Sukses

7 Bahan Alami Pengganti Sampo yang Mudah Didapat dan Cara Membuatnya

Liputan6.com, Jakarta Bahan alami pengganti sampo bisa dijadikan alternatif pilihan untuk menjaga keindahan dan kesehatan rambut.  Tentunya selain lebih aman digunakan, penggunaan bahan alami pengganti sampo dapat mengurangi penggunaan detergen yang biasanya terdapat pada sampo biasa. 

Selain tidak mengandung detergen, keramas menggunakan bahan alami pengganti sampo juga bermanfaat untuk mengatasi berbagai masalah yang dialami pada rambut, seperti kulit rambut berketombe, rambut berminyak, kering, dan rusak, hingga mengalami kerontokan.

Keramas menggunakan bahan alami pengganti sampo atau tanpa menggunakan sampo seperti yang ada di pasaran pada umumnya mungkin terdengar sedikit aneh bagi sebagian orang. Tetapi walaupun begitu, generasi zaman dahulu sudah bikin bahan alami, mereka tetap dapat tampil dengan rambut yang sehat, wangi dan bersih.

Tetapi memang dalam menggunakan bahan alami pengganti sampo sedikit memakan waktu. Karena kita harus memastikan takaran dan meracik bahan alami pengganti sampo tersebut agar sesuai dengan yang diharapkan. Namun, hal tersebut menjadi salah satu kegiatan yang seru saat kita melakukan kegiatan untuk merawat tubuh secara alami.

Di bawah ini Liputan6.com telah merangkum beberapa bahan alami pengganti sampo yang kita bisa gunakan untuk merawat kulit kepala dan menjaga rambut agar selalu sehat. Berikut penjelasan bahan alami pengganti sampo yang berhasil dirangkum dari berbagai sumber, Rabu (1/4/2020).

2 dari 8 halaman

1. Minyak lemon dan kuning telur

Campuran dari minyak lemon dan kuning telur akan membantu menyingkirkan keringat dan bau tidak sedap di kulit kepala. Caranya adalah dengan mencampur hingga merata empat tetes minyak lemon dan dua butir kuning telur.

Lalu ramuan tersebut dapat diaplikasikan pada rambut dan kulit kepala dengan cara digosok. Setelah sepuluh menit menggosok rambut dan kulit kepala dengan ramuan tersebut, lalu bilas dengan air hangat.

3 dari 8 halaman

2. Rosemary

Bahan selanjutnya yaitu Rosemary. Bahan ini merupakan bahan yang tepat apabila digunakan untuk menggantikan sampo. Aroma roemary terbilang sangat segar dan akan membuat rambut Anda segar sekaligus harum.

Cara untuk mengaplikasikan rosemary sebagai bahan alami pengganti sampo dapat dilakukan dengan cara menumbuk daun rosemary dan tambahkan air secukupnya, air ini pastikan cukup untuk mencuci seluruh bagian rambut. Lalu rendam rambut ke dalam ramuan rosemary tersebut selama delapan menit, setelah itu bilas rambut dengan air bersih.

4 dari 8 halaman

3. Cuka apel

Cuka apel sendiri memiliki sifat asam lemah, dan dapat menyeimbangkan pH di rambut serta dapat juga digunakan sebagai kondisioner alami. Cara penggunaan apel sebagai bahan alami pengganti sampo adalah dengan mencampurkan satu sendok makan cuka apel dengan segelas air lalu aduk hingga merata.

Setelah itu campuran cuka apel adan air tersebut di oles hingga rata pada seluruh rambut dan kulit kepala dengan dipijat-pijat beberapa saat dan diamkan dahulu. Setelah didiamkan beberapa saat, langsung bilas dengan air bersih untuk menghilangkan bau masam dari cuka apel.

5 dari 8 halaman

4. Lidah buaya

Bahan berikut ini yaitu lidah buaya. Lidah buaya memang sudah sangat dikenal efektif untuk menyuburkan dan menyehatkan rambut. Lidah buaya memiliki kandungan antiseptic, anti-bakteri, dan emolien yang bermanfaat untuk membantu membersihkan kulit kepala dari segala jenis kotoran, mengontrol minyak berlebih pada rambut. Selain itu juga membuat helai rambut menjadi lebih sehat, dan merangsang pertumbuhan pada rambut. Oleh karena itu Anda lidah buaya ini dapat dijadikan bahan alami pengganti sampo saat keramas.

Bahkan cara penggunaan lidah buaya ini sangat gampang, yaitu dengan memotong lidah buaya dan di tumbuk agar cairan dari lidah buaya keluar, atau cukup dipotong lalju di oleskan ke seluruh bagian rambut dan kulit kepala. Setelah itu bilas hingga bersih.

6 dari 8 halaman

5. Peppermint

Untuk menggunakan peppermint sebai bahan alami pengganti sampo, dengan merebus secangkir air menggunakan api sedang, kemudian tambahkan satu genggam daun peppermint. Biarkan dahulu selama sepuluh menit. Setelah itu saring air rebusan daun peppermint tersebut dan simpan daunnya. Lalu cuci rambut menggunakan air hasil rebusan daun peppermint tersebut.

Daun peppermint yang telah direbus tersebut dapat digunakan untuk digosokkan pada kulit kepala dan rambut. Manfaat dari daun tersebut akan mengangkat kotoran yang ada pada kulit kepala dan bermanfaat untuk membersihkan rambut seperti jika Anda menggunakan sampo.

7 dari 8 halaman

6. Lemon dan mentimun

Kandungan asam sitrat yang ada dalam buah lemon dapat membantu Anda memecah penumpukan sebum. Penumpukan sebum yang telah hilang tersebut dapat menambah kilau rambut Anda. Sedangkan mentimun memberikan efek dingin yang segar dan menenangkan pada kulit kepala serta melembutkan setiap helai rambut.

Cara pengaplikasiannya pun cukup mudah. Dengan campurkan lemon dan mentimun yang telah di blender halus, lalu aplikasikan menggunakan kapas pada kulit kepala Anda. Setelah seluruh rambut dan kulit kepala telah secara merata tertutup oleh jus lemon dan jus mentimun tersebut, maka diamkan dahulu selama 15 menit, setelah itu bilas hingga bersih.

8 dari 8 halaman

7. Madu dan Perasan lemon

Cara yang paling mudah ini cukup dengan mencampurkan dua sendok makan madu dan satu sendok makan lemon yang dilarutkan dengan segelas air.

Berkeramas menggunakan madu dan lemon tidak akan menyebabkan rambutmu menjadi lengket. Bahkan madu dan lemon memiliki khasiat untuk membuat rambut menjadi bersih dan lembab. Caranya, cukup larutkan lalu aduk hingga merata. Setelah itu usapkan campuran air dan madu tadi ke rambut, pijat sebentar, diamkan 8-10 menit, lalu bilas hingga bersih.

Setelah mengetahui beberapa bahan alami pengganti sampo diatas, tentu wajib untuk Anda coba sebagai alternative pengganti sampo tersebut.