Sukses

Cara Membuat Minuman Bubble Sendiri, Mudah dan Aman Dikonsumsi

Cara membuat minuman bubble sendiri, menyehatkan.

Liputan6.com, Jakarta Cara membuat minuman bubble kini menjadi daya tarik bagi masyarakat Indonesia. Karena memang rasanya yang nikmat jika dipadukan dengan teh, susu, dan kopi. 

Perlu sekali untuk mengetahui cara membuat minuman bubble ini, karena jika tidak dipelajari terlebih dahulu sebelum mengonsumsi, justru akan berdampak pada kesehatanmu. Selain banyak sekali penjual minuman bubble, banyak pula penjual bubble mentahnya. Walau begitu akan lebih sehat jika dibuat sendiri.

Bahan dasar dari pembuatan bubble ini adalah tepung tapioka. Sedangkan kandungan utamanya ada karbohidrat, ada vitamin dan mineral tetapi cukup rendah. Begitu juga dengan kandungan seratnya. Dalam satu wadah bubble tea ada 230-450 kalori dan 30-70 gram gula. 

Jika bubble ini disajikan dengan minuman manis maka akan membuat si pengonsumsi kelebihan kadar gula dan ini berbahaya sekali. Jadi ada baiknya untuk mengetahui cara membuat minuman bubble, agar bisa membuatnya sendiri di rumah dengan takaran yang pas.

Nah berikut penjelasan mengenai cara membuat minuman bubble sendiri yang sudah Liputan6.com, Senin (30/3/2020) rangkum dari berbagai sumber.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Cara Membuat Minuman Bubble

1. Bahan Membuat Bubble

Pertama, siapkan tepung tapioka sesuai dengan yang diperlukan.

Kedua, siapkan gula merah yang sudah dihaluskan. Sedikit saja agar kadar gula dalam bubble tidak berlebihan.

Ketiga, siapkan air untuk adonan sedikit saja.

Keempat, siapkan air untuk merebus adonan bubble yang sudah dibulat-bulat.

Kelima, siapkan pewarna makanan yang berwarna hitam.

Jika tepung tapioka yang disiapkan sebanyak 2 cup maka gula merah yang bisa digunakan cukup ½ cup atau bisa dikurangi lagi agar tidak terlalu manis. Tambahkan air adonan secukupnya, usahakan tidak terlalu encer dan tidak terlalu keras. Kemudian tambankan pewarna makanan sedikit saja misal hanya 2-3 tetes saja.

2. Cara Membuat Bubble

Pertama, panaskan air dan gula merah agar mencair sehingga bisa tercampur rata ketika dijadikan adonan.

Kedua, campurkan gula merah dengan tepung tapioka yang sudah disiapkan di dalam wadah.

Ketiga, uleni adonan gula merah dan tepung tapioka dengan menambahkan air sedikit demi sedikit. Uleni sampai tekstur adonan lembut dan tidak lengket.

Keempat, cetak adonan bubble yang sudah jadi menjadi bulatan-bulatan kecil.

Kelima, sambil membuat bulatan-bulatan kecil untuk bubble segera panaskan air mineral untuk merebus bulatan-bulatan bubble.

Keenam, jika adonan sudah jadi dan air sudah mendidih masukkan bulatan-bulatan ini ke dalam air mendidih sambil diaduk. Tujuan dari diaduk ini agar bulatan tidak menempel satu dengan lainnya.

Ketujuh, apabila bulatan sudah berwarna keunguan maka tinggal diangkat dan dimasukkan ke dalam air dingin agar menjadi berwarna hitam.

3 dari 4 halaman

Cara Membuat Minuman Bubble

3. Cara Membuat Minuman Bubble dengan Teh

Jika ingin membuat minuman bubble dengan paduan teh, maka yang perlu kamu siapkan adalah 1 teh celup saja atau bisa juga gunakan teh bubuk. Langkah pertama yang harus dilakukan setelah bubble sudah disiapkan, seduh teh celup atau teh bubuk dengan 1 gelas air.

Nah kemudian siapkan es batu penuh di dalam gelas. Masukkan bubble secukupnya. Kemudian masukkan teh pekat dan bisa tambahkan susu atau tambahan air putih biasa agar teh tidak terlalu kental. Minuman bubble dengan teh siap dihidangkan.

4. Cara Membuat Minuman Bubble dengan Susu dan Matcha

Langkah pertama setelah menyiapkan bubble adalah larutkan susu kental manis dengan air secukupnya. Atau bisa gunakan susu apa saja sesuai selera.

Kemudian larutkan juga matcha dengan air setengah gelas. Jika sudah, masukkan susu yang sudah dilarutkan dengan air ke dalam plastik berisi es batu. Kemudian tambahkan matcha yang sudah dilarutkan dengan air juga secukupnya. Minuman bubble dengan susu dan matcha siap dihidangkan.

4 dari 4 halaman

Cara Membuat Minuman Bubble

5. Cara Membuat Minuman Bubble Susu dan Gula Merah

Kamu tentunya perlu mempersiapkan adalah susu. Bisa menggunakan susu apa saja, yang rendah gula atau juga full cream.

Langkah pertama setelah bubble disiapkan adalah memanaskan bubble dengan gula merah dan air. Gulanya bisa disesuaikan dengan selera, usahakan tidak terlalu banyak agar tidak terlalu manis.

Jika gula sudah mendidih dan mulai mengental, matikan api dan biarkan bubble semakin menyerap dengan gula merah.

Terakhir tinggal masukkan bubble dengan gula merah yang sudah disiapkan ke dalam gelas. Kemudian tambahkan dengan susu sampai gelas terisi penuh. Minuman bubble dengan susu siap dihidangkan.

6. Cara Membuat Minuman Bubble dengan Alpukat

Jika ingin membuat minuman bubble dengan paduan alpukat, maka yang perlu kamu siapkan adalah alpukat yang sudah dikeruk. Langkah pertama setelah menyiapkan bubble dan alpukat adalah menghaluskan alpukat dengan blender. Dalam proses menghaluskan alpukat ini kamu bisa menambahkan susu almond yang sudah dilarutkan dengan air hangat.

Setelah itu, siapkan es batu penuh di dalam gelas. Masukkan bubble secukupnya. Kemudian tambahkan alpukat yang sudah dihaluskan ke dalam gelas. Minuman bubble dengan alpukat siap dihidangkan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini