Sukses

6 Manfaat Daun Sambiloto untuk Wajah beserta Cara Penggunaannya

Liputan6.com, Jakarta Manfaat daun Sambiloto untuk wajah salah satunya untuk menyembuhkan jerawat yang muncul. Selain mengobati jerawat, manfaat daun sambiloto untuk wajah yang lainnya yaitu untuk mencegah munculnya flek hitam, untuk memutihkan kulit, dan beberapa manfaat lain bagi kulit.

Umumnya obat kimia dipilih karena mudah dalam penggunaannya. Tetapi, penggunaan obat kimia tanpa melalui konsultasi ke dokter memiliki resiko yang sangat tinggi dan berbahaya untuk munculnya alergi pada bagian kulit, sehingga menggunakan bahan alami untuk menyembuhkan penyakit pada kulit wajah sangat disarankan.

Salah satu cara untuk menyembuhkan penyakit pada kulit wajah dapat dengan mengambil manfaat daun sambiloto untuk wajah. Daun sambiloto atau yang memiliki nama ilmiah andrographis paniculata merupakan tanaman yang memiliki rasa sangat pahit hingga mendapat julukan ‘King of Bitter’. Tanaman ini sangat banyak ditemukan di wilayah Asia dan India. Selain manfaat daun sambiloto untuk wajah, daun sambiloto dapat digunakan juga sebagai obat tradisional dan dipercaya mampu menyembuhkan berbagai macam penyakit lainnya.

Kandungan zat yang menjadikan daun sambiloto terkenal adalah zat andrographolide. Kandungan dari daun sambiloto tersebut membuatnya memiliki rasa yang sangat pahit, tetapi karena zat andrographolide tersebutlah manfaat daun sambiloto untuk wajah dapat kita dapatkan.

Setelah kita mengetahui jika manfaat daun sambiloto untuk wajah dan kesehatan yang sangat banyak, di bawah ini Liputan6.com, Senin (30/3/2020) telah merangkum beberapa manfaat daun sambiloto untuk wajah sehingga dapat menunjang penampilan kita sehari-hari.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 8 halaman

1. Menghilangkan jerawat

Manfaat daun sambiloto untuk wajah yang pertama yaitu dengan memanfaatkan daun sambiloto sebagai obat alami untuk mengatasi jerawat, termasuk jerawat batu.

Daun sambiloto memiliki kandungan yang sifatnya yaitu antibakteri, sehingga mampu menekan pertumbuhan bakteri terutama pada kulit wajah. Sifat antibakteri ini efektif untuk mencegah timbulnya jerawat, karena antibakteri ini mampu menangkal debu yang rawan untuk masuk kedalam pori-pori kulit dan menimbulkan jerawat.

3 dari 8 halaman

2. Menghilangkan Flek Hitam di Wajah

Selanjutnya manfaat daun sambiloto untuk wajah ini sudah cukup banyak diketahui masyarakat dan hingga saat ini telah banyak digunakan sebagai bahan pengobatan tradisional. Sehingga tidak heran jika sekarang ini kita sangat banyak menjumpai obat herbal dengan menggunakan bahan dasar daun sambiloto.

4 dari 8 halaman

3. Untuk Menyembuhkan Luka Bakar

Daun dari tanaman sambiloto ini juga terkenal di kalangan masyarakat sebagai salah satu obat yang ampuh sebagai penyembuh luka bakar. Biasanya daun sambiloto digunakan dengan cara ditumbuk dan dicampur dengan minyak zaitun.

5 dari 8 halaman

4. Dapat memutihkan kulit

Manfaat daun sambiloto untuk wajah yang tidak kalah menarik yaitu kerena dapat memutihkan kulit. Daun sambiloto memiliki kandungan vitamin dan mineral yang sangat baik untuk menutrisi kulit agar terlihat putih bercahaya. Apabila menggunakan lulur yang terbuat dari daun tanaman sambiloto ini, dapat membuat kulit penggunanya semakin bercahaya dan pastinya sangat aman karena terbuat dari bahan yang alami.

6 dari 8 halaman

5. Dapat Menyejukkan Kulit

Andrographis Paniculata atau yang biasa disebut daun sambiloto, atau yang biasanya terkenal dengan sebutan ‘King of Bitter’ ini, dapat memberi efek dingin dan dapat membantu wajah melepaskan panas dari kulit. Senyawa aktif yaitu andrographolide yang terkandung pada Daun sambiloto, memiliki fungsi untuk melawan infeksi.

7 dari 8 halaman

6. Mengurangi Tanda Penuaan Pada Kulit Wajah

Manfaat daun sambiloto untuk wajah yang terakhir yaitu dapat mengurangi penuaan kulit pada wajah. Penggunaan daun sambiloto yang telah diproses menjadi obat dengan jenis topikal seperti saleb atau krim dapat memperbaiki kurang baiknya kualitas ketebalan kulit, elastisitas, adanya keriput, dan berkurangnya kadar air yang disebabkan oleh sinar UV.

8 dari 8 halaman

Cara Penggunaan Daun Sambiloto

1. Dijadikan Bubuk: Jika memiliki alatnya, maka Anda dapat menjadikan daun sambiloto dalam bentuk bubuk agar praktis. Setelah dijadikan bubuk, dapat digunakan menjadi masker.

2. Dijadikan Masker: Daun sambiloto dapat dijadikan masker dengan cara di jus lalu dioles ke wajah.

3. Membeli Krim Daun Sambiloto: Di beberapa apotek dan toko online sekarang sudah banyak yang menjual daun sambiloto versi krim, mulai dari krim malam dan krim pagi yang mengandung ekstrak daun sambiloto.

4. Dengan Cara Diminum: Cara yang cukup banyak digunakan masyarakat yatu dengan diminum. Beberapa kebutuhan untuk kulit dan wajah, mengharuskan daun sambiloto untuk diminum. Pada cara ini Anda bisa merebus daun sambiloto atau membeli versi kapsulnya yang banyak tersedia di apotek atau toko obat di kota-kota Anda.

Daun dari tanaman sambiloto memang tergolong sangat  aman untuk dikonsumsi dalam dosis dan jangka waktu tertentu. Akan tetapi kita harus tetap memperhatikan pola hidup yang sehat agar terhindar dari berbagai masalah kulit pada wajah. Tetapi sebelum mengonsumsi daun sambiloto beberapa hal di bawah perlu diperhatikan, terutama demi keamanan terhadap kondisi tubuh anda. Berikut ini beberapa kondisi yang perlu diperhatikan:

 

1. Daun sambiloto tidak disarankan untuk ibu dalam kondisi hamil dan menyusui, serta bagi yang memiliki masalah kesuburan.

2.  Penderita tekanan darah rendah juga tidak disarankan untuk mengonsumsi daun sambiloto, karena salah satu manfaat sambiloto yaitu untuk menurunkan tekanan darah.

3. Bagi anak usia balita, sambiloto aman untuk diminum pada jangka waktu yang pendek atau kurang dari satu bulan.

4. Penderita penyakit kekebalan tubuh sangat tidak disarankan untuk mengonsumsi daun sambiloto karena dapat meningkatkan gejala auto-imun.

Demikian manfaat daun sambiloto untuk wajah beserta cara penggunaannya. Semoga artikel ini dapat menambah wawasan dan memberi manfaat bagi anda.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS