Sukses

11 Olahraga Sederhana yang Dapat Dilakukan di Rumah, Tetap Jaga Kesehatan

Olahraga sederhana yang dapat dilakukan di rumah merupakan kegiatan ringan yang memberikan manfaat besar.

Liputan6.com, Jakarta Olahraga sederhana yang dapat dilakukan di rumah bisa menjadi solusi kegiatan selama karantina mandiri sebagai upaya pencegahan virus Corona Covid-19. Tidur-tiduran tanpa melakukan aktivitas fisik tentunya bisa membuatmu bosan di rumah. 

Oleh karena itu, tidak ada salahnya untuk berolahraga ringan secara rutin di rumah. Tidak hanya untuk mengisi waktu luang, hal ini juga membuat kesehatanmu lebih terjaga. Olahraga dapat meningkatkan imunitas yang sangat berguna dalam masa pandemi virus Corona ini.

Olahraga sederhana yang dapat dilakukan di rumah merupakan kegiatan ringan yang memberikan manfaat besar. Menjaga kesehatan dengan berolahraga secara teratur tetap bisa kamu lakukan meskipun sedang dalam masa karantina mandiri seperti sekarang ini.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Selasa (31/3/2020) tentang olahraga sederhana yang dapat dilakukan di rumah

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Naik Turun Tangga dan Hula Hoop

Naik Turun Tangga

Olahraga sederhana yang pertama adalah naik turun tangga. Naik turun tangga bisa menjadi pilihan olahraga bagi kamuyang bosan selama menjalani masa karantina mandiri di rumah.

Caranya tentu sangat mudah, kamu hanya perlu untuk menaiki dan menuruni tangga selama beberapa kali. Cukup lakukan ini selama 10-15 menit setiap harinya. Dengan melakukan olahraga sederhana ini secara rutin, kamu bisa mendapatkan tubuh yang langsing. Naik turun tangga dapat membakar kalori dengan sangat efektif.

Hula Hoop

Hula hoop yang biasanya identik dengan permainan anak-anak juga dapat menjadi alternatif olahraga sederhana yang dapat dilakukan di rumah. Bahkan, dengan ini kamu juga bisa melakukannya bersama anak, sehingga kegiatan ini tentunya akan semakin membuat bahagia.

Walaupun terlihat sederhana, olahraga sederhana yang sering dianggap hanya sebuah permainan ini ternyata memiliki efek yang luar biasa. Hula hoop memiliki manfaat untuk membentuk pinggul yang indah bagi wanita. Selain itu, bagi pria olahraga sederhana ini dapat melatih stamina bagian bawah tubuh.

3 dari 6 halaman

Yoga dan Aerobik atau Zumba

Yoga

Yoga termasuk pilihan olahraga yang bisa kamu lakukan di rumah. Untuk menghindari risiko cedera karena tak ada pelatih yang mengawasi, kamu tak perlu melakukan gerakan yang rumit. Cukup lakukan beberapa gerakan yoga sederhana yang sudah dipelajari sendiri.

Melakukan yoga sederhana juga salah satu solusi untuk tetap sehat. Kamu bisa mencoba beberapa gerakan sederhana di rumah seperti, tree pose, cat-cow, dan mountain pose.

Peneliti dari Texas State University, Stacy Hunter, mengatakan bahwa kita setidaknya bisa melakukan pranayama atau teknik pernapasan yoga simpel. Olahraga ini dapat meregangkan otot dan membakar kalori untuk mengurangi berat badan.

Kamu juga bisa mengajak anak untuk mengikutinya dengan mudah, mesti tidak sempurna. Hal ini tentunya menjadi kebahagiaan tersendiri menjalani kegiatan bersama dengan buah hati.

Aerobik atau Zumba

Olahraga sederhana yang dapat dilakukan di rumah berikutnya adalah aerobik dan zumba. Olahraga seperti zumba atau aerobik ini memang lebih menyenangkan kalau dilakukan beramai-ramai saat berada di tempat latihan. Namun bukan berarti dua olahraga ini tak bisa dilakukan di rumah, apalagi di saat melakukan isolasi mandiri.

