Sukses

12 Manfaat Bunga Lawang untuk Kesehatan, Cegah Flu

Liputan6.com, Jakarta Bunga lawang atau pekak merupakan salah satu rempah yang sering dipakai dalam penyedap masakan. Bentuknya menyerupai bunga dengan 8 kelopak. Sebenarnya rempah ini bukanlah bunga melainkan buah dari tumbuhan Illicium verum.

Bunga lawang memiliki rasa manis dan pedas dengan aroma yang kuat. Tak cuma jadi penyedap, bunga lawang juga kerap masuk dalam campuran minuman herbal seperti teh atau wedang.

Di Indonesia, minuman dengan campuran bunga lawang yang terkenal adalah wedang pokak yang berasal dari Jawa Timur. Minuman ini dipercaya bisa meningkatkan kekebalan tubuh.

Bunga lawang memang memiliki efek herbal yang bermanfaat. Rempah ini kaya akan antioksidan dan dapat mencegah infeksi seperti bakteri, virus, dan jamur. Berikut 12 manfaat bunga lawang seperti dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Sabtu (28/3/2020).

2 dari 7 halaman

Manfaat Bunga Lawang

Anti jamur

Bunga lawang merupakan sumber anethole flavonoid. Senyawa ini memikiki manfaat antijamur yang kuat. Penelitian menunjukkan bahwa anethole dapat menghambat pertumbuhan jamur patogen pada tanaman pangan tertentu.

Penelitian tabung juga mengungkapkan senyawa bioaktif lain yang ditemukan dalam minyak esensial bunga lawang seperti terpene linalool dapat menekan pertumbuhan infeksi jamur pada manusia.

Anti bakteri

Manfaat bunga lawang selanjutnya adalah menghambat pertumbuhan bakteri penyebab penyakit. Beberapa penelitian telah mengungkapkan bahwa ekstrak bunga lawang sama efektifnya dengan antibiotik terhadap beberapa bakteri patogen yang kebal obat.

Ini mungkin sangat berguna untuk pengembangan obat antibiotik baru di masa depan. Namun, penelitian lebih lanjut masih dibutuhkan untuk memahami efek ini.

3 dari 7 halaman

Manfaat Bunga Lawang

Cegah virus

Bunga lawang mengandung asam shikimik, senyawa dengan kemampuan antivirus yang kuat. Senyawa ini merupakan bahan aktif utama sejumlah obat flu. Flu, seperti influenza, disebabkan oleh infeksi virus.

Manfaat bunga lawang sebagai pencegah virus sudah terbukti dan digunakan secara farmakologis. Sejumlah penelitian tabung juga menunjukkan minyak atsiri bunga lawang dapat mengobati jenis infeksi virus lainnya, termasuk herpes simpleks tipe 1.

Lancarkan sirkulasi darah

Bunga lawang juga merupakan sumber zat besi yang baik. Zat besi membantu meningkatkan produksi sel darah merah. Ini mampu meningkatkan tingkat energi dengan meningkatkan sirkulasi dan oksigenasi pada tubuh.

4 dari 7 halaman

Manfaat Bunga Lawang

Atasi kembung

Bunga lawang juga terkenal untuk mengatasi kembung dan masalah pencernaan lainnya. Perut kembung, gas, dan kepenuhan adalah gejala gangguan pencernaan. Dalam pengobatan tradisional di Cina, Turki, dan Persia bunga lawang digunakan untuk mengatasi masalah pencernaan. Rempah ini mengurangi kejang perut yang disebabkan oleh gas.

Cegah peradangan

Bunga lawang adalah antioksidan dan anti-inflamasi yang kuat. Efek ini menghambat aktivasi beberapa senyawa pro-inflamasi dalam sistem kekebalan tubuh. Bunga lawang juga dapatmencegah aterosklerosis, rematik, bronkitis, dan penyakit radang lainnya.

5 dari 7 halaman

Manfaat Bunga Lawang

Kaya antioksidan

Bunga lawang sangat kaya akan antioksidan. Mendapatkan antioksidan yang cukup dalam makanan dapat memerangi radikal bebas dan mencegah perkembangan penyakit kronis. Berkat kandungan antioksidannya yang tinggi, beberapa penelitian bahkan menemukan bahwa bunga lawang juga efektif melawan sel kanker. Namun, penelitian terbatas, dan memerlukan penelitian lebih lanjut.

Sehatkan jantung

Antioksidannya yang kuat membuat bunga lawang mampu mencegah penumpukan radikal bebas berbahaya dan membantu meningkatkan kesehatan jantung. Meskipun penelitian terbatas, beberapa penelitian menunjukkan hasil yang menjanjikan tentang potensi rempah ini bagi kesehatan jantung.

alam sebuah penelitian pada hewan tahun 2015 yang diterbitkan dalam BMC Complementary and Alternative Medicine, ekstrak etanol dari bunga lawang ditemukan untuk membantu menormalkan perubahan dalam berat badan, tekanan darah dan kadar lipid pada tikus.

6 dari 7 halaman

Manfaat Bunga Lawang

Kuatkan kekebalan tubuh

Sebuah studi tabung yang diterbitkan dalam Journal of Medical Virology menemukan bahwa menggabungkan asam shikimic dengan quercetin, sejenis pigmen tumbuhan alami, dapat secara signifikan meningkatkan produksi sel-sel kekebalan tubuh. Ini dapat mengatasi berbagai gejala flu seperti demam, nyeri otot, dan kelelahan.

Kontrol gula darah

Kandungan anethole pada bunga lawang dinilai mampu menjaga kadar gula darah normal. Dalam sebuah penelitian hewan tahun 2015 di India, anethole dapat mengontrol kadar gula darah dengan mengatur beberapa enzim utama yang terlibat dalam metabolisme karbohidrat. Manfaat ini baik untuk penderita diabetes.

7 dari 7 halaman

Manfaat Bunga Lawang

Bantu tidur nyenyak

Sejumlah penelitian telah menemukan bahwa bunga lawang memiliki sifat penenang. Ini didapat dari sifat antioksidan dan kandungan magnesium di dalamnya. Antioksidan dan magnesium dapat merangsang pelepasan neurotransmiter tertentu yang menginduksi relaksasi dan tidur.

Sehatkan kulit

Dengan antioksidan yang tinggi, bunga lawang dapat melawan radikal bebas pada tubuh, tak terkecuali pada kulit. Bunga lawang dapat membantu meminimalkan munculnya keriput, meningkatkan elastisitas kulit, dan menutupi bekas luka dan noda di wajah.