Sukses

10 Makanan yang Bantu Tetap Bikin Fokus Selama Kerja dari Rumah

Asupan makaan sehat penting untuk otak.

Liputan6.com, Jakarta Anjuran untuk terus melakukan physcal distancing terus dilakukan untuk mencegah menyebarnya virus Corona COVID-19. Salah satu kebijakan yang sudah banyak diterapkan adalah work from home atau kerja dari rumah.

Bekerja dari rumah mungkin terasa lebih santai dan nyaman. Namun, terkadang fokusmu dalam bekerja bisa buyar karena berbagai alasan. Gangguan dalam bekerja bisa saja timbul saat bekerja dari rumah.

Kamu pasti memerlukan sesuatu yang bisa membuatmu tetap fokus saat bekerja. Untuk tetap fokus, kamu bisa mengonsumsi makanan tertentu. Makanan yang dimakan dapat berdampak besar pada struktur dan kesehatan otak. Ini dapat meningkatkan tingkat fokus dan konsentrasi.

Kemampuan otak untuk fokus didasarkan pada beberapa hal, termasuk keseimbangan gula darah, kepekaan terhadap makanan, dan fungsi saluran pencernaan. Konsumsi makanan bergizi sangat membantu meningkatkan fokus saat bekerja.

Berikut 10 makanan yang bisa meningkatkan fokus saat bekerja dari rumah seperti dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Sabtu (28/3/2020).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Makanan untuk tingkatkan fokus

Oatmeal

Saat mulai bekerja, mulailah terlebih dahulu dengan sarapan sehat seperti oatmeal. Biji-bijian seperti oatmeal kaya akan serat dan rendah kalori, ini membantu tubuh kenyang lebih lama. Dengan begitu, kamu jadi tidak tergoda untuk ngemil makanan manis atau gurih yang bisa menimbulkan rasa lapar dan membuyarkan fokus.

Cokelat hitam

Cokelat hitam dan bubuk kakao dikemas dengan beberapa senyawa peningkat otak, termasuk flavonoid, kafein, dan antioksidan. Flavonoid dalam cokelat berkumpul di area otak yang berhubungan dengan pembelajaran dan memori.

Cokelat hitam meningkatkan kadar serotonin dan endorfin, yang terkait dengan konsentrasi yang lebih besar. Para peneliti mengatakan senyawa ini dapat meningkatkan daya ingat dan juga membantu memperlambat penurunan mental.

3 dari 6 halaman

Makanan untuk tingkatkan fokus

Green tea

Teh hijau atau green tea bisa membantumu lebih fokus. Dibanding dengan kopi, green tea mengandung jumlah kafein yang lebih seimbang dengan asam amino theanine. Studi menunjukkan theanine meningkatkan kewaspadaan mental dan fokus.

Kafein dalam teh hijau dapat memberimu energi lebih untuk bekerja. Green tea telah terbukti meningkatkan kewaspadaan, kinerja, memori dan fokus.

Pisang

Jika kamu ingin menyemil sehat selama bekerja, cobalah untuk makan pisang. Pisang tak hanya manis dan mengenyangkan, tetapi mereka juga dapat membantu meningkatkan konsentrasi. Pisang kaya akan kalium, mineral penting untuk menjaga otak, saraf, dan jantung.

4 dari 6 halaman

Makanan untuk tingkatkan fokus

Bayam

Sayuran berdaun gelap seperti bayan sangat baik untuk meningkatkan fokus. Bayam dikenal sebagai makanan yang dapat meningkatkan kinerja otak. Bayam sarat dengan lutein, folat, dan beta-karoten. Nutrisi ini bisa meningkatkan fokus dan meningkatkan kejernihan mental.

Telur

Otak membutuhkan bahan bakar untuk bekerja. Telur yang mengandung koling merupakan komponen nutrisi penting untuk neurotransmiter otak. Kuning telur adalah sumber kolin yang paling terkonsentrasi dalam makanan. Nutrisi ini penting ntuk mengirimkan pesan yang tepat ke seluruh tubuh.

Telur merupakan sumber padat asam lemak omega-3 DHA. Penelitian telah menunjukkan bahwa asupan omega-3 yang memadai memiliki efek yang menguntungkan pada memori dan suasana hati.

5 dari 6 halaman

Makanan untuk tingkatkan fokus

Alpukat

Alpukat adalah sumber lemak tak jenuh tunggal yang sangat baik. Nutrisi ini dapat mendukung kinerja otak yang maksimal. Alpukat dapat menambah keseimbangan gula darah dan karbohidrat rendah glikemik. Dengan begitu fokus akan lebih terjaga selama bekerja.

Selain itu, makan lemak tak jenuh tunggal dapat mengurangi tekanan darah, dan tekanan darah tinggi dikaitkan dengan penurunan kognitif.

Salmon

Ikan berlemak seperti salmon adalah sumber omega-3 terbaik. Omega-3 berperan dalam menajamkan memori dan meningkatkan mood. Penelitian telah menemukan bahwa asam lemak omega-3 membantu meningkatkan fungsi kognitif dan intelektual di otak. Nutrisi ini mampu melindungi otak dari penurunan fungsinya. Protein dalam salmon mengandung asam amino yang penting untuk menjaga otak tetap fokus dan tajam.

6 dari 6 halaman

Makanan untuk tingkatkan fokus

Buah beri

Buah beri seperti raspberi atau bluberi kaya akan antioksidan. Buah ini juga baik untuk penambah daya ingat. Beberapa antioksidan dalam bluberi telah ditemukan menumpuk di otak dan membantu meningkatkan komunikasi antara sel-sel otak. Menambahkan bluberi pada oatmeal atau memakannya langsung bisa meningkatkan fokus saat bekerja.

Kacang-kacangan

Kacang-kacangan mengandung sejumlah nutrisi peningkat otak, termasuk vitamin E, lemak sehat, dan senyawa tanaman. Kacang kenari misalnya, dapat meningkatkan daya ingat, konsentrasi, dan kecepatan pemrosesan otak.

Bentuk lain yang lebih mudah ditemukan adalah kacang tanah. Kacang tanah mengandung banyak lemak dan protein tak jenuh untuk menjaga tingkat energi seseorang sepanjang hari.

Kamu juga bisa mengonsumsi kedelai yang baik untuk otak. Produk kedelai kaya akan kelompok antioksidan tertentu yang disebut polifenol. Antioksidan ini dapat mencegah penurunan fungsi otak dan dapat meningkatkan fokus.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini