Sukses

6 Menu Sarapan untuk Turunkan Berat Badan yang Mudah Didapat

Liputan6.com, Jakarta Menu sarapan untuk turunkan berat badan sangat wajib untuk Anda ketahui. Banyak orang yang masih enggan untuk sarapan pada saat menjalankan program penurunan berat badan. Padahal sarapan sebenarnya memiliki peran penting dalam membantu Anda dalam menurunkan berat badan. Tentunya dengan memilih menu sarapan untuk turunkan berat badan yang benar.

Sarapan sendiri merupakan hal yang sering dilewatkan orang pada pagi hari. Banyak alasan mengapa sering meninggalkan sarapan, seperti, ada yang beralasan karena bangun kesiangan dan akhirnya terburu-buru untuk melakukan kegiatan, ada juga yang beralasan bahwa dengan sarapan tidak berpengaruh pada tubuhnya.

Banyak manfaat memilih menu sarapan untuk turunkan berat badan yang tepat. Menu sarapan untuk turunkan berat badan yang tepat dapat memberikan energi bagi Anda untuk memulai kegiatan di awal hari, lalu menu sarapan untuk turunkan berat badan yang benar dapat mengendalikan berat badan dan meningkatkan konsentrasi Anda saat kerja. Bayangkan saja apabila Anda melewatkan waktu  sarapan, wajarnya Anda akan merasa lemas dan menjadi sering menguap saat sedang bekerja atau beraktivitas, karena kurangnya kalori yang seharusnya menyuplai tubuh.

Dalam mengonsumsi makanan untuk sarapan, jika Anda memilih makanan yang salah untuk sarapan, hal tersebut dapat membuat program penurunan berat badan Anda gagal. Memilih menu sarapan untuk turunkan berat badan yang tepat menjadi hal wajib bagi Anda jika memang tujuan Anda adalah ingin menurunkan berat badan dengan efektif.

Beberapa jenis makanan diketahui efektif untuk membuat Anda tidak merasakan lapar yang berlebih sehingga Anda tidak terlalu banyak mengkonsumsi makanan saat jam makan siang. Di bawah ini Liputan6.com telah merangkum beberapa jenis menu sarapan untuk turunkan berat badan yang dapat Anda coba saat sedang masa diet, Kamis (2/4/2020).

2 dari 7 halaman

1. Olahan Telur

Kandungan protein dan lemak pada telur dapat membantu Anda untuk kenyang lebih lama, sehingga sangat baik bagi Anda dalam menjalankan program diet agar kebiasaan mengemil menjadi berkurang.

Tapi jangan terlalu banyak dalam mengkonsumsi telur bersama kuning telurnya, cukup satu butir atau dua butir maksimal jika dirasa Anda memerlukan energi lebih saat beraktivitas, seperti berolahraga.

Apabila anda tidak menyukai telur rebus, maka Anda dapat membuat telur tersebut menjadi omelet, yang digoreng dengan minyak zaitun atau canola. Dan akan lebih baik lagi jika Anda hanya mengonsumsi putih telur saja karena tidak mengandung kolesterol sebanyak kuning telur.

3 dari 7 halaman

2. Oatmeal

Oatmeal menjadi sarapan yang paling banyak dipilih orang terutama mereka yang ingin menurunkan berat badan atau yang bertujuan untuk mengurangi kolesterol. Kandungan gandum pada oatmeal, selain sehat dan lezat jika kita mengolahnya dengan tepat, oatmeal juga rendah kalori, memiliki serat yang tinggi dan protein yang mencukupi.

Sebagai sumber beta glucan yang berfungsi mengontrol kolesterol pada tubuh Anda, oatmeal dapat juga memberi manfaat untuk memperkuat fungsi kekebalan tubuh hingga kesehatan jantung. Zat beta glucan sendiri memiliki manfaat yang mampu menyeimbangkan kadar gula darah serta dapat menahan peningkatan nafsu makan Anda.

Mungkin rasa oatmeal cukup hambar bagi banyak orang, agar semakin nikmat saat disantap, maka oatmeal dapat Anda beri campuran madu murni atau bubuk susu protein juga buah-buahan seperti pisang.

4 dari 7 halaman

3. Pisang

Pisang merupakan menu sarapan untuk turunkan berat badan yang sangat baik untuk dikonsumsi. Pisang memiliki serat dengan kandungan yang cukup tinggi tetapi rendah kalori, sehingga pisang dapat menjadi alternatif terbaik sebagai menu sarapan untuk turunkan berat badan Anda.

Fungsi dari serat adalah untuk membantu memperlambat proses perut Anda mencerna, sehingga perut Anda akan terasa kenyang untuk waktu yang lebih lama. Selain itu kandungan vitamin dan mineral yang terdapat pada pisang sangat baik manfaatnya bagi tubuh Anda.

5 dari 7 halaman

4. Yogurt dengan buah

Yogurt merupakan sumber protein yang berasal dari susu. Hal tersebut menjadikan yogurt menu sarapan untuk turunkan berat badan yang ideal bagi Anda.

Jika Anda tidak terlalu suka mengonsumsi yogurt tanpa gula, Anda dapat mencampurkan yogurt tersebut dengan buah seperti berry atau pisang, untuk menambah rasa dan kebaikan vitamin bagi tubuh Anda.

6 dari 7 halaman

5. Roti Gandum dengan selai kacang

Menu sarapan untuk turunkan berat badan satu ini cukup mudah untuk Anda dapatkan di toko-toko terdekat. Roti gandum memiliki kandungan gandum yang memiliki serat sangat tinggi dan baik bagi pencernaan Anda. Selain itu karbohidrat kompleks yang ada pada roti gandum dapat membuat gula darah Anda lebih stabil.

Sedangkan Selai kacang sebagai sumber protein yang baik bagi Anda. Protein nabati dari selai kacang cukup tinggi sehingga dapat menahan rasa lapar yang berlebih saat Anda beraktivitas.

Cara penyajiannya pun sangat mudah, cukup dengan mengoleskan satu hingga dua sendok makan selai kacang ke dua lembar roti gandum, dan sudah pasti rasanya akan sangat nikmat.

7 dari 7 halaman

6. Teh Hijau dan Kopi tanpa gula

Teh hijau menjadi menu yang tidak pernah absen dari segala daftar menu sarapan untuk turunkan berat badan. The hijau dapat dikonsumsi dengan cara diseduh maupun dalam bentuk suplemen pembakar lemak. Ekstrak teh hijau dipercaya dapat meningkatkan metabolisme pada tubuh dan dapat meningkatkan pembakaran kalori selama sehari penuh.

Lalu kopi yang merupakan menu sarapan untuk turunkan berat badan yang dapat menjadi alternatif pilihan And ajika bosan mengonsumsi teh hijau. Kandungan caffeine pada kopi berguna dalam meningkat kan metabolisme dan memacu jantung sehingga dapat menjadikan Anda lebih focus untuk menjalankan kegiata.

Setelah mengetahui berbagai menu sarapan untuk turunkan berat badan, semoga dapat segera di coba dan dilakukann secara rutin, tapi jangan lupa untuk menjaga pola makan dan selalu berolahraga agar penurunan berat badan Anda lebih efektif dan efisien.