Sukses

9 Manfaat Kacang Edamame, Cegah Diabetes

Liputan6.com, Jakarta Manfaat kacang edamame sempat diragukan oleh sebagian orang. Ada pula yang mengatakan kacang edamame memicu pertumbuhan kanker payudara. Namun sebenarnya belum ada penelitian yang membenarkan hal tersebut. Justru manfaat kacang edamame lah yang sebenarnya dapat mencegah berbagai macam jenis pertumbuhan sel kanker karena mengandung serat, protein, dan isoflavor. 

Tidak hanya itu, ada banyak sekali manfaat kacang edamame, begitu juga kandungan nutrisinya. Ada protein, lemak sehat, karbohidrat, serat, karbohidrat, folat, vitamin A, B, C, E, dan K, serta mineral, termasuk zat besi, magnesium, mangan, kalsium, zinc, dan kalium.

Selain kaya akan nutrisi, kacang edamame juga memiliki rasa yang nikmat. Dan bisa dijadikan sebagai camilan yang sehat dari berbagai macam kalangan usia.

Manfaat kacang edamame tidak perlu diragukan lagi. Begitu juga dengan rasanya. Kacang tradisional yang dikenal sebagai camilan orang Jepang ini bisa dinikmati dengan berbagai macam cara. Bisa dijadikan campuran dalam nasi goreng, sup, sayur asem, tumis, dan berbagai macam masakan lainnya. Termasuk juga bisa dijadikan camilan biasa, dengan dikukus atau juga direbus.

Memang manfaat kacang edamame ini ada banyak sekali, tetapi perlu diketahui juga bahwa kacang edamame ternyata juga bisa menyebabkan perut menjadi kembung. Hal ini hanya berkaitan dengan cara mengolahnya saja sebenarnya, bukan berasal dari kandungan dalam kacang edamame.

Solusi agar tidak menyebabkan kembung, pastikan saat memasak kacang edamame ini benar-benar sudah matang ya. Agar tidak berdampak buruk bagi kesehatan dan manfaat kacang edamame bisa dirasakan.

Nah berikut penjelasan mengenai manfaat kacang edamame yang Liputan6.com, Kamis (2/4/2020) rangkum dari berbagai sumber.

2 dari 4 halaman

Manfaat Kacang Edamame

1. Menjaga Kesehatan Jantung

Manfaat kacang edamame ternyata bisa membantu menjaga kesehatan jantung. Karena kandungan serat dan anti-oksidan yang tinggi dalam kacang edamame. Kandungan ini dapat meningkatkan kolesterol baik dan menurunkan kolesterol jahat. Sehingga kadar kolesterol dalam tubuh manusia bisa terkontrol dan tidak menyebabkan risiko pada penyakit jantung.

2. Mencegah Diabetes

Manfaat kacang edamame ternyata bisa mencegah penyakit diabetes. Karena kandungan gula dalam kacang edamame ini rendah. Dan juga memiliki kandungan glikemik yang sangat rendah. Sehingga jika kacang edamame hendak dijadikan camilan pada penderita diabetes, akan aman sekali.

3. Menurunkan Berat Badan

Manfaat kacang edamame ternyata bisa membantu menurunkan berat badan. Karena kandungan serat, protein, dan anti-oksidan yang dapat membantu mengontrol berat badan.

Menurut sebuah penelitian orang yang mengonsumsi kacang edamame secara rutin memiliki berat badan yang lebih ideal, jika dibandingkan dengan yang tidak mengonsumsi kacang edamame sama sekali. Jadi jangan ragu untuk mulai mengonsumi kacang edamame rutin setiap ya.

3 dari 4 halaman

Manfaat Kacang Edamame

4. Menurunkan Risiko Kanker

Manfaat kacang edamame ternyata bisa membantu menurunkan risiko penyakit kanker. Hal ini disebabkan karena kandungan iso flavornya. Kandungan iso flavor ini yang akan membantu mencegah terjadinya penyakit kanker payudara.

Selain itu iso flavor ini juga menurut sebuah penelitian memiliki genistein yang dipercaya mampu menghambat pertumbuhan sel kanker pada tubuh manusia.

5. Mencegah Masalah Saraf

Manfaat kacang edamame ternyata bisa mencegah masalah pada sistem saraf manusia. Karena kandungan iso flavornya. Kandungan iso flavor ini yang membuat kemampuan sistem saraf terutama kognitif manusia semakin meningkat. Jadi sangat direkomendasikan bagi perempuan yang akan memasuki masa menopause.

6. Menambah Tenaga

Manfaat kacang edamame ternyata bisa membantu menambah tenaga. Hal ini dipengaruhi oleh kandungan 9 asam amino esensialnya. Kandungan asam amino inilah yang membuat kacang edamame memiliki sumber protein lengkap.

Protein ini yang akan lebih lama dicerna oleh tubuh manusia, sehingga bisa menjadi sumber energi dalam tubuh yang dapat bertahan lama. Selain itu protein ini juga membantu pada perbaikan dan pertumbuhan jaringan tubuh manusia.

4 dari 4 halaman

Manfaat Kacang Edamame

7. Mengatasi Gejala Menopause

Manfaat kacang edamame ternyata bisa membantu mengatasi gejala menopause. Karena kandungan iso flavornya. Iso Flavor ini membantu menurunkan terjadinya osteoporosis pada perempuan yang akan mengalami post-menopause.

Menurut sebuah penelitian, ada perempuan yang mengonsumsi kacang berbasis kacang edamame selama 12 minggu. Setelah itu perempuan yang mengonsumsi hanya mengalami gejala post-menopause lebih sedikit, termasuk sedikt mengalami gejala hot flash (sensasi panas di sekitar wajah, leher, dan dada pada wanita di masa menopause), lemah, dan depresi.

8. Menyehatkan Mata

Manfaat kacang edamame ternyata bisa membantu menyehatkan mata. Karena kandungan vitamin A yang ada dalam kacang edamame cukup banyak.

Bahkan kacang edamame juga banyak membantu mata manusia melihat dalam kondisi yang tidak banyak pencahayaan, karena kacang edamame memiliki rhodopsin. Termasuk juga dapat mencegah penyakit mata seperti katarak dan degenarasi makula.

9. Menjaga Saluran Pencernaan

Manfaat kacang edamame ternyata bisa membantu menjaga kesehatan pada saluran pencernaan. Hal ini dikarenakan kandungan serat dan protein yang tinggi dalam kacang edamame.

Menurut sebuah penelitian, serat dan protein ini mengandung probiotik yang mampu membantu pertumbuhan bakteri-bakteri baik pada saluran pencernaan.