Sukses

6 Manfaat Kulit Buah Naga untuk Wajah, Bisa Atasi Jerawat

Liputan6.com, Jakarta Manfaat kulit buah naga untuk wajah dapat mengatasi berbagai masalah kulit. Hal ini tentunya bisa menjadi alternatif bagi kamu yang ingin merawat kulit secara alami. Apalagi sekarang ini buah naga semakin digemari dan tidak terlalu sulit ditemukan.

Buah naga sendiri merupakan buah-buahan yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Memiliki bentuk yang unik dengan warna merahnya, rasanya yang enak dan khas dapat membuatmu ketagihan mengonsumsinya.

Manfaat kulit buah naga untuk wajah dipengaruhi oleh kandungan nutrisinya. Kamu bisa menggunakannya dengan mengonsumsinya secara rutin maupun dengan menerapkannya sebagai masker di wajah.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Senin (30/3/2020) tentang manfaat kulit buah naga untuk wajah. 

2 dari 7 halaman

Mencegah dan Mengatasi Jerawat

Manfaat kulit buah naga untuk wajah yang pertama adalah untuk mencegah dan mengatasi jerawat. Buah naga kaya akan antioksidan dan vitamin C. Kombinasi keduanya mampu mengatasi berbagai masalah jerawat yang membandel pada wajah.

Caranya pun mudah, kamu cukup mengambil sedikit potongan buah naga lalu haluskan. Setelah itu oleskan buah naga yang telah dihaluskan tersebut pada area wajah yang terkena jerawat. Jangan lupa untuk membersihkan wajah terlebih dahulu. Tunggu olesan buah naga sampai kering, kemudian basuhlah dengan air sampai bersih. Lakukan secara rutin 2-3 kali sehari, untuk mendapatkan hasil yang optimal.

Selain itu, kamu juga bisa menerapkannya hanya dengan menempelkan kulit buah naga di bagian wajah berjerawat. Lalu, biarkan selama 10 menit dan bersihkan.

3 dari 7 halaman

Melembapkan Kulit

Manfaat kulit buah naga untuk wajah selanjutnya adalah untuk melembapkan kulit. Kelembapan kulit harus selalu dijaga agar kulit selalu sehat. Apalagi jika kamu memiliki aktivitas yang padat di luar ruangan dan sering terpapar sinar matahari, polusi serta debu. Buah naga merah mengandung nutrisi yang sangat bermanfaat untuk kulit, seperti vitamin C, E dan vitamin B3 yang bermanfaat untuk menjaga kelembapan.

Mulai sekarang, cobalah rutin mengonsumsi kulit buah naga sebagai teh, atau bisa juga dijadikan masker wajah alami. Karena, kulit buah naga mengandung antioksidan yang mampu menangkal radikal bebas. Jadi, kulitmu akan lembap sepanjang hari.

Bahkan buah naga juga akan menghidrasi kulit kamu dengan memiliki kadar air tinggi hingga 90%. Dengan rutin mengonsumsinya, kulit wajah dan tubuh yang cenderung kering akan kembali lembap dan terhidrasi dengan baik.

 

4 dari 7 halaman

Mencerahkan dan Menghaluskan Kulit

Manfaat kulit buah naga untuk wajah berikutnya adalah dapat mencerahkan kulit. Hal ini berkaitan dengan kandungan vitamin B3 yang dapat mencerahkan kulit wajah. Kamu bisa mengonsumsi dan pakai masker atau lulur buah naga rutin agar wajah lebih cerah.

Selain itu, buah naga juga bermanfaat untuk menghaluskan kulit yang kasar, akibat adanya penumpukan sel-sel kulit mati. Kandungan vitamin C, protein, dan asam folat di dalam buah naga dipercaya ampuh dan efektif untuk menghilangkan sel-sel kulit mati tersebut.

Kamu bisa menggunakannya dengan cara menjadikan buah naga sebagai masker pada wajah dan scrub untuk mengangkat sel-sel kulit mati pada kulit tubuh.

5 dari 7 halaman

Mencegah Penuaan Dini

Vitamin E dikenal sebagai kandungan yang dapat membantu mencegah dan memperlambat penuaan dini pada kulit wajah. Hal inilah yang membuat manfaat kulit buah naga untuk wajah dapat mencegah penuaan dini.

Dengan kandungan antioksidannya yang cukup tinggi serta vitamin E dan betakaroten, buah naga merah akan membantu kulit dalam menangkal radikal bebas dan memperlambat proses penuaan sel. Biasanya radikal bebas inilah yang menimbulkan tanda penuaan dini berupa keriput hingga kerutan dan garis-garis halus pada wajah.

Kamu bisa mengonsumsi jus buah naga merah secara rutin. Namun untuk hasil perawatan yang lebih maksimal, kamu juga dapat menghaluskan dan menggunakannya sebagai masker wajah secara rutin.

6 dari 7 halaman

Melindungi Kulit dari Paparan Sinar Matahari

Manfaat kulit buah naga untuk wajah bahkan bisa juga dijadikan sebagai perlindungan dan pengobatan saat terpapar sinar matahari. Buah naga dapat diolah menjadi body lotion alami untuk melindungi kulit dari paparan sinar matahari. Caranya, ambil sari buah naga untuk dioleskan ke kulit sebelum keluar rumah. Diamkan selama 15 menit, lalu bersihkan.

7 dari 7 halaman

Meredakan Kulit Terbakar Sinar Matahari

Selain dapat melindungi dari paparan sinar matahari, manfaat kulit buah naga untuk wajah juga dapat meredakan kulit terbakar sinar matahari. Kombinasi vitamin C dan E yang terkandung di dalamnya mampu meredakan inflamasi.

Cara menggunakannya adalah dengan mencampurkan 1/4 potong buah naga dengan 1 kapsul vitamin E untuk diolah menjadi krim kental. Oleskan krim buah naga alami di atas kulit yang terbakar dan biarkan selama 30 menit, lalu bilas.

Itulah beberapa manfaat kulit buah naga untuk wajah yang bisa kamu dapatkan. Sebelum memutuskan untuk merawat wajah dengan kulit buah naga, pastikan kamu berkonsultasi terlebih dahulu pada ahlinya agar lebih aman.