Kamu bisa memutar lagu dan panduan aerobik atau zumba di televisi atau gadget untuk memberikan suasana yang mirip dengan di tempat latihan, sehingga kamu lebih bersemangat. Lakukan kurang lebih selama 30 menit tiap sore hari untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

4 dari 6 halaman

Lompat Tali dan Olahraga Kardio

Skipping atau Lompat Tali

Olahraga sederhana satu ini bisa jadi solusi bagi kamu yang ingin sesuatu yang mudah dan simpel. Skipping atau lompat tali bisa dilakukan di dalam rumah dan tetap bisa membuat kamu berkeringat dan meregangkan otot.

Lakukan olahraga ini setelah melakukan peregangan. Jika kuat, kamu bisa melakukannya 15 sampai 20 menit per hari. Selain itu, jika punya tali yang panjang, kamu bisa bermain lompat tali dengan anak. Ikatkan tali di kedua sisi pintu atau bisa juga melakukan skipping bersama.

Olahraga Kardio

Olahraga kardio dikenal efektif untuk menurunkan berat badan, menjaga sistem kekebalan tubuh, dan melindungi jantung dari ragam gangguan. Olahraga ini bisa dilakukan di rumah tanpa peralatan.

Beberapa gerakan yang bisa kamu coba seperti, high knees yaitu gerakan yang dilakukan dengan menggerakan otot utama pada bagian paha dan betis pada kecepatan tertentu. Lalu, ada burpee, yaitu olah gerak keseluruhan tubuh.

Burpee terdiri dari gerak jongkok (squat), tendang kedua kaki ke belakang (kick feet back), push-up, kembali melakukan squat (ke posisi jongkok) dan terakhir berdiri sambil berloncat.  Kalau lima gerakan ini dilakukan dengan benar, seluruh tubuh akan bergerak dan esensi olahraga benar-benar dilakukan.

5 dari 6 halaman

Jogging, Push Up dan Sit Up, Angkat Beban

Jogging

Olahraga sederhana selanjutnya adalah jogging. Jogging atau berlari tidak hanya bisa dilakukan di tempat umum atau di luar rumah. Kamu juga bisa melakukan jogging di rumah dengan berlari di tempat atau menggunakan treadmill.

Push Up dan Sit Up

Push up dan sit up adalah olahraga ringan yang paling banyak dilakukan orang di rumah. Olahraga yang satu ini memang sangat banyak manfaatnya untuk tubuh seseorang. Push up dapat memperkuat otot lengan sedangkan sit up baik untuk melatih dan membentuk perut.

Push up dan sit up ini bisa kamu lakukan sendirian atau bisa juga dengan dua orang. Ajaklah anggota keluarga lainnya untuk melakukan olahraga push up dan sit up ini selama masa karantina mandiri di rumah.

Angkat Beban

Angkat beban tidak hanya bisa dilakukan dengan datang ke tempat gym, namun kamu juga bisa melakukan olahraga ini di rumah. Jika kamu memiliki barbel kecil, tentunya kamu tinggal mengangkatnya beberapa kali. Melakukannya secara teratur akan membuatmu lebih sehat.

Olahraga angkat beban tidak harus dilakukan dengan menggunakan barbel. Kamu bisa menggantikannya dengan peralatan yang ada di rumah, seperti timba yang berisi air atau sisa botol yang tidak terpakai.

6 dari 6 halaman

Menari dan Bersih-bersih Rumah

Menari

Kalau kamu bosan atau malas melakukan gerakan-gerakan kaku seperti olahraga di atas, kamu bisa mencoba menari. Cukup putar musik favorit sebagai pengiring gerakan-gerakan kamu sendiri.

Menari bisa jadi solusi lain untuk tetap bergerak dan hidup sehat saat berada di rumah. Jika tak ingin gerakan olahraga yang membosankan, cukup putar musik dan bergoyanglah mengikuti irama musik. Lebih menyenangkan dan bebas.

Bersih-bersih Rumah

Bersih-bersih rumah juga bisa dibilang sebuah olahraga sederhana. Apalagi, saat karantina mandiri ini tentunya kamu memiliki banyak waktu kosong di rumah. Tentu tidak ada salahnya membersihkan rumah yang mungkin sudah lama kamu abaikan.

Bersih-bersih rumah akan menjaga kuman tak bersarang di rumah. Sambil bersih-bersih, menaiki dan menuruni tangga bisa menjadi kombinasi olahraga yang sangat membakar kalori dan melatih otot kaki.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.