Sukses

Takuti Warga Agar Selalu Berada di Rumah, Pria Ini Pakai Kostum Hantu

Pria ini pakai kostum hantu untuk takuti warga yang hendak keluar rumah.

Liputan6.com, Jakarta Isolasi diri hingga karantina wilayah akibat wabah virus Corona Covid-19 masih terus diberlakukan di beberapa wilayah. Langkah tersebut tentunya diharapkan menjadi salah satu upaya memutus mata rantai penyebaran virus ini. 

Masih terus berjuang menghadapi Corona Covid-19, upaya melawan virus ini tak hanya dilakukan oleh pemerintah dan tim medis saja tetapi juga masyarakat luas. Banyak masyarakat yang sudah sadar dan turut menerapkan isolasi mandiri di rumah. Meski demikian masih ada juga warga yang tak mengindahkan.

Walauun sudah sering digencarkan untuk berada di rumah, masih ada saja beberapa orang yang bandel. Melihat fenomena tersebut, seorang pira di Malaysia punya cara unik sekaligus nyeleneh. Aksinya diketahui lewat sebuah unggahan di media sosial Facebook di akun Muhd Urabil Alias. 

Ternyata sang pemilik akun itu sendirilah yang melakukan aksi tersebut. Bukan tanpa alasan, ia melakukan aksi tersebut untuk menakuti warga sehingga tidak meninggalkan rumah mereka.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Pakai Kostum Hantu

Merasa frustrasi karena banyak yang masih mengabaikan perintah untu berada di rumah akibat Corona Covid-19, seorang pria di Terengganu memutuskan untuk memosting foto dirinya yang berpakaian seperti hantu di media sosial. Ia mengunggahnya di laman Facebook bernama Muhd Urabil Alias. 

Muhammad Urabil Alias memosting beberapa foto dirinya berdiri di atas van. Ia menggunakan kostum serba putih sebagai upaya menakut-nakuti anak-anak muda di Taman Anika Jaya, Kampung Tempurung di Chukai, Malaysia. Hal tersebut karena banyak dari mereka yang menolak untuk mematuhi perintah dari pemerintah selama wabah Corona Covid-19 ini berlangsung.

Urabil mengatakan pihak berwenang telah berpatroli di daerah perumahannya sejak diberlakukannya aturan isolasi mandiri. Tetapi masih ada beberapa yang tetap bandel. 

"Setelah saya mengunggah foto-foto di FB, mereka panik dan takut untuk keluar," katanya, dikutip dari malaymail oleh Liputan6.com, Selasa (31/3/2020).

Urabil menambahkan bahwa setelah dia mengunggah foto tersebut, dia menerima banyak pesan dari pengguna internet untuk bertanya tentang keaslian foto.

3 dari 3 halaman

Berharap Banyak Warga yang Patuh

Banyak yang mempertanyakan soal keaslian foto yang ia unggah, Urbail pun menjelaskan jika itu hanyalah candaan belaka. 

"Dari statusku sendiri kamu bisa melihat aku tidak serius tetapi mereka masih berpikir foto itu asli. Istri saya dan saya minta maaf jika kami sudah berlebihan," lanjutnya.

Meski demikian, ia mengaku jika aksinya berhasil. Urabil menambahkan jika jumlah orang yang keluar di malam hari berkurang setelah dia memasang foto-foto itu. Foto itu sendiri diambil oleh istrinya, Norhayati Nayan.

Tak ada niat buruk, Urbail dan istrinya hanya berharap semua orang mempraktikkan jarak sosial dan tinggal di rumah selama masa pandemi ini. Ia berharap banyak orang yang dapat membantu para tim medis dengan menjalankan tanggung jawab sosial dalam melawan Corona Covid-19 ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.