Sukses

5 Manfaat Vitamin C untuk Kulit Wajah dan Cara Mendapatkannya

Liputan6.com, Jakarta Manfaat vitamin C untuk kulit wajah sangat penting dalam perawatan kecantikan. Vitamin C adalah salah satu nutrisi penting yang dibutuhkan dalam merawat kulit agar sehat dan terlindung dari kerusakan.

Tidak heran banyak produk kecantikan yang menggunakan vitamin C sebagai salah satu bahannya. Apalagi, kulit juga membutuhkan nutrisi seimbang di antaranya protein, air, lemak sehat, serta aneka vitamin untuk tetap sehat dan berfungsi dengan baik.

Manfaat vitamin C untuk kulit wajah bisa didapatkan dengan cara mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin C atau menggunakan produk perawatan kulit yang mengandung vitamin C. Kamu harus memperhatikan penggunaannya supaya tidak berdampak optimal.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Senin (30/3/2020) beberapa manfaat vitamin c untuk kulit wajah.

2 dari 7 halaman

Melindungi Kulit dari Kerusakan Akibat Terpapar Sinar Matahari

Manfaat Vitamin C untuk kulit wajah yang pertama adalah melindungi kulit dari kerusakan akibat paparan sinar matahari. Terlalu sering terpapar sinar matahari dalam waktu lama dapat membuat kulit kamu mengalami kerusakan. Namun, dengan adanya vitamin C pada kulit, kerusakan ini dapat dicegah.

Beberapa penelitian menyebutkan bahwa vitamin C yang memiliki sifat antioksidan dan antiradang terbukti efektif dalam mencegah kerusakan dan mengurangi peradangan pada kulit akibat paparan sinar matahari. Vitamin C juga diduga dapat membantu mencegah terbentuknya flek hitam pada kulit.

3 dari 7 halaman

Mencegah Penuaan Dini

Selain mencegah kerusakan akibat terpapar sinar matahari, manfaat vitamin C untuk kulit wajah lainnya adalah mencegah kerusakan akibat radikal bebas. Sebagai salah satu sumber antioksidan yang baik, vitamin C dapat mencegah dan melindungi kerusakan sel dan jaringan kulit akibat paparan radikal bebas yang menyebabkan penuaan dini pada kulit.

Vitamin C termasuk senyawa yang bisa meningkatkan biosintesis kolagen di kulit. Hal ini bertujuan untuk membuat kulit menjadi lebih kenyal. Tak hanya itu, kolagen juga membantu mengurangi kerutan halus di kulit wajah seiring dengan pertambahan usia.

4 dari 7 halaman

Mencerahkan Kulit Wajah

Manfaat vitamin C untuk kulit wajah selanjutnya adalah untuk mencerahkannya. Vitamin C mampu menghambat kerja melanosit (sel yang memproduksi warna gelap di kulit). Dengan begitu, menggunakan produk berbahan dasar vitamin C bisa membantu mencerahkan wajah kamu yang terlihat kusam.

5 dari 7 halaman

Menghasilkan Kolagen

Salah satu manfaat utama vitamin C untuk kulit wajah adalah menunjang produksi kolagen. Kolagen merupakan sejenis protein yang berperan penting dalam memberikan elastisitas dan kelenturan kulit serta mendukung proses penyembuhan luka alami pada kulit.

6 dari 7 halaman

Menurunkan Risiko Kanker Kulit

Manfaat vitamin C untuk kulit wajah selanjutnya adalah untuk menurunkan risiko kanker kulit. Semakin tua usia seseorang, maka kulitnya akan semakin rentan mengalami kerusakan. Jika terdapat faktor risiko lain, seperti sering terpapar sinar matahari dalam jangka panjang, maka kerusakan kulit tersebut bisa menyebabkan terjadinya kanker kulit.

Berdasarkan suatu riset kesehatan, diketahui bahwa efek antioksidan dan antiradang pada vitamin C ternyata juga baik untuk memperbaiki jaringan kulit yang rusak. Efek ini juga diduga turut berperan dalam mencegah terjadinya kanker kulit.

Itulah beberapa manfaat vitamin C untuk kulit wajah yang perlu kamu ketahui. Selalu konsultasikan dengan dokter tentang perawatan yang akan kamu lakukan terlebih dahulu agar lebih aman.

7 dari 7 halaman

Cara Mendapatkan Vitamin C untuk Perawatan Kulit Wajah

Mengonsumsi Asupan Vitamin C

Kamu bisa mengonsumsi makanan sumber vitamin C untuk menjaga kesehatan kulit wajah. Konsumsilah buah dan sayur yang mengandung vitamin C setiap hari. Beberapa jenis buah dan sayur yang mengandung banyak vitamin C adalah jeruk, cabe, tomat, brokoli, jambu biji, dan mangga.

Namun, kamu harus memperhatikan jumlah konsumsinya. Untuk pria remaja dan dewasa dibutuhkan asupan vitamin C sebanyak 90 mg per hari. Sedangkan wanita remaja dan dewasa membutuhkan asupan vitamin C sebanyak 75 mg per hari. Ibu hamil dan menyusui membutuhkan asupan vitamin C sebanyak 80-100 mg per hari.

Konsumsi vitamin C lebih dari 1.000 mg (dosis maksimal vitamin C) per hari dapat menyebabkan sakit perut, diare, dan juga perut kembung.

Menggunakan Krim dan Serum Vitamin C

Menggunakan vitamin C untuk perawatan kulit wajah tentunya juga bisa dilakukan dengan menggunakan krim atau serum.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan vitamin C pada kulit dapat mengurangi jumlah sel-sel kulit yang terbakar dan mengurangi kemerahan pada kulit akibat radiasi sinar UV dari matahari. Produk perawatan kulit yang mengandung vitamin C juga diketahui baik untuk mengatasi kulit kering.

Secara umum, manfaat vitamin C untuk kulit wajah jika diperoleh dari produk perawatan kulit atau konsumsi asupan vitamin C cukup aman, asalkan penggunaannya masih dalam batas wajar.