Sukses

5 Makanan Pembakar Lemak Saat Tidur, Bantu Turunkan Berat Badan

Liputan6.com, Jakarta Makanan pembakar lemak saat tidur mungkin sedikit aneh bagi sebagian orang. Bagaimana tidak, biasanya orang-orang akan menghindari makan pada malam hari sesaat sebelum tidur. Tapi, hal tersebut memang tidak sepenuhnya salah, namun kamu sebenarnya hanya perlu lebih jeli untuk memilih makanan pada saat sebelum tidur.

Saat sedang tertidur dan kita tidak konsumsi makanan pembakar lemak saat tidur, metabolisme tubuh biasanya dapat menurun, itulah mengapa kamu biasanya merasa kedinginan sesaat setelah bangun di pagi hari. Metabolisme tubuh berguna dalam menghangatkan badan, dan berguna juga untuk membantu menurunkan berat badan. Agar metabolism tubuh terjaga tentu kita harus memberi asupan makanan pembakar lemak saat tidur yang tepat.

Ada sangat banyak jenis makanan pembakar lemak saat tidur, mulai dari susu rendah lemak hingga kacang-kacangan. Jangan sampai kamu salah dalam memilih makanan pembakar lemak saat tidur, terutama bagi anda yang sedang dalam program fat loss atau penurunan lemak.

Dari sekian banyak makanan pembakar lemak saat tidur yang ada, mungkin kamu masih ragu untuk mulai mencobanya. Nah dibawah ini Liputan6.com telah merangkum dari berbagai sumber, beberapa jenis makanan pembakar lemak saat tidur yang efektif membantu menurunkan berat badan, Rabu (1/4/2020).

2 dari 6 halaman

Casein Protein

Jika kamu pernah mendengar susu berjenis whey protein, makanan pembakar lemak saat tidur ini memiliki sifat yang cepat menyerap kedalam otot tubuh. Susu whey protein sangat baik apabila dikonsumsi setelah berolahraga. Namun, jika kamu ingin meningkatkan pembakaran lemak pada malam hari, pilih susu berjenis casein protein. Casein protein adalah jenis susu protein yang dapat dicerna oleh tubuh secara lamban dan bertahap. Biasanya casein protein membutuhkan enam hingga delapan jam agar benar-benar terserap oleh tubuh. Ini artinya metabolisme tubuhmu akan tetap bekerja sepanjang malam bahkan pada saat kamu tidur.

Penelitian mengenai manfaat casein protein untuk pembakaran lemak telah dilakukan oleh sebuah penelitian di Belanda, yang menemukan peningkatan laju metabolisme saat malam hari setelah konsumsi protein. Demikian pula, para peneliti dari Maastricht University menemukan bahwa casein protein dapat membantu memperbaiki dan memperkuat otot, dan menyuplai protein untuk otot selama beristirahat di malam hari.

3 dari 6 halaman

Keju Cottage

Makan sesaat sebelum tidur sering dianggap tabu saat sedang diet, padahal ada beberapa jenis makanan pembakar lemak saat tidur. Makanan ini sebenarnya tergantung pada jenis makanan seperti apa yang kamu pilih. Selalu menghindari makan sebelum tidur sebenarnya dapat memiliki efek yang tidak terlalu baik, karena orang yang bangun tidur dengan rasa lapar jauh sangat lebih mungkin untuk banyak makan saat sarapan. Makan seidkit keju cottage sebelum tidur adalah pilihan yang sangat bagus, karena keju cottage memiliki kandungan yang banyak akan casein protein

Keju cottage sebagai makanan pembakar lemak saat tidur ini juga memiliki kandungan asam amino triptofan. Sebuah jurnal studi mengenai keju cottage yang diterbitkan dalam Journal of Psychiatric Research, menemukan bahwa triptofan dapat meningkatkan kualitas tidur, dan mengurangi jumlah waktu yang diperlukan agar dapat segera lelap dalam tidur. Keju cottage akan menahan rasa lapar sepanjang malam, dan memastikan kamu tidur nyenyak untuk waktu yang cukup lama.

4 dari 6 halaman

Kacang-Kacangan

Jenis kacang-kacangan seperti kacang tanah, kacang kedelai, almond, kacang merah, dan jenis lainnya merupakan salah satu sumber protein nabati yang dapat membantu menjaga berat badan. Kandungan dari kacang-kacangan tersebut, seperti serat dan jenis protein dari bahan-bahan nabati membutuhkan waktu lebih lama untuk dicerna. Sehingga metabolisme tubuh dibutuhkan untuk membantu membakar lemak dan menjaga kadar insulin tetap seimbang.

Selain itu manfaat makanan pembakar lemak saat tidur ini juga mampu menurunkan risiko diabetes mellitus tipe dua. Makanan pembakar lemak saat tidur ini juga mengandung berbagai vitamin dan mineral yang baik bagi kesehatan.

5 dari 6 halaman

Teh Hijau

Teh hijau dapat menjadi pilihan makanan pembakar lemak saat tidur, hal ini berkat kandungan antioksidan flavonoid yang bekerja meningkatkan metabolisme tubuh dan membakar kalori pada tubuh bahkan saat kamu sedang tidur.

Tapi yang perlu diperhatikan, jangan meminum teh hijau ini dengan gula ya, atau apabila tidak terbiasa dengan rasa pahitnya, dapat diganti dengan gula rendah kalori.

6 dari 6 halaman

Makanan dengan gandum utuh

Makanan pembakar lemak saat tidur yang satu ini merupakan jenis karbohidrat dengan indeks glikemik rendah. Makanan dengan gandum utuh dan jenis biji-bijian utuh seperti beras merah, beras hitam, beras cokelat, hingga quinoa memiliki serat dan karbohidrat kompleks. Kandungan tersebut membantu memicu meningkatnya metabolisme tubuh agar dapat mempercepat pembakaran lemak tubuh. Metabolisme tubuh yang tinggi dapat menjaga kadar insulin dalm tubuh tetap rendah. Oleh karena itu, memilih gandum dan biji-bijian utuh sebagai makanan pembakar lemak saat tidur adalah pilihan yang tepat.