun untuk orang yang positif sekali pun.

4 dari 7 halaman

Pilih isolasi mandiri

Setelah dinyatakan positif, Detri Warmanto langsung menjalani isolasi. Ia pun memilih untuk isolasi mandiri di rumah alih-alih di rumah sakit.

"Masih banyak di luar sana kondisi orang sakit, dan orang sakit tapi kena covid. Jadi kalau yang sehat dan tanpa gejala seperti saya, jauh disarankan untuk self quarantine," ucap Detri Warmanto saat dihubungi Liputan6.com, Selasa (24/3/2020).‎

“Kita enggak pernah tahu kalau diri kita sekarang sehat-sehat seperti gue sekarang alhamdulillah. Dan kebetulan gue cek Covid-19 dan positif.” ujarnya dalam sebuah unggahan.

Di pengujung imbauannya, Detri Warmanto mengajak masyarakat tes kesehatan. “Kalau bisa cek, cek ke RS. Kalau enggak bisa, tetap di rumah. Jangan ke mana-mana, ya,” pungkasnya.

5 dari 7 halaman

Kegiatan selama isolasi

Selama melakukan isolasi, Detri Warmanto lebih banyak beristirahat di rumah. Detri Warmanto mengisolasi dirinya dan sebisa mungkin tidak melakukan kontak dengan orang lain, segala kebutuhannya ia siapkan sendiri. Ia pun tak berhenti berolahraga untuk menguatkan sistem imunnya.

6 dari 7 halaman

Hasil tes negatif

7 hari setelah dinyatakan positif, Detri pun kembali melakukan tes virus Corona COVID-19. Kali ini ia menjalani tes dengan metode rapid test.

Dalam Instagram storiesnya, ia mengunggah hasil tes alat uji darah Vondfo nCov warna putih. Tes tersebut menunjukkan satu garis merah yang menunjuk pada huruf C.

Ia pun menjelaskan maksud dari unggahannya tersebut. “Kalau satu strip C negatif. Kalau 2 strip atau (T) – positif.” jelasnya.

7 dari 7 halaman

Keakuratan tes

Detri juga menjelaskan bahwa keakurantan tes yang ia lakukan mencapai 88 sampai 95 persen. Ia juga menjelaskan bagaimana cara menggunakan alat rapid test tersebut.

Aktor kelahiran Jakarta, 31 Oktober 1986 ini pun menjelaskan "Ditusuk pakai jari, ditetes ke lubang yang merah terus lubang paling bawah dikasih obat tetes sebanyak tiga kali, 15-30 menit hasilnya.”

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.