Sukses

7 Manfaat Daun Belimbing Wuluh untuk Kesehatan yang Jarang Diketahui

Liputan6.com, Jakarta Manfaat daun belimbing wuluh untuk kesehatan tentu mengejutkan banyak orang. Pasalnya selama ini hanya buah belimbing wuluh saja yang diketahui memiliki manfaat untuk kesehatan. Manfaat daun blimbing wuluh untuk kesehatan ini berasal dari berbagai macam kandungan yang ada di dalamnya. Seperti saponin, tannin, steroid, flavonoid, dan alkaloid.

Manfaat daun belimbing wuluh untuk kesehatan ini ternyata sudah dipercaya sejak lama. Bahkan dikenal sebagai pengobatan kuno sejak dinasti Tiongkok. Mulai dari mengobati gangguan pada saluran pernapasan hingga untuk kecantikan.

Tidak hanya itu, bahkan sejak 1876, masyarakat di Brazil sudah mempercayai adanya manfaat daun belimbing wuluh untuk kesehatan. Menurut mereka kandungan etanol yang ada di dalam daun belimbing wuluh mampu mengobati penyakit batuk.

Selain itu manfaat daun belimbing wuluh untuk kesehatan begitu dipercaya, karena ada kandungan vitamin C dan anti-oksidan yang mampu mencegah penyakit kanker. Dengan ada senyawa turunan Flavonoid, Etil asetat dan Butanol yang bisa berperan sebagai anti bakteri yang sangat baik pada tubuh manusia.

Daun belimbing ini mudah sekali ditemukan di Indonesia, bahkan kamu bisa menanamnya di halaman rumah. Cara membuat ramuannya pun cukup mudah. Tinggal siapkan daun belimbing wuluh sesuai dengan kebutuhan. Kemudian rebus daun belimbing wuluh dengan air sampai mendidih. Terakhir, air daun belimbing wuluh siap untuk dikonsumsi. Namun akan lebih baik jika dikonsultasikan dulu dengan dokter atau tenanga medis terdekat sebelum mengonsumsi.

Berikut penjelasan mengenai manfaat daun belimbing wuluh untuk kesehatan yang sudah Liputan6.com, Kamis (2/4/2020) rangkum dari berbagai sumber.

2 dari 4 halaman

Manfaat Daun Belimbing Wuluh untuk Kesehatan

1. Mengobati Batuk dan pilek

Manfaat daun belimbing untuk kesehatan ternyata dipercaya mampu mengobati batuk dan pilek. Hal ini disebabkan oleh kandungan etanol dalam daun belimbing. Bahkan hal ini sudah dipercaya oleh orang Brazil sejak 1876.

Batuk pilek merupakan infeksi virus yang tergolong ringan. Saat mengalami batuk pilek, seseorang dianjurkan untuk beristirahat dengan cukup, mengonsumsi makanan yang kaya akan serat dan rendah lemak, serta minum banyak air putih. Selain itu juga bisa mencoba menggunakan daun belimbing wuluh untuk mengobatinya. Namun tetap coba untuk mengonsultasikannya dulu dengan dokter.

2. Mengontrol Kolesterol

Manfaat daun belimbing wuluh ternyata dipercaya mampu mengontrol kolesterol. Hal ini disebabkan karena kandungan saponin yang ada di dalam daun belimbing wuluh. Bahkan saponin bisa membantu menurunkan risiko meningkatnya kolesterol dalam darah dan bahkan bisa mencegah kembalinya penyerapan tersebut.

Perlu kamu ketahui juga, bahwa kadar kolesterol yang baik itu apabila HDL lebih dari 60mg/dL, kemudian trigliserida kurang dari 150 mg/dL, dan untuk LDL kurang dari 100 mg/dL. Perhari tubuh manusia membutuhkan kolesterol 200 mg, tidak lebih. Nah, jika kadar kolesterol sangat tinggi dampaknya pada tubuh juga tidak baik, seperti menyebabkan stroke, obesitas, dan penyakit jantung coroner.

3 dari 4 halaman

Manfaat Daun Belimbing Wuluh untuk Kesehatan

3. Mencegah Kanker

Manfaat daun belimbing untuk kesehatan ternyata dipercaya mampu mencegah adanya risiko kanker. Hal disebabkan karena adanya saponin yang di dalamnya terdapat senyawa turunan beruba flavonoid.

Pada sebuah analisis, hasil tersebut menjelaskan bahwa saponin memiliki aktivitas anti-tumor dan anti-mutagenik. Aktivitas inilah yang kemudian mampu memperkecil risiko penyebab kanker terutama pada manusia dan dapat mencegah pertumbuhan sel kanker.

4. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Manfaat daun belimbing untuk kesehatan ternyata dipercaya mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Hal ini disebabkan pada berbagai macam tumbuhan dalam hal ini daun belimbing wuluh, mereka menghasilkan saponin untuk menindak adanya infeksi. Tugas ini memang sengaja ditujukan agar saat tubuh manusia mengalami infeksi karena berbagai jenis parasite dapat lebih mudah teratasi.

5. Menguatkan Tulang

Manfaat daun belimbing wuluh untuk kesehatan ternyata dipercaya mampu menguatkan tulang. Hal ini disebabkan oleh saponin.

Saponin ini merupakan steroid yang diperoleh dari Anemarrhena asphodeloides dan herbal cina. Mereka memiliki peran untuk melindungi apabila terjadi pengeroposan pada tulang manusia.

4 dari 4 halaman

Manfaat Daun Belimbing Wuluh untuk Kesehatan

6. Merupakan Anti-Oksidan

Manfaat daun belimbing untuk kesehatan ternyata dipercaya mampu berperan sebagai anti-oksidan. Hal ini disebabkan pada setiap bagian non-gula atas saponin mempunyai aktivitas yang bekerja sebagai anti-oksidan secara langsung.

Anti-oksidan ini bersifat mampu menangkal radikal bebas. Karena jika dibiarkan, radikal bebas dapat menyebabkan kerusakan pada sel-sel tubuh yang sehat

7. Mengobati Jerawat

Manfaat daun belimbing wuluh untuk kesehatan ternyata dipercaya mampu mengobati jerawat. Hal ini disebabkan karena ada kandungan vitamin C dalam daun belimbing ini. Vitamin C ini memiliki sifat anti-oksidan tinggi sehingga mampu meregenerasi sel kulit dengan baik.

Berdasarkan suatu riset kesehatan, diketahui bahwa efek anti-oksidan dan anti-radang pada vitamin C ternyata juga baik untuk memperbaiki jaringan kulit yang rusak. Efek ini juga diduga turut berperan dalam mencegah terjadinya kanker kulit.