Sukses

8 Makanan Bunglon Kecil yang Mudah Ditemukan, Pemilik Harus Tahu

Makanan bunglon kecil yang perlu diketahui para pemelihara.

Liputan6.com, Jakarta Makanan bunglon kecil seringkali disamakan dengan makanan bunglon dewasa, padahal makanan keduanya tidaklah sama. Bunglon kecil lebih menyukai makanan dengan ukuran 1 sampai 1,5 ukuran dari mulutnya, atau bahkan seringkali lebih kecil. Bunglon kecil baru lebih menyukai lalat buah seperti Drosophila Hydei dan jangkrik yang masih kecil atau bisa disebut jangkrik dengan ukuran yang mungil.

Selain makan serangga, makanan bunglon kecil juga bisa diubah dengan buah-buahan dan sayuran. Tetapi buah dan sayur ini tidak bisa dijadikan makanan pokoknya. Makanan bunglon kecil hanya bisa diselingi dengan sayur dan buah saja. Namun terkadang ada juga bunglon kecil yang tidak mau menelannya. Hal ini berkaitan erat dengan kepribadian dan kebiasaan yang sudah dimiliki oleh bunglon kecil tersebut.

Memberi selingan pada makanan bunglon kecil berupa buah dan sayur tentu dapat membantu melengkapi kebutuhan nutrisi dan vitamin pada bunglon kecil ini. Pemilik bisa memberi makanan sayur dan buah sebagai selingan minimal satu minggu sekali. Setidaknya agar mereka bisa lebih terbiasa ketika dewasa nantinya.

Makanan bunglon kecil berupa buah dan sayur selain harus dicuci dengan bersih, juga harus dipotong kecil-kecil agar bunglon kecil bisa lebih mudah menelannya. Tidak perlu juga menambahkan garam ataupun penyedap rasa, karena bunglon tidak akan menyukainya. namun disarankan untuk menambah bubuk vitamin dan kalsium khusus untuk reptil ke dalamnya. Berikut penjelasan mengenai makanan bunglon kecil yang sudah Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Kamis (2/4/2020).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Makanan Bunglon Kecil

1. Ulat

Ulat ini sering dianggap sebagai hama bagi petani. Suka memakan tumbuhan tetapi ada juga yang memakan serangga terutama serangga yang berukuran kecil. Ulat sering merusak tanaman, termasuk buah, dan lain sebagainya.

Ulat ini bisa ditemukan di mana saja, tertama di area pertanian dan perkebunan. Tanda kalau ada ulat biasanya, daun tanaman tidak utuh dan ada kotoran ulat yang terlihat di sekitar tanaman.

2. Belalang Kecil

Belalang kecil ini termasuk hewan jenis serangga yang bisa ditemui di mana saja. Termasuk di hutan, kebun, persawahan, atau juga halam rumah. Mereka juga memiliki antena yang lebih pendek dari tubuhnya. Mampu mengeluarkan suara dengan cara menggosokkan femur belakangnya dengan sayap depan atau ketika mengepakkan sayap saat hendak terbang.

Perbedaan antara belalang jantan dan betina terletak pada ukurannya. Belalang betina umumnya memiliki tubuh yang lebih besar dari belalang jantan. Mereka ini dipercaya memiliki kandungan protein dan kalsium cukup besar sehingga dapat membuat bunglon lebih cepat berkembang.

 

3 dari 5 halaman

Makanan Bunglon Kecil

3. Jangkrik Kecil

Jangkrik kecil ini adalah termasuk jenis serangga yang tidak disukai oleh para petani. Mereka juga sering digunakan oleh para peternak burung untuk memberi makan peliharaannya, tetapi pakan burung biasanya menggunakan ukuran jangkring yang lebih besar.

Ada tiga jenis jangkrik yaitu jangkrik rumah, jangkrik ladang/hitam, dan jangkrik unta. Mereka memiliki 3 jenis bagian tubuh yaitu kepala, dada dan perut. Umumnya jangkring juga memiliki warna kepala merah dan dua antena di dekat mata.

Jangkrik ini juga dikenal memiliki mata yang majemuk. Maksudnya dia memiliki banyak mata, tetapi mata majemuk ini hanya dapat berfungsi di malam hari untuk mencari mangsa. Jadi jika ingin mencari jangkrik lebih baik saat siang hari, dan di dekat ladang warga.

4. Cacing Morio

Cacing Morio ini memiliki ukuran yang menyerupai ulat, sekitar 50 hingga 60 mm. Agar bunglon kecil bisa diberi makan cacing morio, akan lebih baik jika mencari cacing morio yang ukurannya lebih kecil. Kebanyakan reptile juga lebih menyukai cacing morio dari pada cacing biasa karena mereka lebih lembut teksturnya sehingga mudah ditelan.

4 dari 5 halaman

Makanan Bunglon Kecil

5. Buah Mangga

Buah mangga ini salah satu buah yang mudah sekali ditemukan di Indonesia. Namun seringkali buah ini sulit ditemukan karena bukan musimnya. Buah mangga termasuk dalam kategori buah batu dan berdaging. Nah bagi pemelihara bisa memberi makan bunglon kecil dengan daging buah mangga yang sudah dicincang kecil-kecil ya.

Ada banyak sekali kandungan gizi dalam buah mangga ini. Termasuk karbohidrat, gula, serat, lemak, protein , dan vitamin yang akan sangat berguna bagi pertumbuhan bunglon kecil.

6. Buah Tomat

Buah tomat ini juga termasuk buah yang mudah sekali ditemukan di Indonesia. Kapan saja dicari, selalu ada karena buah ini sering dijadikan pendamping saat memasak sayur atau juga dijadikan lalapan.

Cara menanam buah tomat juga sangat mudah, tidak memerlukan lahan yang luas juga untuk menanamnya. Buah tomat ini dikenal sebagai buah yang memiliki banyak kandungan vitamin C. Kandungan ini tentu saja sangat berguna bagi pertumbuhan dan perkembangan bunglon kecil.

Sebelum memberi makan bunglon kecil dengan buah tomat, akan lebih baik jika mencincangnya dengan lebih lembut agar bunglon kecil lebih mudah mencernanya.

5 dari 5 halaman

Makanan Bunglon Kecil

7. Daun Bayam

Daun bayam ini termasuk sayur yang mudah ditemukan di Indonesia. Di warung, pasar, atau bahkan swalayan. Harganya juga tidak terlalu mahal. Bahkan daun bayam juga bisa ditanam dihalaman rumah atau bahkan pot kecil di depan rumah.

Nah sebelum memberi makan bunglon dengan daun bayam, akan lebih baik jika dicincang dengan lembut terlebih dahulu agar bunglon kecil bisa mencernanya dengan lebih mudah.

8. Wortel

Wortel ini termasuk sayur yang mudah ditemukan di Indonesia. Namun wortel lebih banyak yang bisa tumbuh di area pegunungan. Jika ingin lebih rutin memberi makan bunglon kecil dengan wortel lebih baik membelinya langsung di pegunungan atau bisa juga pasar tradisional.

Nah sebelum memberi makan bunglon kecil dengan wortel, lebih baik jika wortel ini dimasak terlebih dahulu. Karena jika tidak di masak terlebih dahulu, akan dikhawatirkan bunglon kecil tidak mampu mencernanya dengan sempurna. Dan jangan lupa untuk mencincang lembut wortel yang sudah dimasak sebelumnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini