Sukses

10 Oleh-Oleh Makanan Khas Pekanbaru yang Banyak Dicari Wisatawan

Liputan6.com, Jakarta Oleh-oleh makanan khas Pekanbaru bisa menjadi pilihan buat kamu yang sedang berkunjung ke kota bagian timur Pulau Sumatera ini. Kota Pekanbaru berada di provinsi Riau, Indonesia. Lokasinya cukup strategis karena memang terkenal sebagai pusat ekonomi dengan pertumbuhan migrasi dan urbanisasi tertinggi di Indonesia.

Kota Pekanbaru ini mayoritas penduduknya memiliki etnis Minangkabau yang bekerja sebagai pedagang dan profesional. Meskipun juga banyak penduduk dari Jawa, Batak, Melayu dan Tionghoa tetapi kebudayaan yang ada di Kota Pekanbaru menarik bagi wisatawan nusantara maupun mancanegara. Sehingga oleh-oleh makanan khas Pekanbaru tentu sudah pasti wajib diserbu.

Adat dan budaya Minangkabau inilah yang membuat banyak wisatawan banyak yang berdatangan. Termasuk, ada pula wisata napak tilas sejarah Melayu, Taj Mahal khas Pekanbaru, Anjungan Seni Idrus Titin sebagai rumah adat Melayu, sampai dengan Candi Muara Takus sebagai satu-satunya jejak sejarah Budha. Banyak tempat wisata bersejarah yang wajib dikunjungi wisatawan. Termasuk banyak pula oleh-oleh makanan khas Pekanbaru yang harus dijajal.

Ada banyak sekali oleh-oleh makanan khas Pekanbaru yang harus dicoba dan wajib dibawa. Mulai dari olahan kue, dodol, keripik, lopek, sampai olahan yang terbuat dari ikan. Makanan khas ini juga mudah sekali ditemukan, bahkan harganya juga sangat bersahabat dengan kantong-kantong wisatawan.

Nah, berikut penjelasan mengenai oleh-oleh makanan khas Pekanbaru yang sudah Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Jumat (3/4/2020).

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

2 dari 4 halaman

Oleh-Oleh Makanan Khas Pekanbaru

1. Bolu Kemojo

Makanan khas Pekanbaru yang diolah menjadi kue adalah bolu kemojo. Warna dari bolu kemojo ini mayoritas berwarna hijau. Dan rasa yang paling banyak disukai oleh wisatawan adalah rasa durian.

Walaupun ada banyak sekali aneka rasa bolu kemojo, seperti pandan, jagung, dan cokelat. Ukuran bolu kemojo juga beragam, ada yang kecil sampai yang besar.

2. Viz Cake

Makanan khas Pekanbaru yang diolah menjadi kue adalah viz cake. Bentuknya seperti kue bolu biasa, tetapi rasanya luar biasa enak. Ada berbagai macam rasa yang bisa menjadi pilihan bagi wisatawan.

Ada rasa durian keju, durian original, pisang pandan keju, sampai pisang blueberry. Viz cake ini sangat cocok untuk dijadikan oleh-oleh untuk keluarga besar atau teman-teman kerja dengan porsi besar.

3. Roti Jala

Makanan khas Pekanbaru yang wajib dicoba adalah olahan kue yang bisa dinikmati dengan kuah yang terbuat dari kari dan durian. Khas sekali rasa dan bentuk dari roti jala ini. Bahkan banyak juga penduduk lokal yang memperjualbelikannya.

3 dari 4 halaman

Oleh-Oleh Makanan Khas Pekanbaru

4. Dodol Kedondong

Makanan khas Pekanbaru ternyata juga ada yang terbuat dari olahan dodol loh. Tetapi olahan dodolnya terbuat dari kedondong, buah yang memiliki rasa asem dan segar. Jadi bisa dibayangkan kan bagaimana rasa dari dodol kedondong ini. Perpaduan dari rasa manis, asin, dan asem yang segar. Cocok dibawa pulang untuk dijadikan sebagai buah tangan.

5. Kue Bangkit

Makanan khas Pekanbaru yang satu ini termasuk jenis kue kering. Warnanya dominan putih dan ada berbagai macam bentuk, tergantung dengan penjual yang membuatnya. Kue bangkit ini juga sangat cocok dijadikan sebagai oleh-oleh atau buah tangan yang bisa dibagian ke tetangga rumah loh.

6. Keripik Nanas

Makanan khas Pekanbaru ternyata ada varian keripiknya. Keripik nanas Namanya. Keripik ini memiliki bentuk yang sama persis dengan potongan nanas. Keripik ini juga sering disebut sebagai kerupuk nanas Amsterdam. Rasanya tidak perlu diragukan lagi, sudah pasti menggoyang lidah wisatawan. Bahkan juga cocok dibawa pulang.

4 dari 4 halaman

Oleh-Oleh Makanan Khas Pekanbaru

7. Lopek Bugi

Makanan khas Pekanbaru yang wajib dibawa pulang adalah lopek bungi. Lopek bungi ini memiliki bentuk yang unik sekali. Rasanya manis dan selalu dibungkus dengan daun pisang.

Lopek bungi ini juga sering disebut sebagai lepat bungi oleh penduduk lokal. Ada dua jenis yang dijual di sini, yaitu pulut putih dan pulut hitam.

8. Salai Ikan Patin

Makanan khas Pekanbaru yang berasal dari olahan ikan adalah salai ikan patin, dan sangat wajib untuk dibawa pulang untuk oleh-oleh keluarga di rumah. Salai ikan patin atau ikan asap ini adalah salah satu ikon kota Pekanbaru loh. Harga dan rasanya sangat cocok untuk wisatawan. Khas, enak, dan tidak terlalu mahal.

9. Amplang Tenggiri

Makanan khas Pekanbaru yang berasal dari olahan ikan adalah amplang tenggiri. Ada banyak sekali varian dari olahan amplang ini, tetapi yang paling terkenal adalah amplang udang dan tenggiri. Rasanya khas sekali, gurih dan nikmat dijadikan camilan.

Makanan khas ini terbuat dari daging ikan tengiri yang dihaluskan kemudian dicampurkan dengan tepung beras dan juga bumbu-bumbu lainnya membuat kerupuk ini memiliki rasa yang khas.

10. Ikan Asap Selais

Makanan khas Pekanbaru yang berasal dari olahan ikan adalah ikan asap selais. Sebenarnya tidak hanya ikan selais saja yang diolah dengan cara diasap. Ada banyak sekali seperti ikan baung, lele, patin, dan ikan gabus. Tapi pada umumnya ikan yang diasap dan dijual sebagai oleh-oleh adalah ikan selais.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.